RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA PGRI Malangbong
Program : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi :
1. Menganalisis Perjuangan Bangsa
Indonesia sejak
Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
Kompetensi Dasar : 1.1. Menganalisis Peristiwa sekitar
Proklamasi 17 Agustus
1945 dan
Pembentukan Pemerintah Indonesia
Indikator : - Mendeskripsikan upaya mempersiapkan
kemerdekaan
Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI
-
Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari
Rengasdengklok hingga
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Alokasi Waktu : 3x45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari
pembentukan BPUPKI hingga PPKI
- Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok
hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
B.
Materi Pembelajaran
·
Upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
·
Peristiwa seputar Proklamasi 17 Agustus 1945
C.
Metode Pembelajaran
Diskusi jigsaw dan pemberian
tugas
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan
secara garis besar mengenai posisi Jepang dalam Perang Dunia II yang berpengaruh
terhadap kebijakan pemerintah kolonial Jepang di Indonesia.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti
·
Guru membagi peserta didik dalam dua kelompok dan materi
dibagi dalam dua bagian, yaitu BPUPKI dan PPKI. Setiap kelompok menganalisis
satu materi yang berbeda dan mempresentasikannya di depan kelas. Setiap
kelompok diberi waktu dua puluh menit untuk presentasi dan tanya jawab serta
memberikan hasil kesimpulan diskusi untuk dipelajari oleh kelompok lain.
·
Guru menjelaskan peristiwa Rengasdengklok, penyusunan
naskah Proklamasi, dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diselingi tanya jawab dengan
peserta didik.
·
Peserta didik membuat sebuah kronologi singkat dari
peristiwa-peristiwa politik di seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
(Aktivitas hal 14).
3.
Kegiatan Penutup
·
Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah
dibahas.
·
Menarik kesimpulan materi.
E.
Sumber Belajar
·
Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·
Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS -
ESIS
·
Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 1 – 30)
·
Peta konsep
·
Power point
·
OHP
·
Buku-buku penunjang yang relevan
·
Internet
F.
Penilaian
- Unjuk kerja dalam bentuk diskusi jigsaw mengenai
BPUPKI dan PPKI.
Lembar Penilaian Diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik
diskusi/debat : ……………………………………………………..
No
|
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|||||||||||||||||
Penilaian kelompok
|
|||||||||||||||||||||
1.
|
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik
|
|
|
|
|||||||||||||||||
2
|
Kerjasama kelompok
|
|
|
|
|||||||||||||||||
3
|
Hasil tugas
|
|
|
|
|||||||||||||||||
Jumlah Nilai Kelompok
|
|
|
|||||||||||||||||||
Penilaian Individu Peserta didik
|
|||||||||||||||||||||
1.
|
Berani mengemukakan pendapat
|
|
|
|
|||||||||||||||||
2.
|
Berani menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|||||||||||||||||
3.
|
Inisiatif
|
|
|
|
|||||||||||||||||
4.
|
Ketelitian
|
|
|
|
|||||||||||||||||
Jumlah Nilai Individu
|
|
|
- Kronologi singkat dari peristiwa-peristiwa politik di seputar
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Aktivitas hal 14).
Format Penilaian Portofolio
Indikator
|
Nilai
Kualitatif
|
Nilai
Kuantitatif
|
Deskripsi
|
|
Pengantar
|
|
|
|
Menunjukkan dengan tepat isi kronologi
|
Isi
|
|
|
|
Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi.
Menguraikan hasil kronologi sesuai dengan tema yang diajukan
|
Penutup
|
|
|
|
Memberikan kesimpulan
|
Orisinalitas karangan
|
|
|
|
Kronologi merupakan hasil sendiri
|
Penyajian dan bahasa
|
|
|
|
Bahasa sesuai EYD dan komunikatif
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Mengetahui, Malangbong, Juli 2013
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
.............................. ATEP ARASID. S.Pd
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar