KERANGKA KISI-KISI ULANGAN
AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2011 /
2012
Mata Pelajaran :
IPS Terpadu Alokasi
Waktu : 90.menit
Kelas :IX Jumlah
Soal : PG 40 soal, Uraian 5 soal.
No
|
STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
|
TINGKAT KESUKARAN
|
ASPEK
|
BENTUK SOAL
|
JUMLAH
|
%
|
KETERANGAN
|
|||
C 1
|
C 2
|
C 3
|
PG
|
URAIAN
|
||||||
|
Mengidentifikasi ciri-ciri
negara berkembang dan negara maju
|
Mudah
|
1, 2
|
|
|
2
|
|
6
|
13,3
|
|
Sedang
|
3, 4.
|
5
|
|
3
|
|
|
||||
Sukar
|
6
|
|
|
1
|
|
|
||||
|
Mendeskripsikan Perang Dunia II
(termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial,
ekonomi, dan politik di Indonesia
|
Mudah
|
7, 9
|
|
|
2
|
|
7
|
15,6
|
|
Sedang
|
8, 10,
|
11, 12
|
|
4
|
|
|
||||
Sukar
|
13
|
|
|
1
|
|
|
||||
|
Mengidentifikasiusaha
perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
|
Mudah
|
15, 16
|
|
|
2
|
|
7
|
15,6
|
|
Sedang
|
14
|
17, 43
|
|
2
|
1
|
|
||||
Sukar
|
|
18
|
19
|
2
|
|
|
||||
|
Mendeskripsikanperistiwa-peristiwa
politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
|
Mudah
|
20, 21
|
|
|
2
|
|
6
|
13,3
|
|
Sedang
|
22
|
23, 24
|
|
3
|
|
|
||||
Sukar
|
|
25
|
|
1
|
|
|
||||
|
Mendeskripsikan perubahan
sosial-budaya pada masyarakat
|
Mudah
|
26, 27
|
|
|
2
|
|
7
|
15,6
|
|
Sedang
|
28
|
29, 30
|
44
|
3
|
1
|
|
||||
Sukar
|
|
31
|
|
1
|
|
|
||||
|
Menguraikan tipe-tipe perilaku
masyarakat dalam menyikapi perubahan
|
Mudah
|
32
|
41
|
|
1
|
1
|
4
|
8,9
|
|
Sedang
|
33, 34
|
|
|
2
|
|
|
||||
Sukar
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
Mendeskripsikan uang dan
lembaga keuangan
|
Mudah
|
35
|
|
|
1
|
|
4
|
8,9
|
|
Sedang
|
36
|
37
|
45
|
2
|
1
|
|
||||
Sukar
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
Mendeskripsikan perdagangan
internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
|
Mudah
|
38
|
|
|
1
|
|
4
|
8,9
|
|
Sedang
|
39
|
40
|
42
|
2
|
1
|
|
||||
Sukar
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
Jumlah
|
26
|
15
|
4
|
40
|
5
|
45
|
100
|
|
|
|
Presentase
|
57,8
|
33,3
|
8,9
|
|
FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Jenis sekolah : SMP Jumlah soal : 45
Mata pelajaran:IPS Bentuk soal/tes : PG dan
Essay
Kurikulum : KTSP
Kelas/Smt. : 9/1 Penyusun : 1. Drs Beni Kustiana
Alokasi waktu : 90 menit 2.
Enang
Cuhendi,S.Pd.
3.
Nanang Ahmad Soleh,M.Pd
No.
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
pokok
|
Indikator
soal
|
Bentuk
Soal
|
Nomor
soal
|
|
1.
Memahami
kondisi perkembangan negara di dunia.
|
1.1
Mengidenti-fikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
|
·
Ciri-ciri negara maju dan negara berkembang.
· Persebaran
negara-negara maju dan negara-negara berkembang
di dunia.
· Negara-negara yang
digolongkan sebagai negara maju dan berkembang.
|
·
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian negara maju dan negara
berkembang
·
Peserta didik dapat menjelaskan faktor penyebab kurangnya tenaga ahli di
negara berkembang
·
Peserta didik dapat membedakan negara maju dan negara berkembang
berdasarkan ciri-cirinya
·
Peserta didik dapat menentukan letak persebaran negara maju
·
Peserta didik dapat menunjukkan letak negara maju pada peta berdasarkan
ciri-cirinya
·
Disajikan tabel negara-negara maju dan berkembang, Peserta didik dapat
menyebutkan contoh negara berkembang
·
Siswa dapat menjelaskan implikasi pendapatan perkapita yang tinggi yang
dimiliki suatu negara
|
PG
PG
Essay
PG
PG
PG
PG
|
1
2
41
3
4
5
6
|
|
1.2 Mendeskrepsikan Perang Dunia II
(termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial,
ekonomi, dan politik di Indonesia
|
·
Latar belakang terjadinya Perang Dunia II
·
Pihak-pihak yang berperang dalam Perang Dunia II
·
Pengaruh
Perang Dunia II terhadap kehidupan masyarakat dunia
·
Perang Dunia II di Asia dan Pasifik serta
pendudukan militer Jepang di Indonesia
·
Pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan
Jepang
·
Bentuk –bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan
kebangsaan Indonesia;melalui MIAI ,gerakan bawah tanah, perjuangan bersenjata
|
·
Peserta didik dapat menyebutkan sebab khusus terjadinya Perang Dunia II
di Eropa
·
Disajikan daftar negara-negara yang terlibat dalam Perang Dunia II, Peserta
didik dapat mengidentifikasi tiga negara anggota blok poros/as dalam Perang
Dunia II
·
Peserta didik dapat menjelaskan
pengaruh Perang Dunia II di bidang politik
·
Peserta didik dapat menjelaskan strategi
awal yang ditempuh Jepang untuk menguasai daerah- daerah AsiaPasifik pada
Perang Dunia II
·
Peserta didik dapat menjelaskan dampak negatif pada aspek mentalitas
masyarakat desa akibat diberlakukannya kebijakan romusha oleh Jepang di Indonesia
·
Peserta didik dapat menjelaskan latar belakang pemerintah pendudukan Jepang
mengijinkan MIAI tetap berdiri
·
Disajikan tabel berisi daftar organisasi-organisasi pada masa pendudukan
Jepang, Peserta didik dapat menyebutkan tiga contoh organisasi bawah tanah di
Indonesia pada masa pendudukan Jepang
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
7
8
9
10
11
12
13
|
|
|
2. Memahami usaha mempertahankan
kemerdekaan
|
2.1Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan
Indonesia
|
·
Faktor –faktor yang menyebabkan terjadinya
konflik antara Indonesia dengan Belanda
·
Peran dunia internasional dalam konflik
Indonesia- Belanda membantu penyelesaian konflik
·
Pengaruh konflik Indonesia –Belanda terhadap
keberadaan negara kesatuan Republik Indonesia
·
Aktifitas diplomasi Indonesia di dunia
internasional untuk mempertahankan kemerdekaan
·
Faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari
Indonesia
|
·
Peserta didik dapat menyebutkan faktor penyebab utama terjadinya konflik
antara Indonesia dengan Belanda
·
Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya peristiwa
Bandung Lautan Api
·
Peserta didik dapat mengidentifikasi tiga negara yang tergabung dalam
Komite Tiga Negara bentukan DK PBB
·
Peserta didik dapat menjelaskan arti penting Konferensi Asia di New Delhi
tanggal 20-25 Januari 1949 bagi perjuangan bangsa Indonesia
·
Disajikan peta wilayah Republik IndonesiaPeserta didik dapat menunjukkan wilayah Indonesia berdasarkan
hasil perundingan Linggarjati
·
Disajikan daftar data aktifitas diplomasi secara acak, Peserta didik
dapat mengurutkan secara kronologis aktifitas diplomasi yang dilakukan bangsa
Indonesia selama masa perjuangan mempertahankan 1945-1949
·
Peserta didik dapat menuliskan kembali masing-masing satu faktor eksternal
dan internal yang mendorong Belanda keluar dari Indonesia
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
Essay
|
14
15
16
17
18
19
43
|
|
2. Memahami usaha mempertahankan
kemerdekaan
|
2.2Mendeskripsikan
perisiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
|
·
Proses kembalinya Republik Indonesia sebagai
negara kesatuan
·
Kehidupan
ekonomi masyarakat Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
·
Berbagai peristiwa yang berhubungan dengan
Pemilihan Umum 1955 di tingkat pusat dan daerah
·
Dekrit Presiden 5 Juli 1955 dan pengaruh yang
ditimbulkannya
·
Dampak persoalan hubungan pusat daerah
persaingan ideologis ,dan pergolakan sosial politik lainnya terhadap
kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960 an
|
·
Peserta didik dapat menyebutkan tiga faktor yang mempengaruhi proses
kembalinya RIS menjadi NKRI
·
Peserta didik dapat menjelaskan tujuan dari kebijakan Indonesianisasi
·
Peserta didik dapat menyebutkan lembaga yang dipilih dalam Pemilu tahap II
tanggal 15 Desember 1955
·
Peserta didik dapat menyebutkan isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959
·
Peserta
didik dapat menjelaskan faktor yang menyebabkan kurang harmonisnya hubungan
antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah pasca pengakuan kedaulatan
·
Peserta
didik dapat menjelaskan alasan yang mendorong bangsa Indonesia keluar dari
PBB
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
20
23
21
22
24
25
|
|
3. Memahami perubahan sosial budaya
|
3.1 Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada
masyarakat.
|
· Bentuk-bentuk perubahansosial budaya.
· Faktor-faktor pendorong perubahan sosial masyarakat.
·
Faktor-faktor penghambat perubahan sosial budaya
|
·
Peserta didik dapat menjelaskan alasan perubahan mode pakaian
dikatagorikan sebagai perubahan kecil
·
Peserta didik dapat menunjukkan contoh perubahan yang berlangsung secara
cepat
·
Peserta didik dapat menunjukkan contoh perubahan sosial akibat faktor
eksternal
·
Peserta didik dapat menunjukkan contoh faktor penghambat perubahan budaya
|
PG
PG
PG
PG
|
26
27
28
29
|
|
3.2
Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi
perubahan
|
· Tipe-tipe
masyarakat dalam menyikapi perubahan
· Contoh perilaku masyarakat sebagai akibat adanya
perubahan sosial budaya
· Modernisasi dan
globalisasi
|
·
Peserta didik dapat menjelaskan sikap seorang pelajar dalam menghadapi
perubahan sosial budaya
·
Peserta didik dapat menyebutkan unsur yang terkandung pada tipe
masyarakat tradisional
·
Peserta didik dapat menunjukkan contoh sikap masyarakat yang menghambat
perubahan sosial budaya
·
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian modernisasi
·
Peserta didik dapat menunjukkan contoh dampak positip dari modernisasi
dan globalisasi
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
30
34
31
32
33
|
|
|
4. Memahami Lembaga Keuangan dan
Perdagangan.
|
4.1.Mendeskripsikan
uang dan lembaga keuangan
|
·
Fungsi uang (fungsi asli dan fungsi turunan)
·
Mata
uang asing
·
Jenis-jenis bank dan tugas pokok Bank
·
Fungsi, peranan dan manfaat lembaga keuangan
bukan bank
|
Peserta didik dapat
menunjukkan fungsi uang sebagai alat pemindah kekayaan
Peserta didik dapatmenemukan
pada tabel:
a.
Mata
uang yang paling tinggi dan paling rendah selisih harga jual dan harga
belinya
b.
Mata
uangyang paling besar kursnya
c.
Mata
uang yang paling banyak digunakan
Peserta didik dapat
menyebutkan tujuan Bank Indonesia menurut UU
RI No. 3 Tahun 2004 Pasal 7
Menyebutkan
peranan Koperasi Simpan Pinjam bagi anggotanya
|
PG
Essay
PG
PG
|
35
42
36
37
|
|
4. Memahami Lembaga Keuangan dan
Perdagangan.
|
4.2.Mendeskripsikan
perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
|
·
Pengertian dan faktor-faktor yang menyebabkan
timbulnya perdagangan internasional.
·
·
Komoditas ekspor/impor Indonesia.
·
Mengidentifikasi sumber-sumber dan tujuan
penggunaan devisa
·
Dampak perdagangan internasional terhadap
perkembangan perekonomian Indonesia
|
Peserta didik dapatmenyebutkan
empat faktor yang mendorong sebuah negara mengadakan kegiatan ekonomi
dengan negara lain
Peserta didik dapat
menyebutkan komoditas ekspor Indonesia dari sektor tambang
Peserta didik
dapat menyebutkan tujuan utama penggunaan devisa dari kegiatan ekspor
Peserta didik
dapat menjelaskan politik ekonomi pemerintah dalam
melindungi industri dalam negeri terhadap produk barang impor yang harganya
lebih murah dan mutunya lebih baik
|
Essay
PG
PG
PG
|
45
38
39
40
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar