Minggu, 02 Maret 2014

KISI KISI UAS IPS TERPADU KLS 9

KERANGKA KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
Mata Pelajaran            : IPS Terpadu                                                                                                  Alokasi Waktu : 90.menit
Kelas                           :IX                                                                                                                   Jumlah Soal     : PG 40 soal, Uraian 5 soal.
No
STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
TINGKAT KESUKARAN
ASPEK
BENTUK SOAL
JUMLAH
%
KETERANGAN
C 1
C 2
C 3
PG
URAIAN

Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
Mudah
1, 2


2

6
13,3

Sedang
3, 4.
5

3


Sukar
6


1



Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia
Mudah
7, 9


2

7
15,6

Sedang
8, 10,
11, 12

4


Sukar
13


1



Mengidentifikasiusaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia

Mudah
15, 16


2

7
15,6

Sedang
14
17, 43

2
1

Sukar

18
19
2



Mendeskripsikanperistiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan

Mudah
20, 21


2

6
13,3

Sedang
22
23, 24

3


Sukar

25

1



Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat

Mudah
26, 27


2

7
15,6

Sedang
28
29, 30
44
3
1

Sukar

31

1



Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan

Mudah
32
41

1
1
4
8,9

Sedang
33, 34


2


Sukar







Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan  

Mudah
35


1

4
8,9

Sedang
36
37
45
2
1

Sukar







Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia

Mudah
38


1

4
8,9

Sedang
39
40
42
2
1

Sukar







Jumlah
26
15
4
40
5
45
100


Presentase
57,8
33,3
8,9

FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2011-2012

Jenis sekolah   :  SMP                                                                                                       Jumlah soal                  : 45
Mata pelajaran:IPS                                                                                                           Bentuk soal/tes            : PG dan Essay
Kurikulum      :  KTSP
Kelas/Smt.      : 9/1                                                                                                           Penyusun         :           1.  Drs Beni Kustiana
Alokasi waktu   :                                                           90 menit                                                                                                 2.  Enang Cuhendi,S.Pd.
                                                                                                                                                                              3.  Nanang Ahmad Soleh,M.Pd
                             
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
pokok
Indikator soal
Bentuk Soal
Nomor
soal






1.      Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.


1.1  Mengidenti-fikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju

·    Ciri-ciri negara maju dan negara berkembang.









·    Persebaran negara-negara maju dan negara-negara  berkembang di dunia.



·    Negara-negara yang digolongkan sebagai negara maju dan berkembang.

·         Peserta didik dapat menjelaskan pengertian negara maju dan negara berkembang
·         Peserta didik dapat menjelaskan faktor penyebab kurangnya tenaga ahli di negara berkembang
·         Peserta didik dapat membedakan negara maju dan negara berkembang berdasarkan ciri-cirinya
·         Peserta didik dapat menentukan letak persebaran negara maju
·         Peserta didik dapat menunjukkan letak negara maju pada peta berdasarkan ciri-cirinya
·         Disajikan tabel negara-negara maju dan berkembang, Peserta didik dapat menyebutkan contoh negara berkembang
·         Siswa dapat menjelaskan implikasi pendapatan perkapita yang tinggi yang dimiliki suatu negara

PG



PG



Essay



PG


PG



PG




PG
1



2



41



3


4



5




6

1.2 Mendeskrepsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia
·    Latar belakang terjadinya Perang Dunia II

·    Pihak-pihak yang berperang  dalam Perang Dunia II




·    Pengaruh Perang Dunia II terhadap kehidupan masyarakat dunia

·    Perang Dunia II di Asia dan Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia


·    Pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang





·    Bentuk –bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia;melalui MIAI ,gerakan bawah tanah, perjuangan bersenjata

·      Peserta didik dapat menyebutkan sebab khusus terjadinya Perang Dunia II di Eropa
·      Disajikan daftar negara-negara yang terlibat dalam Perang Dunia II, Peserta didik dapat mengidentifikasi tiga negara anggota blok poros/as dalam Perang Dunia II

·      Peserta didik dapat  menjelaskan pengaruh Perang Dunia II di bidang politik

·      Peserta didik dapat menjelaskan strategi awal yang ditempuh Jepang untuk menguasai daerah- daerah AsiaPasifik pada Perang Dunia II

·      Peserta didik dapat menjelaskan dampak negatif pada aspek mentalitas masyarakat desa akibat diberlakukannya kebijakan romusha oleh Jepang di Indonesia

·      Peserta didik dapat menjelaskan latar belakang pemerintah pendudukan Jepang mengijinkan MIAI tetap berdiri

·      Disajikan tabel berisi daftar organisasi-organisasi pada masa pendudukan Jepang, Peserta didik dapat menyebutkan tiga contoh organisasi bawah tanah di Indonesia pada masa pendudukan Jepang
PG



PG






PG



PG






PG







PG




PG
7



8






9



10






11







12





13

2.      Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan
2.1Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia

·    Faktor –faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda




·    Peran dunia internasional dalam konflik Indonesia- Belanda membantu penyelesaian konflik





·    Pengaruh konflik Indonesia –Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan Republik Indonesia

·    Aktifitas diplomasi Indonesia di dunia internasional untuk mempertahankan kemerdekaan




·    Faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia






·    Peserta didik dapat menyebutkan faktor penyebab utama terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda
·    Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api
·    Peserta didik dapat mengidentifikasi tiga negara yang tergabung dalam Komite Tiga Negara bentukan DK PBB
·    Peserta didik dapat menjelaskan arti penting Konferensi Asia di New Delhi tanggal 20-25 Januari 1949 bagi perjuangan bangsa Indonesia
·    Disajikan peta wilayah Republik IndonesiaPeserta didik dapat   menunjukkan wilayah Indonesia berdasarkan hasil perundingan Linggarjati

·    Disajikan daftar data aktifitas diplomasi secara acak, Peserta didik dapat mengurutkan secara kronologis aktifitas diplomasi yang dilakukan bangsa Indonesia selama masa perjuangan mempertahankan 1945-1949

·    Peserta didik dapat menuliskan kembali masing-masing satu faktor eksternal dan internal yang mendorong Belanda keluar dari Indonesia

PG



PG



PG



PG





PG





PG








Essay
14



15



16



17





18





19








43

2.  Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan
2.2Mendeskripsikan perisiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan

·    Proses kembalinya Republik Indonesia sebagai negara kesatuan
·    Kehidupan ekonomi masyarakat Indonesia pasca pengakuan kedaulatan

·    Berbagai peristiwa yang berhubungan dengan Pemilihan Umum 1955 di tingkat pusat dan daerah

·    Dekrit Presiden 5 Juli 1955 dan pengaruh yang ditimbulkannya

·    Dampak persoalan hubungan pusat daerah persaingan ideologis ,dan pergolakan sosial politik lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960 an

·      Peserta didik dapat menyebutkan tiga faktor yang mempengaruhi proses kembalinya RIS menjadi NKRI
·      Peserta didik dapat menjelaskan tujuan dari kebijakan Indonesianisasi


·      Peserta didik dapat menyebutkan lembaga yang dipilih dalam Pemilu tahap II tanggal 15 Desember 1955


·      Peserta didik dapat menyebutkan isi  Dekrit Presiden 5 Juli 1959

·      Peserta didik dapat menjelaskan faktor yang menyebabkan kurang harmonisnya hubungan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah pasca pengakuan kedaulatan
·      Peserta didik dapat menjelaskan alasan yang mendorong bangsa Indonesia keluar dari PBB



PG



PG




PG





PG



PG






PG

20



23




21





22



24






25

3.  Memahami perubahan sosial budaya
3.1 Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat.
·    Bentuk-bentuk perubahansosial budaya.





·    Faktor-faktor pendorong perubahan sosial masyarakat.

·    Faktor-faktor  penghambat perubahan sosial budaya


·         Peserta didik dapat menjelaskan alasan perubahan mode pakaian dikatagorikan sebagai perubahan kecil
·         Peserta didik dapat menunjukkan contoh perubahan yang berlangsung secara cepat
·         Peserta didik dapat menunjukkan contoh perubahan sosial akibat faktor eksternal
·         Peserta didik dapat menunjukkan contoh faktor penghambat perubahan budaya

PG



PG



PG



PG
26



27



28



29

3.2  Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan
·    Tipe-tipe  masyarakat dalam menyikapi perubahan

·    Contoh perilaku masyarakat sebagai akibat adanya perubahan sosial budaya
·    Modernisasi dan globalisasi

·         Peserta didik dapat menjelaskan sikap seorang pelajar dalam menghadapi perubahan sosial budaya
·         Peserta didik dapat menyebutkan unsur yang terkandung pada tipe masyarakat tradisional
·         Peserta didik dapat menyebutkan tiga tipe masyarakat tradisional
·         Peserta didik dapat menunjukkan contoh sikap masyarakat yang menghambat perubahan sosial budaya
·         Peserta didik dapat menjelaskan pengertian modernisasi
·         Peserta didik dapat menunjukkan contoh dampak positip dari modernisasi dan globalisasi
PG



PG




PG



PG


PG
30



34




31



32


33

4. Memahami Lembaga Keuangan dan Perdagangan.

4.1.Mendeskripsikan uang dan lembaga  keuangan

·      Fungsi uang (fungsi asli dan fungsi turunan)

·      Mata uang asing








·      Jenis-jenis bank dan tugas pokok Bank

·      Fungsi, peranan dan manfaat lembaga keuangan bukan bank

Peserta didik dapat menunjukkan fungsi uang sebagai alat pemindah kekayaan

Peserta didik dapatmenemukan pada tabel:
a.    Mata uang yang paling tinggi dan paling rendah selisih harga jual dan harga belinya
b.    Mata uangyang paling besar kursnya
c.    Mata uang yang paling banyak digunakan
Peserta didik dapat menyebutkan tujuan Bank Indonesia menurut UU RI No. 3 Tahun 2004 Pasal 7
Menyebutkan peranan Koperasi Simpan Pinjam bagi anggotanya




PG



Essay









PG


PG
35



42









36


37




4. Memahami Lembaga Keuangan dan Perdagangan.

4.2.Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
·      Pengertian dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional.
·       
·      Komoditas ekspor/impor Indonesia.

·      Mengidentifikasi sumber-sumber dan tujuan penggunaan devisa

·      Dampak perdagangan internasional terhadap perkembangan perekonomian Indonesia

Peserta didik dapatmenyebutkan empat faktor yang mendorong sebuah negara mengadakan kegiatan ekonomi dengan negara lain


Peserta didik dapat menyebutkan komoditas ekspor Indonesia dari sektor tambang

Peserta didik dapat menyebutkan tujuan utama penggunaan devisa dari kegiatan ekspor


Peserta didik dapat menjelaskan politik ekonomi pemerintah dalam melindungi industri dalam negeri terhadap produk barang impor yang harganya lebih murah dan mutunya lebih baik


Essay






PG



PG




PG


45






38



39




40







Tidak ada komentar:

Dokumen Kurikulum MTs ma`arif 4 Malangbong tahun 2024 - 2025

  BAB I PENDAHULUAN   1.1.   LATAR BELAKANG (DASAR PEMIKIRAN PENYUSUNAN KTSP) Perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, ...