RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MTs Ma’arif 4 Malangbong
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas / Semester : VII (Satu) / 1
Topik : Keadaan
Alam dan Pola Aktivitas Penduduk Indonesia
Sub Topik : Koneksitas Antar Ruang dan Waktu
Pertemuan : Ke 1
Alokasi Waktu : 3 X 40
menit ( 1 kali pertemuan )
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya..
KI
3: Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghargai
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
1.2 Menghargai
ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan
sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat.
1.3 Menghargai
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.1 Meniru
perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya
dirisebagaimana ditunjukkan oleh tokohtokoh pada masa Hindu-Buddha dan Islam
dalam kehidupannya sekarang.
2.2 Menunjukkan
perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik.
2.3 Menunjukkan
perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya.
3.1 Memahami
aspek keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu dalam lingkup regional
serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan dan politik).
3.2 Memahami
perubahan masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, masa Hindu-Buddha dan masa
Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
3.3 Memahami
jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
3.4 Memahami
pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,
dan ekonomi.
C. INDIKATOR
þ Konektivitas Antarruang dan Waktu
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Tujuan
pembelajaran pada Bab I ini ialah peserta didik mampu :
þ memahami konektivitas antarruang dan
waktu
þ memahami letak wilayah dan pengaruhnya
bagi keadaan alam Indonesia
þ memahami keadaan alam Indonesia
þ memahami pola aktivitas ekonomi penduduk
Indonesia berdasarkan potensi alam
þ menunjukkan perilaku jujur, bertanggung
jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan percaya diri.
þ mencoba dan menyajikannya dalam bentuk
laporan
E. MATERI PEMBELAJARAN
Kegiatan
pembelajaran pada Bab I terdiri atas empat subpokok bahasan berikut.
þ Konektivitas Antarruang dan Waktu
F. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi
dan diskusi
Model : Problem
Based Learning
G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
þ Media : Alam sekiter kita
þ Alat dan bahan : Alat indra dan lingkungan
þ Sumber Belajar : Buku Siswa IPS, Kelas VII, Puskurbuk 2013
Buku Guru
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Tahapan pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
siswa pada masalah
|
þ
Siswa menyimak masalah yang disampaikan guru tentang
pengamatan dalam pembelajaran IPS.
þ
Siswa diminta memberikan tanggapan dan pendapat terhadap
masalah tersebut.
þ
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan cara
pambelajaran yang akan dilaksanakan.
þ
Perkenalan dengan menayangkan gambar atau memberikan contoh
tentang suatu tempat dan peristiwa yang terjadi di tempat tersebut.
þ
Guru melaksanakan pembelajaran subbab tentang letak wilayah
dan pengaruhnya bagi Indonesia.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengorganisasi siswa dalam
belajar
|
þ
Model dan strategi pembelajaran pada subpokok bahasan ini
ialah diskusi kelompok secara bervariasi. Jika tidak memungkinkan, guru dapat
menggunakan model lain, misalnya tanya-jawab atau menggunakan strategi kartu
berpasangan.
þ
Siswa membentuk kelompok belajar sesuai arahan guru.
þ
Siswa menerima LKS untuk pengamatan
|
20 Menit
|
|
Membimbing pengamatan siswa
secara mandiri maupun kelompok
|
þ
Guru dapat memfasilitasi terjadinya proses pembelajaran
dengan cara membimbing peserta didik untuk dapat melakukan kegiatan
belajar-mengajar, mendorong peserta didik untuk melaksanakan unjuk kerja
dengan media yang tersedia dan memungkinkan di sekolah masing-masing,
melakukan perenungan atau refleksi atas pembelajaran yang telah dilaksanakan
dan menilai aktivitas peserta didik.
þ
Siswa melakukan pengamatan sesuai petunjuk LKS dan
berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang telah
diidentifikasi.
þ
Guru memfasilitasi dan membimbing kelompok, belajar
berdiskusi untuk menjawab permasalahan aktual yang ada di lingkungan.
|
20 Menit
|
|
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
þ
Siswa menjawab pertanyaan pada LKSdan menyajikan dalam
laporan tertulis.
þ
Siswa menyajikan laporan pembahasan hasil temuan, penarikan
kesimpulan didepan kelas
|
20 Menit
|
Penutup
|
Menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah
|
þ
Siswa dibimbing guru melakukan analisis terhadap pemecahan-
pemecahan masalah yang telah ditemukan siswa.
þ
Kelompok siswa yang berhasil memecahkan permasalahan diberi
penghargaan.
þ
Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang
telah dipelajari siswa.
|
20 Menit
|
I. PENILAIAN
No.
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Rata-Rata
|
|||
Kelayakan Isi
|
Kelayakan Penyajian
|
Bahasa
|
Kreatifitas
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Lembar
Penilaian Presentasi Diskusi
No.
|
Aspek Penilaian
|
Nilai Diperoleh
|
Bobot
|
Nilai X Bobot
|
Catatan
|
1.
|
Kebermaknaan
Informasi
|
|
|
|
|
2.
|
Pemahaman
Terhadap Materi
|
|
|
|
|
3.
|
Kemampuan
berargumentasi ( alasan, usulan, mempertahankan pendapat )
|
|
|
|
|
4.
|
Kemampuan
memberikan respon ( memberikan respon yang sesuai dengan permasalahan
pendapat )
|
|
|
|
|
5.
|
Kerjasama
kelompok ( berpartisipasi memiliki tanggung jawab bersama )
|
|
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
100%
|
|
3.
Lembar Penilaian Dokumen Laporan Praktik
No.
|
Aspek Penilaian
|
Nilai Diperoleh
|
Bobot
|
Nilai X Bobot
|
Catatan
|
A.
|
Menjelaskan
Masalah
|
|
|
|
|
1.
|
Kelengkapan
|
|
|
|
|
2.
|
Kejelasan
|
|
|
|
|
3.
|
Pendukung
|
|
|
|
|
4.
|
Grafis/
Ilustrasi/ Tabel / Dokumentasi
|
|
|
|
|
|
|||||
B.
|
Usulan
Kebijakan Alternatif
|
|
|
|
|
1.
|
Kelengkapan
|
|
|
|
|
2.
|
Kejelasan
|
|
|
|
|
3.
|
Pendukung
|
|
|
|
|
4.
|
Grafis/
Ilustrasi/ Tabel / Dokumentasi
|
|
|
|
|
|
|||||
C.
|
Sistematis
|
|
|
|
|
1.
|
Berkaitan
satu dengan yg lain
|
|
|
|
|
2.
|
Urutan
secara runtut
|
|
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
100%
|
|
4.
Lembar Pengamatan Nilai Karakter
No.
|
Nilai Karakter
|
Skala
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Jujur
|
|
|
|
|
2.
|
Disiplin
|
|
|
|
|
3.
|
Bertanggungjawab
|
|
|
|
|
4.
|
Peduli
|
|
|
|
|
5.
|
Santun
|
|
|
|
|
6.
|
Percaya
Diri
|
|
|
|
|
7.
|
Menghargai
|
|
|
|
|
8.
|
Rasa ingin
tahu
|
|
|
|
|
9.
|
Kritis
|
|
|
|
|
10.
|
Berfikir
Logis
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala MTs Ma`arif 4 Malangbong
H. AZIS MUKTI. S.Pd.I
NIP ..................................
|
Malangbong, ...........................
2014
Guru Mapel IPS
ATEP ARASID.
S.Pd
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar