Kamis, 30 Agustus 2018

RPP IPS KELAS 8 Revisi 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )


Sekolah :  SMP Negeri 3 Malangbong
     Mata Pelajaran :  IPS
     Kelas/Semester :  VIII / 1
     Materi Pokok               :  Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan Negara – Negara     ASEAN
     Sub Materi :  Mengenal Negara – Negara ASEAN
     Sub Submateri :  Letak Geografis Negara – negara ASEAN dan Letak Koordinat ASEAN
Alokasi Waktu :  4 X 40’ (2 Pertemuan )


A. Kompetensi Inti

KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menunjukkan  perilaku  jujur,  disiplin,  tanggung  jawab,  peduli  (toleran,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan  lingkungan  sosial  dan  alam  dalam  jangkauan  pergaulan  dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait       fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 : Mencoba,  mengolah,  dan  menyaji  dalam  ranah  konkret  (menggunakan,
   mengurai,  merangkai,  memodifikasi,  dan  membuat)  dan  ranah  abstrak   (menulis,  membaca,  menghitung,  menggambar,  dan  mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1. Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara – negara ASEAN yang diakibatkan oleh factor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik ) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya dan politik.

3.1.1.  Mengidentifikasi letak geografis negara – negara ASEAN
3.1.2. Mengidentifikasi batas negara - negara ASEAN
3.1.3. Mendiskripsikan keuntungan posisi silang negara – negara ASEAN


4.1. Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara – negara ASEAN yang diakibatkan oleh factor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan,politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya dan politik.
4.1.1.  Membuat sketsa peta negara  anggota ASEAN


C. Tujuan Pembelajaran

 Pertemuan  Ke 1  ( 2JP/ 1 kali pertemuan )
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dengan benar dapat :
( Kompetensi Pengetahuan )
D.
3.1.1.  Mengidentifikasi letak geografis negara – negara ASEAN
3.1.2. Mengidentifikasi batas negara - negara ASEAN
( Kompetensi Keterampilan )
4.1.1. Membuat sketsa peta negara anggota ASEAN

Pertemuan  Ke 2 dan 3  ( 4JP/ 2 kali pertemuan )
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dengan benar dapat :
( Kompetensi Pengetahuan )
E.
3.1.3. Mendiskripsikan keuntungan posisi silang negara – negara ASEAN
Penguatan Karekter :
- Disiplin, Bertanggung Jawab
D. Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran
1. Letak Geografis Negara – negara anggota ASEAN
2. Batas – batas Negara – negara anggota ASEAN
3. Keuntungan posisi silang Negara – negara anggota ASEAN

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model pembelajaran : Inquiry/Discovery Learning

F. Media dan Bahan
   Media
1. Video Pembelajaran IPS ( ASEAN )
2. Gambar Peta Letak Astronomis dan Letak Geografis negara – negara ASEAN

   Bahan
Kertas HVS
Spidol

G. Sumber Belajar
Sumber Belajar : Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, LMS, lingkungan kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet

H. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (Pertama) (2 Jam Pelajaran/80 menit)

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan 1. Peserta didik bersama guru menyampaikan salam.
2. Peserta didik mengikuti doa secara khidmat kemudian mengaji  Juz amma klasikal.
3. Peserta didik mengikuti kegiatan pembiasaan yang disesuaikan dengan guru masing – masing ( hapalan doa harian ).
4. Guru Menasehati siswa tentang kebersihan kelas dan madrasah.
5. Guru memastikan peserta didik siap untuk belajar.
6. Guru memberikan apersepsi mengenai pengertian letak geografis
7. Guru memberikan apersepsi dengan memutarkan video dengan LCD tentang  pengertian letak geografis.
8. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Kompetensi yang dicapai dalam pertemuan pertama ini adalah peserta didik mampu mengenali negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Manfaat yang diperoleh setelah mempelajari materi mengenal negara-negara ASEAN adalah peserta didik akan memahami letak georafis negara – negara ASEAN dan batas – batas negara – negara ASEAN.

9. Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. Teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah tes dan observasi (penilaian guru terhadap peserta didik dalam pembelajaran).
10 menit
Inti Langkah 1.  Mengamati



1. Peserta didik mengamati Gambar 1 “Peta Negara-negara ASEAN” pada peta yang sudah disediakan guru







Gambar 1

2. Peserta didik mengamati Gambar 1 “Peta Negara-negara ASEAN” dengan membuka  LMS Bab 1 ASEAN






Gambar 1
3. Setelah mengamati Gambar 1, peserta didik diminta menunjukkan letak masing-masing negara anggota ASEAN.
4. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri atas

3-4 orang.


Langkah 2.  Menanya

5. Peserta didik diminta untuk mengisi kolom pertanyaan pada lembar kerja yang dibagikan mengenai letak geografis negara-negara anggota ASEAN seperti berikut ini :









6. Peserta didik diminta untuk mengisi kolom pertanyaan pada lembar kerja yang ada pada LMS dan dikerjakan di laptop mengenai letak geografis negara-negara anggota ASEAN seperti berikut ini :









Langkah 3.  Mengumpulkan Informasi


7. Peserta didik bersama kelompoknya mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (buku, dan internet) untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan yang di  Lembar Kerja Siswa yang telah dibagikan guru.



8. Peserta didik bersama kelompoknya mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (buku, LMS dan internet) untuk menjawab pertanyaan yang di  Lembar Kerja Siswa yang ada pada LMS.

Langkah 4. Menganalisis


9. Peserta didik diminta untuk mengidentifikasi batas negara-negara ASEAN berdasarkan Gambar 1, kemudian menuliskannya pada lembar kerja siswa seperti yang ada  pada kolom berikut :



 Peserta didik diminta untuk mempresentasikannya di


10. Peserta didik diminta untuk mengidentifikasi batas negara-negara ASEAN berdasarkan Gambar 1, kemudian menuliskannya pada lembar kerja siswa yang ada pada LMS seperti yang ada  pada kolom berikut :






Langkah 5. Mengkomunikasikan


11. Peserta didik diminta untuk mempresentasikannya di depan kelas dengan membawa LK yang telah dibagikan guru kepada siswa

12. Peserta didik diminta untuk mempresentasikannya di depan kelas dengan  LK yang ada di LMS dan memakai proyektor
60 menit
Penutup 1. Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pembelajaran yang telah dilakukan.
2. Peserta didik diberi pesan moral.
3. Guru menyampaikan garis besar pertemuan berikutnya.
4. Guru menyampaikan salam penutup 10 menit
Penugasan:
(  Tugas Tidak Terstruktur )

 Membuat sketsa peta Tiga negara – negara  anggota ASEAN


Pertemuan 2  (2Jam Pelajaran/80 menit)

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan 1. Peserta didik bersama guru menyampaikan salam.
2. Peserta didik mengikuti doa secara khidmat kemudian mengaji  Juz amma klasikal.
3. Peserta didik mengikuti kegiatan pembiasaan yang disesuaikan dengan guru masing – masing ( membaca do’a qunut ).
4. Guru Menasehati siswa tentang sopan santun terhadap guru dan menyuruh siswa untuk membiasakan mencium tangan guru setiap bertemu dengan guru.
5. Guru memastikan peserta didik siap untuk belajar.
6. Guru memberikan apersepsi mengenai  pengertian letak geografis.
7. Guru memberikan apersepsi dengan memutarkan video dengan LCD tentang  pengertian letak geografis.
8. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Kompetensi yang dicapai dalam pertemuan kedua ini adalah peserta didik mampu mengenali negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Manfaat yang diperoleh setelah mempelajari materi mengenal negara-negara ASEAN adalah peserta didik akan memahami keunggulan posisi silang negara – negara ASEAN
9. Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. Teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah tes dan observasi (penilaian guru terhadap peserta didik dalam pembelajaran).
10 menit
Inti Langkah 1 . Mengamati




1. Peserta didik mengamati peta yang ada pada  gambar 2 “Posisi Silang  Negara-negara ASEAN”.

Gambar 2


2. Peserta didik mengamati Gambar 2  “Posisi Silang  Negara-negara ASEAN”.dengan membuka  LMS Bab 1 ASEAN

Gambar 2
Langkah  2. Menanya

3. Setelah mengamati gambar 2  “Posisi Silang  Negara-negara ASEAN”.di atas, peserta didik diminta untuk mengisi kolom pertanyaan pada LK yang telah dibagikan oleh guru  seperti berikut ini :


     


4. Setelah mengamati gambar 2  “Posisi Silang  Negara-negara ASEAN”.di atas di atas, peserta didik diminta untuk mengisi kolom pertanyaan pada LK yang telah dibagikan oleh guru di LMS  seperti berikut ini :






Langkah 3.  Mengumpulkan Informasi


5. Peserta didik bersama kelompoknya mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (buku, dan internet) untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan yang di  Lembar Kerja Siswa yang telah dibagikan guru.




6. Peserta didik bersama kelompoknya mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (buku, LMS dan internet) untuk menjawab pertanyaan yang di  Lembar Kerja Siswa yang ada pada LMS.
60 menit

Penutup
1. Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pembelajaran yang telah dilakukan.
2. Peserta didik diberi pesan moral.
3. Guru menyampaikan garis besar pertemuan berikutnya.
4. Guru menyampaikan salam penutup
10 menit


I. Penilaian
1. Teknik Penilaian

a. Pengetahuan
No. Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Butir
Instrumen Waktu
Pelaksanaan Keterangan
1. Tes Tulis Pilihan ganda, benarsalah, menjodohkan,isian, dan/atau
lainnya Terlampir Saat
pembelajaran
usai Penilaian untuk
pembelajaran
(assessment for
learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)

b. Keterampilan
No. Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Butir
Instrumen Waktu
Pelaksanaan Keterangan
1. Proyek Masalah sehari-hari berkaitan Negara – negara ASEAN Membuat sketsa peta semua negara – negara  anggota ASEAN
Di luar PBM
selama satu
minggu Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran

2. Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a. bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b. belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal PAS.


Mengetahui                                               Malangbong, 16  Juli 2018
         Kepala Sekolah                     Guru Mata Pelajaran



Jajang Sopiandi. S.Pd                                                           Atep Arasid, S. Pd
NIP.196809161997021002



Donload.....


Tidak ada komentar:

Dokumen Kurikulum MTs ma`arif 4 Malangbong tahun 2024 - 2025

  BAB I PENDAHULUAN   1.1.   LATAR BELAKANG (DASAR PEMIKIRAN PENYUSUNAN KTSP) Perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, ...