RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP Negeri 3 Malangbong
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VIII / 1
Materi Pokok : Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan Negara – Negara ASEAN
Sub Materi : Mengenal Negara – Negara ASEAN
Sub Submateri : Letak Geografis Negara – negara ASEAN dan Letak Koordinat ASEAN
Alokasi Waktu : 4 X 40’ (2 Pertemuan )
A. Kompetensi Inti
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran,
gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1. Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara – negara ASEAN yang diakibatkan oleh factor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik ) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya dan politik.
3.1.1. Mengidentifikasi letak geografis negara – negara ASEAN
3.1.2. Mengidentifikasi batas negara - negara ASEAN
3.1.3. Mendiskripsikan keuntungan posisi silang negara – negara ASEAN
4.1. Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara – negara ASEAN yang diakibatkan oleh factor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan,politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya dan politik.
4.1.1. Membuat sketsa peta negara anggota ASEAN
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Ke 1 ( 2JP/ 1 kali pertemuan )
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dengan benar dapat :
( Kompetensi Pengetahuan )
D.
3.1.1. Mengidentifikasi letak geografis negara – negara ASEAN
3.1.2. Mengidentifikasi batas negara - negara ASEAN
( Kompetensi Keterampilan )
4.1.1. Membuat sketsa peta negara anggota ASEAN
Pertemuan Ke 2 dan 3 ( 4JP/ 2 kali pertemuan )
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dengan benar dapat :
( Kompetensi Pengetahuan )
E.
3.1.3. Mendiskripsikan keuntungan posisi silang negara – negara ASEAN
Penguatan Karekter :
- Disiplin, Bertanggung Jawab
D. Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran
1. Letak Geografis Negara – negara anggota ASEAN
2. Batas – batas Negara – negara anggota ASEAN
3. Keuntungan posisi silang Negara – negara anggota ASEAN
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model pembelajaran : Inquiry/Discovery Learning
F. Media dan Bahan
Media
1. Video Pembelajaran IPS ( ASEAN )
2. Gambar Peta Letak Astronomis dan Letak Geografis negara – negara ASEAN
Bahan
Kertas HVS
Spidol
G. Sumber Belajar
Sumber Belajar : Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, LMS, lingkungan kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (Pertama) (2 Jam Pelajaran/80 menit)
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan 1. Peserta didik bersama guru menyampaikan salam.
2. Peserta didik mengikuti doa secara khidmat kemudian mengaji Juz amma klasikal.
3. Peserta didik mengikuti kegiatan pembiasaan yang disesuaikan dengan guru masing – masing ( hapalan doa harian ).
4. Guru Menasehati siswa tentang kebersihan kelas dan madrasah.
5. Guru memastikan peserta didik siap untuk belajar.
6. Guru memberikan apersepsi mengenai pengertian letak geografis
7. Guru memberikan apersepsi dengan memutarkan video dengan LCD tentang pengertian letak geografis.
8. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Kompetensi yang dicapai dalam pertemuan pertama ini adalah peserta didik mampu mengenali negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Manfaat yang diperoleh setelah mempelajari materi mengenal negara-negara ASEAN adalah peserta didik akan memahami letak georafis negara – negara ASEAN dan batas – batas negara – negara ASEAN.
9. Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. Teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah tes dan observasi (penilaian guru terhadap peserta didik dalam pembelajaran).
10 menit
Inti Langkah 1. Mengamati
1. Peserta didik mengamati Gambar 1 “Peta Negara-negara ASEAN” pada peta yang sudah disediakan guru
Gambar 1
2. Peserta didik mengamati Gambar 1 “Peta Negara-negara ASEAN” dengan membuka LMS Bab 1 ASEAN
Gambar 1
3. Setelah mengamati Gambar 1, peserta didik diminta menunjukkan letak masing-masing negara anggota ASEAN.
4. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri atas
3-4 orang.
Langkah 2. Menanya
5. Peserta didik diminta untuk mengisi kolom pertanyaan pada lembar kerja yang dibagikan mengenai letak geografis negara-negara anggota ASEAN seperti berikut ini :
6. Peserta didik diminta untuk mengisi kolom pertanyaan pada lembar kerja yang ada pada LMS dan dikerjakan di laptop mengenai letak geografis negara-negara anggota ASEAN seperti berikut ini :
Langkah 3. Mengumpulkan Informasi
7. Peserta didik bersama kelompoknya mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (buku, dan internet) untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan yang di Lembar Kerja Siswa yang telah dibagikan guru.
8. Peserta didik bersama kelompoknya mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (buku, LMS dan internet) untuk menjawab pertanyaan yang di Lembar Kerja Siswa yang ada pada LMS.
Langkah 4. Menganalisis
9. Peserta didik diminta untuk mengidentifikasi batas negara-negara ASEAN berdasarkan Gambar 1, kemudian menuliskannya pada lembar kerja siswa seperti yang ada pada kolom berikut :
Peserta didik diminta untuk mempresentasikannya di
10. Peserta didik diminta untuk mengidentifikasi batas negara-negara ASEAN berdasarkan Gambar 1, kemudian menuliskannya pada lembar kerja siswa yang ada pada LMS seperti yang ada pada kolom berikut :
Langkah 5. Mengkomunikasikan
11. Peserta didik diminta untuk mempresentasikannya di depan kelas dengan membawa LK yang telah dibagikan guru kepada siswa
12. Peserta didik diminta untuk mempresentasikannya di depan kelas dengan LK yang ada di LMS dan memakai proyektor
60 menit
Penutup 1. Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pembelajaran yang telah dilakukan.
2. Peserta didik diberi pesan moral.
3. Guru menyampaikan garis besar pertemuan berikutnya.
4. Guru menyampaikan salam penutup 10 menit
Penugasan:
( Tugas Tidak Terstruktur )
Membuat sketsa peta Tiga negara – negara anggota ASEAN
Pertemuan 2 (2Jam Pelajaran/80 menit)
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan 1. Peserta didik bersama guru menyampaikan salam.
2. Peserta didik mengikuti doa secara khidmat kemudian mengaji Juz amma klasikal.
3. Peserta didik mengikuti kegiatan pembiasaan yang disesuaikan dengan guru masing – masing ( membaca do’a qunut ).
4. Guru Menasehati siswa tentang sopan santun terhadap guru dan menyuruh siswa untuk membiasakan mencium tangan guru setiap bertemu dengan guru.
5. Guru memastikan peserta didik siap untuk belajar.
6. Guru memberikan apersepsi mengenai pengertian letak geografis.
7. Guru memberikan apersepsi dengan memutarkan video dengan LCD tentang pengertian letak geografis.
8. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Kompetensi yang dicapai dalam pertemuan kedua ini adalah peserta didik mampu mengenali negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Manfaat yang diperoleh setelah mempelajari materi mengenal negara-negara ASEAN adalah peserta didik akan memahami keunggulan posisi silang negara – negara ASEAN
9. Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. Teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah tes dan observasi (penilaian guru terhadap peserta didik dalam pembelajaran).
10 menit
Inti Langkah 1 . Mengamati
1. Peserta didik mengamati peta yang ada pada gambar 2 “Posisi Silang Negara-negara ASEAN”.
Gambar 2
2. Peserta didik mengamati Gambar 2 “Posisi Silang Negara-negara ASEAN”.dengan membuka LMS Bab 1 ASEAN
Gambar 2
Langkah 2. Menanya
3. Setelah mengamati gambar 2 “Posisi Silang Negara-negara ASEAN”.di atas, peserta didik diminta untuk mengisi kolom pertanyaan pada LK yang telah dibagikan oleh guru seperti berikut ini :
4. Setelah mengamati gambar 2 “Posisi Silang Negara-negara ASEAN”.di atas di atas, peserta didik diminta untuk mengisi kolom pertanyaan pada LK yang telah dibagikan oleh guru di LMS seperti berikut ini :
Langkah 3. Mengumpulkan Informasi
5. Peserta didik bersama kelompoknya mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (buku, dan internet) untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan yang di Lembar Kerja Siswa yang telah dibagikan guru.
6. Peserta didik bersama kelompoknya mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (buku, LMS dan internet) untuk menjawab pertanyaan yang di Lembar Kerja Siswa yang ada pada LMS.
60 menit
Penutup
1. Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan penguasaan materi dan pembelajaran yang telah dilakukan.
2. Peserta didik diberi pesan moral.
3. Guru menyampaikan garis besar pertemuan berikutnya.
4. Guru menyampaikan salam penutup
10 menit
I. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Pengetahuan
No. Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Butir
Instrumen Waktu
Pelaksanaan Keterangan
1. Tes Tulis Pilihan ganda, benarsalah, menjodohkan,isian, dan/atau
lainnya Terlampir Saat
pembelajaran
usai Penilaian untuk
pembelajaran
(assessment for
learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
b. Keterampilan
No. Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Butir
Instrumen Waktu
Pelaksanaan Keterangan
1. Proyek Masalah sehari-hari berkaitan Negara – negara ASEAN Membuat sketsa peta semua negara – negara anggota ASEAN
Di luar PBM
selama satu
minggu Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau
pencapaian
pembelajaran
2. Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a. bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b. belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c. pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal PAS.
Mengetahui Malangbong, 16 Juli 2018
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Jajang Sopiandi. S.Pd Atep Arasid, S. Pd
NIP.196809161997021002
Donload.....
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Dokumen Kurikulum MTs ma`arif 4 Malangbong tahun 2024 - 2025
BAB I PENDAHULUAN 1.1. LATAR BELAKANG (DASAR PEMIKIRAN PENYUSUNAN KTSP) Perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, ...
-
Kalender Pendidikan tahun 1992 Kalender Pendidikan tahun 1993 Kalender Pendidikan tahun 1994 Kalender Pendidikan tahun 1995 Kale...
-
PROLOG API UNGGUN YAA ALLAH YAA TUHAN KAMI AMPUNILAH SEGALA DOSA-DOSA KAMI DAN SEGALA KEHILAFAN KAMI. YAA ALLAH YA GHOFUR, YAA RAHMAANU...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar