KISI-KISI PAS IPS SMP KELAS VIII 2018/2019 |
|
|
|
|
|
|
|
Jenis
Sekolah |
: SMP |
|
|
|
|
Mata
Pelajaran |
: IPS |
|
|
|
|
Kurikulum |
: K13 |
|
|
|
|
Alokasi
Waktu |
: 120 Menit |
|
|
|
Jumlah
Soal |
: 45 Soal |
|
|
|
|
Bentuk
Soal |
Pilihan Ganda dan Uraian |
|
|
|
Tahun
Ajaran |
: 2018/2019 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No |
Kompetensi Dasar |
Bahan Kls/ |
Konten/Materi |
Level |
Indikator Soal |
Nomor |
Semester |
Kognitif |
Soal |
1 |
3.1 Menelaah
perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara
ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi,
pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan
kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik |
VIII/1 |
Mengenal
Negara-Negara Asean |
A |
Peserta didik
mampu menjelaskan letak astronomis wilayah ASEAN. |
1 |
2 |
4.1
Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang
di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan
manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya
terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik. |
VIII/1 |
Mengenal
Negara-Negara Asean |
B |
Disajikan
tabel, Peserta didik dapat megidentifikasi batas-batas negara-negara Asia
Tenggara berdasarkan garis lintang dan garis bujur |
2 |
3 |
|
VIII/1 |
Mengenal
Negara-Negara Asean |
B |
Disajikan
sebuah tabel, Peserta didik dapat memilih bentuk negara-negara Asean secara
Geografis |
3 |
4 |
|
VIII/1 |
Mengenal
Negara-Negara Asean |
B |
Disajikan
peta, Peserta didik dapat menemukan negara Asean yang secara geografis
berbentuk elongated. |
4 |
|
5 |
|
VIII/1 |
Mengenal
Negara-Negara Asean |
B |
Disajikan
tabel,Peserta didik dapat menemukan pulau-pulau di Indonesia yang dilewati
rangkaian pegunungan sirkum pasifik |
5 |
6 |
|
VIII/1 |
Mengenal
Negara-Negara Asean |
A |
Peserta
didik dapat menyebutkan negara-negara di Asean yang rawan dengan gempa
tektonik |
6 |
7 |
|
VIII/1 |
Mengenal
Negara-Negara Asean |
B |
Disajikan
tabel,Peserta didik dapat menunjukkan identitas salah satu negara Asean |
7 |
8 |
|
VIII/1 |
Interaksi
negara-negara Asean |
B |
Peserta
didik dapat mengklasifikasikan faktor
pendorong terbentuknya kerjasama negara-negara Asean |
8 |
9 |
|
VIII/1 |
Interaksi
negara-negara Asean |
B |
Peserta
didik dapat memberikan contoh bentuk
kerjasama negara-negara Asean di bidang politik |
9 |
10 |
|
VIII/1 |
Interaksi
negara-negara Asean |
C |
Disajikan
beberapa contoh dampak negatif
interaksi antar negara Asean,Peserta didik dapat menganalisis dampak negatif dari interaksi
antar negara-negara Asean di bidang transportasi. |
10 |
11 |
|
VIII/1 |
Interaksi
Negara-negara Asean |
C |
Disajikan
tabel contoh pernyataan. Peserta didik dapat
menganalisis pengaruh yang terjadi dalam kehidupan masyarat
negara-negara Asean sebagai akibat perkembangan teknologi transportasi dan
komunikasi dibindang budaya |
11 |
12 |
|
VIII/1 |
Pengaruh
Perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap Kehidupan di Negara-Negara Asean |
B |
Peserta
didik dapat memberikan contoh bencana
alam yang disebabkan oleh faktor iklim di negara philipina |
12 |
13 |
|
VIII/1 |
Pengaruh
Perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap Kehidupan di Negara-Negara Asean |
A |
Peserta
didik dapat menjelaskan fenomena alam
yang berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi interaksi antar ruang |
13 |
14 |
VIII/1 |
Pengaruh
Perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap Kehidupan di Negara-Negara Asean |
B |
Peserta
didik dapat mengklasifikasikan negara-negara Asean penghasil minyak bumi |
14 |
15 |
|
VIII/1 |
Pengaruh
Perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap Kehidupan di Negara-Negara Asean |
B |
Peserta
didik dapat memberikan contoh perubahan yang terjadi dalam kehidupan
masyarakat di negara-negara ASEAN sebagai akibat perkembangan teknologi
transportasi dan komunikasi dalam aspek budaya |
15 |
16 |
VIII/1 |
Pengaruh
Konversi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman terhadap Perubahan Ruang
dan Interaksi Antarruang |
A |
Peserta didik dapat mengidentifikasi
perubahan fungsi lahan menjadi fungsi lain |
16 |
17 |
|
VIII/1 |
Pengaruh
Konversi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman terhadap Perubahan Ruang
dan Interaksi Antarruang |
B |
Peserta
didik dapat menjelaskan alasan pemilik perusahaan menjadikan lahan industri
dipinggir kota |
17 |
18 |
VIII/1 |
Pengaruh
Perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap Kehidupan di Negara-Negara Asean |
C |
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menyimpulkan masalah akan timbul akibat
konversi lahan dari lahan pertanian menjadi industri |
18 |
|
|
VIII/1 |
Pengaruh
Konversi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman terhadap Perubahan Ruang
dan Interaksi Antarruang |
B |
Peserta
didik dapat menjelaskan dampak alih fungsi lahan pertanian menjadi
pemukiman |
19 |
19 |
|
VIII/1 |
Pengaruh
Konversi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman terhadap Perubahan Ruang
dan Interaksi Antarruang |
A |
Peserta
didik dapat menidentifikasi dampak
negative konversi lahan pertanian menjadi pemukiman |
20 |
20 |
3.2
Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap
kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan. |
VIII/1 |
Mobilitas
Sosial |
B |
Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian mobilitas sosial menurut salah satu ahli |
21 |
21 |
4.2
Menyajikan hasil analisis tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang
berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan
kebangsaan |
VIII/1 |
Mobilitas
Sosial |
C |
Disajikan
contoh kasus, Peserta didik dapat
menyimpulkan bentuk mobilitas dari kasus tersebut |
22 |
22 |
|
VIII/1 |
Mobilitas
Sosial |
B |
Disajikan
sebuah tabel,Peserta didik dapat
menemukan bentuk bentuk mobilitas sosial |
23 |
23 |
|
VIII/1 |
Mobilitas
Sosial |
B |
Disajikan
pernyataan,Peserta didik dapat
mengidentifikasi faktor pendorong terjadinya mobilitas social |
24 |
24 |
|
VIII/1 |
Mobilitas
Sosial |
B |
Peserta
didik dapat menunjukkan contoh faktor
pendorong terjadinya mobilitas social karena faktor individu |
25 |
25 |
|
VIII/1 |
Mobilitas
Sosial |
A |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi faktor
penghambat terjadinya mobilitas
social |
26 |
26 |
|
VIII/1 |
Bentuk-bentuk
Mobilitas Sosial |
B |
Disajikan
beberapa contoh saluran mobilitas sosial, Peserta didik dapat menunjukkan
contoh saluran mobilitas sosial |
27 |
27 |
|
VIII/1 |
Bentuk-bentuk
Mobilitas Sosial |
B |
Peserta
didik dapat menjelaskan dampak dari mobilitas sosial |
28 |
28 |
|
VIII/1 |
Fluraritas
Masyarakat Indonesia |
B |
Disajikan
gambar, Peserta didik dapat menunjukkan
salah satu budaya dari Bali |
29 |
29 |
|
VIII/1 |
Fluraritas
Masyarakat Indonesia |
B |
Disajikan
tabel, Peserta didik dapat menemukan
suku bangsa Aceh, Sumatera Barat dan Kalimantan Barat |
30 |
|
|
VIII/1 |
Fluraritas
Masyarakat Indonesia |
B |
Peserta
didik dapat menentukan sikap dalam menyikapi pluralitas budaya |
31 |
30 |
|
VIII/1 |
Fluraritas
Masyarakat Indonesia |
A |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi fungsi dan peran keragaman budaya dalam
pembangunan nasional |
32 |
31 |
|
VIII/1 |
Konflik
dan Integrasi Kehidupan Sosial |
C |
Disajikan
kasus, Peserta didik dapat menyimpulkan faktor penyebab terjadinya konflik |
33 |
32 |
|
VIII/1 |
Konflik
dan Integrasi Kehidupan Sosial |
C |
Disajikan
kasus, Peserta didik dapat menyimpulkan akibat terjadinya konflik |
34 |
33 |
|
VIII/1 |
Konflik
dan Integrasi Kehidupan Sosial |
B |
Disajikan
contoh kasus,Peserta didik dapat
menemukan cara mengatasi konflik |
35 |
34 |
|
VIII/1 |
Konflik
dan Integrasi Kehidupan Sosial |
A |
Peserta
didik dapat mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya proses
intergrasi sosial |
36 |
35 |
|
VIII/1 |
Konflik
dan Integrasi Kehidupan Sosial |
B |
Peserta
didik dapat memberikan contoh bentuk integrasi normatif |
37 |
36 |
|
VIII/1 |
Konflik
dan Integrasi Kehidupan Sosial |
C |
Disajikan
contoh kasus,Peserta didik dapat menyimpulkan
bentuk integrasi sosial dari contoh kasus tersebut |
38 |
37 |
|
VIII/1 |
Konflik
dan Integrasi Kehidupan Sosial |
B |
Peserta
didik dapat menjelaskan proses
integrasi sosial |
39 |
38 |
|
VIII/1 |
Konflik
dan Integrasi Kehidupan Sosial |
B |
Peserta
didik dapat menemukan perbedaan proses integrasi asimilasi dan akulturasi |
40 |
39 |
3.1
Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan
negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi,
ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan
kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik. |
VIII/1 |
Mengenal
Negara-Negara Asean |
C |
Disajikan
gambar peta, peserta didik dapat menganalisis bentuk negara-negara Asean
secara geografis |
41 |
40 |
4.1
Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang
di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan
manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya
terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik. |
VIII/1 |
Pengaruh Perkembangan Ilmu dan Teknologi
terhadap Perubahan Ruang |
B |
Disajikan
sebuah tabel,Peserta didik dapat melengkapi jenis sarana,pasarana
transportasi,keunggulan dan kelemahannya |
42 |
41 |
3.2
Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap
kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan. |
VIII/1 |
Mobilitas
Sosial |
C |
Disajikan
kasus, Peserta didik mampu menganalisis bentuk mobilitas sosial dari kasus
tersebut |
43 |
42 |
4.2
Menyajikan hasil analisis tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang
berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan
kebangsaan |
VIII/1 |
Pluralitas
Masyarakat Indonesia |
B |
Peserta
didik mampu menjelaskan fungsi dan peran keragaman budaya dalam pembangunan
nasional |
44 |
43 |
|
VIII/1 |
Konflik
dan Integrasi Kehidupan Sosial |
B |
Peserta
didik dapat menjelaskan bentuk-bentuk intergrasi sosial |
45 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: |
|
|
|
Garut, Oktober 2018 |
|
Level Kognitif: |
|
|
|
|
|
|
A : Pengetahuan dan Pemahaman |
|
|
|
Tim Penyusun |
|
|
B : Aplikasi |
|
|
|
|
|
|
C: Penalaran dan Logika |
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar