RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMPN 3 Malangbong
Mata Pelajaran : Teknologi
Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : IX( Sembilan )/Ganjil
Materi Pokok : Mengenal
fitur lanjut Broswer
Sub Materi Pokok : Broswer
Alokasi Waktu : 2 x 40
(1 x Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1. Mengenal
fitur lanjut browser
4.1. Membuat
Laoran tugas dengan paket office
|
3.1. Menjelaskan Pengertian Internet Explorer
3.2.
Menjelaskan Kelebihan Internet Explorer
3.3. Menjelaskan menu-menu pada browser akses internet
4.1.
Membuat deskripsikan bagian-bagian utama browser filetype: docx
|
A.
Tujuan
Pembelajaran
3.1. Menjelaskan Pengertian Internet Explorer
3.2. Menjelaskan Kelebihan Internet Explorer
3.3. Menjelaskan menu-menu pada browser akses
internet
4.1. Membuat deskripsikan bagian-bagian utama browser filetype: docx
Fokus Penguatan
Karakter:
Sikap Spritual :
bersyukur.
Sikap Sosial :
Jujur, kerjasama, percaya diri, bertanggung jawab
B. Materi
Pembelajaran
1. Materi
Pembelajaran Reguler:
Mengenal
fitur lanjut browser
2. Materi
Pembelajaran Pengayaan:
Membuat deskripsi fitur lanjut
browser
3. Materi
Pembelajaran Remedial
Membuka kembali Fitur browser
C. Pendekatan dan Model
Pembelajaran
1. Pendekatan
: Saintifik
2. Metode : Diskusi kelompok
3. Model
Pembelajaran :
Discovery learning (DL), Project
Based Learning (PjBL), dan Problem Based Learning (PBL)
D. Media dan Sumber Belajar
1) Media
a) Buku paket dan prangkat komputer
b) LCD Proyektor dan Laptop serta tayangan slide Power
point (ppt) yang telah disiapkan
2) Sumber Belajar : Buku Siswa TIK kelas IX,
Buku lain yang relevan, internet,
narasumber, lingkungan sekitar, dan sumber lain yang relevan
E. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi
dan motivasi :
·
Menanyakan tentang fitur broswer
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik menelaah buku
paket untuk mencari informasi tentang fitur broswer.
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan membuka fitur broswer.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari informasi dari media
informasi lain tentang fitur broswer.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F Menarik kesimpulan tentang
internet/intranet.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Sikap :
Observasi/Jurnal
b. Pengetahuan :
Tes Lisan, Penugasan
c. Keterampilan :
Tes peraktik, Uji kerja
2. Instrumen penilaian
a. Sikap (pada buku jurnal penilaian sikap),
contoh format penilaian sikap terlampir.
b. Pengetahuan (terlampir)
c. Keterampilan (pada buku jurnal penilaian
keterampilan), contoh format penilaian keterampilan terlampir.
1. Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial
dilakukan dalam pemberian tugas bagi
peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis
penilaian
2. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan analisis
penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan
pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/pendalaman materi dengan meringkas
buku referensi terkait materi dan uji praktik fitur broswer.
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
Malangbong, Juli 2019
Guru Mata Pelajaran
|
Jajang Sopandi. S.Pd
|
Atep Arasid, S.
Pd
|
NIP.196809161997021002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar