Kamis, 15 Juli 2021

kurikulum darurat masa covid 19

 

LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU CABANG GARUT

MAJELIS WAKIL CABANG MALANGBONG

MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF 1 MALANGBONG

NSM. 121.232.050.156

Jl. Bebedahan Komplek Lapang Cakrawati Desa Malangbong Kec Malangbong Garut

 

 

IMPLEMENTASI  KURIKULUM DARURAT

MTS MA`ARIF 1 MALANGBONG TAHUN PELAJARAN 2021 - 2022

 

I.     Konsep Kurikulum Darurat

Merujuk pada SK. Dirjen Pendis No. 2491 Tahun 2020 tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2021 - 2022 terdapat penjelasan konsep kurikulum darurat sebagai berikut:

 

a.    Pengertian  Kurikulum Darurat

Kurikulum darurat adalah kurikulum yang disusun dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan pada masa darurat dengan memperhatikan rambu-rambu ketentuan yang berlaku serta kondisi keterbatasan masing-masing satuan pendidikan di masa darurat.

 

b.    Aspek Penyebab Masa Darurat

Masa darurat bukan hanya pada masa darurat covid-19 tetapi berlaku pala pada masa darurat karena terjadi bencana alam, huru hara dan sebagainya

 

c.    Komponen Kurikulum Darurat

Komponen kurikulum yang dapat dimodifikasi dan diinovasi pada struktur kurikulum darurat antara lain:

1)    Struktur kurikulum

2)    Beban belajar

3)    Strategi pembelajaran

4)    Penilaian hasil belajar

5)    Kompnen lain yang penting disesuiakan

 

d.    Masa Berlaku Kurikulum Darurat

Kurikulum darurat hanya diterapkan pada masa darurat. Bila kondisi sudah normal, maka kegiatan pembelajaran harus kembali dilaksanakan secara normal seperti biasanya.

 

e.    Materi Kurikulum Darurat

Kegiatan pembelajaran bukan hanya untuk mencapai ketuntasan Kompetensi Dasar (KD) kurikulum semata namun lebih menitik beratkan pada penguatan karakter, prakteik ibadah, peduli pada lingkungan dan kesolehan social lainnya

 

f.     Prinsip Kegiatan Pembelajaran masa darurat

1)    Pembelajaran dapat dilakukan dengan tatap muka, tatap muka terbatas, dan atau pembelajaran jarak jauh baik secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan)

2)    Pembelajaran dapat berlangsung di madrasah, rumah, dan lingkungan sekitar sesuai dengan kondisi masing-masing madrasah

3)    Pembelajaran perlu berkembang secara kreatif dalam mengoptimalkan tumbuhnya kemampuan kritis, kreatif, komunikatifdan kolaborasi siswa.

4)    Pembelajaran menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah siswa dan di mana saja adalah kelas.

5)    Pemanfa’atan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran

 

g.    Langkah Kegiatan Pembelajaran

 

Perencanaan

1)    Guru memilih materi  esensi dengan pemetaan KD yang akan diajarkan pada masa darurat

2)    Guru membuat perencanaan berupa RPP yang simple/sederhana

3)    RPP dapat dibagikan kepada orang tua siswa agar orang tua mengetahui kegiatan pembelajaran, target pencapaian kompetensi yang harus dicapai siswa

 

Pelaksanaan

1)    Pembelajaran dapat dilakukan secara daring. semi daring, dan non digital

2)    Madrasah menyiapkan fasilitas lingkungan sehat dengan mengikuti protocol kesehatan antara lain menyediakan tempat cusi tangan, jaga jarak, menggunakan masker dan yang lainnya.

 

Penilaian

1)    Penilaian dapat meliputi Penilaian Harian (PH) Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir tahun (PAT)

2)    Penilaian hasil belajar mencakup aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan

3)    Penilaian dapat berbentuk portopolio, proyek, penugasan, prantek, tulis dan bentuk lainnya yang memungkinkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

II.    Struktur dan Muatan Kurikulum Darurat MTs Ma`arif 1

 

a.    Struktur Kulikulum Normal

 

 

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

K. 13

VII

VIII

IX

KELOMPOK A

 

 

 

Pendidikan Agama Islam

 

 

 

Al-Qur’an-Hadits

2

2

2

Aqidah Akhlak

2

2

2

Fikih

2

2

2

Sejarah Kebudayaan Islam

2

2

2

Pendidikan Kewarganegaraan

3

3

3

Bahasa Indonesia

6

6

6

Bahasa Arab

3

3

3

Bahasa Inggris

4

4

4

Matematika

5

5

5

Ilmu Pengetahuan Alam

5

5

5

Ilmu Pengetahuan Sosial

4

4

4

KELOMPOK B

 

 

 

Seni Budaya

2

2

2

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

2

2

2

Prakarya

2

2

2

KELOMPOK C

 

 

 

Bahasa Sunda

2

2

2

ASWAJA

2

2

2

Jumlah

48

48

48

 

b.    Struktur Kulikulum Darurat

 

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

K. 13

VII

VIII

IX

KELOMPOK A

 

 

 

Pendidikan Agama Islam

 

 

 

Al-Qur’an-Hadits

2

2

2

Aqidah Akhlak

2

2

2

Fikih

2

2

2

Sejarah Kebudayaan Islam

2

2

2

Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

2

Bahasa Indonesia

2

2

2

Bahasa Arab

2

2

2

Bahasa Inggris

2

2

2

Matematika

2

2

2

Ilmu Pengetahuan Alam

2

2

2

Ilmu Pengetahuan Sosial

2

2

2

KELOMPOK B

 

 

 

Seni Budaya

2

2

2

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

2

2

2

Prakarya

2

2

2

KELOMPOK C

 

 

 

Bahasa Sunda

2

2

2

ASWAJA

2

2

2

Jumlah

32

32

32

 

 

 

 

Rambu-Rambu Pelaksanaan

1.    Struktur kurikulum darurat  adalah struktur pembelajaran tatap muka di kelas;

2.    Pemenuhan beban jam belajar normal dipenuhi dalam bentuk tugas-tugas  belajar siswa  di rumah

3.    Pemenuhan mata pelajaran keterampilan seperti Khat,  SBK dan yang lainnya diberikan dalam bentuk tugas-tugas belajar di rumah secara daring atau luring

4.    Durasi jam  belajar di kelas/tatap muka  adalah 30 menit/mapel dengan jumlah beban belajar perminggu adalah sebagai berikut:

Kelas

7

8

9

Jumlah Total per minggu

32

32

32

 

5.    Jadwal kegiatan belajar di kelas/tatap muka  adalah sebagai  berikut:

Senin-Selasa

Rabu-Kamis

Jumlat -Sabtu

Kelas 7-8-9

Kelas 7-8-9

Kelas 7-8-9

07.00 – 10.30

07.00 – 12.00

07.00 – 12.30

 

III.    Penutup

Rumusan kurikulum darurat ini bersifat sementara, sambil menunggu protocol pembelajaran dari Kementeraian Agama Kabupaten Garut

 

 

Garut, 09 Juli 2021

Kepala MTs Ma`arif 1

 

 

 

 

....................................

Tidak ada komentar:

Dokumen Kurikulum MTs ma`arif 4 Malangbong tahun 2024 - 2025

  BAB I PENDAHULUAN   1.1.   LATAR BELAKANG (DASAR PEMIKIRAN PENYUSUNAN KTSP) Perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, ...