LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU CABANG GARUT
MAJELIS WAKIL CABANG MALANGBONG
MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF 1 MALANGBONG
NSM. 121.232.050.156
Jl. Bebedahan Komplek Lapang Cakrawati Desa Malangbong Kec Malangbong Garut
IMPLEMENTASI KURIKULUM DARURAT
MTS MA`ARIF 1 MALANGBONG TAHUN PELAJARAN 2021 - 2022
I. Konsep Kurikulum Darurat
Merujuk pada SK. Dirjen Pendis No. 2491 Tahun 2020 tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2021 - 2022 terdapat penjelasan konsep kurikulum darurat sebagai berikut:
a. Pengertian Kurikulum Darurat
Kurikulum darurat adalah kurikulum yang disusun dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan pada masa darurat dengan memperhatikan rambu-rambu ketentuan yang berlaku serta kondisi keterbatasan masing-masing satuan pendidikan di masa darurat.
b. Aspek Penyebab Masa Darurat
Masa darurat bukan hanya pada masa darurat covid-19 tetapi berlaku pala pada masa darurat karena terjadi bencana alam, huru hara dan sebagainya
c. Komponen Kurikulum Darurat
Komponen kurikulum yang dapat dimodifikasi dan diinovasi pada struktur kurikulum darurat antara lain:
1) Struktur kurikulum
2) Beban belajar
3) Strategi pembelajaran
4) Penilaian hasil belajar
5) Kompnen lain yang penting disesuiakan
d. Masa Berlaku Kurikulum Darurat
Kurikulum darurat hanya diterapkan pada masa darurat. Bila kondisi sudah normal, maka kegiatan pembelajaran harus kembali dilaksanakan secara normal seperti biasanya.
e. Materi Kurikulum Darurat
Kegiatan pembelajaran bukan hanya untuk mencapai ketuntasan Kompetensi Dasar (KD) kurikulum semata namun lebih menitik beratkan pada penguatan karakter, prakteik ibadah, peduli pada lingkungan dan kesolehan social lainnya
f. Prinsip Kegiatan Pembelajaran masa darurat
1) Pembelajaran dapat dilakukan dengan tatap muka, tatap muka terbatas, dan atau pembelajaran jarak jauh baik secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan)
2) Pembelajaran dapat berlangsung di madrasah, rumah, dan lingkungan sekitar sesuai dengan kondisi masing-masing madrasah
3) Pembelajaran perlu berkembang secara kreatif dalam mengoptimalkan tumbuhnya kemampuan kritis, kreatif, komunikatifdan kolaborasi siswa.
4) Pembelajaran menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah siswa dan di mana saja adalah kelas.
5) Pemanfa’atan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran
g. Langkah Kegiatan Pembelajaran
Perencanaan
1) Guru memilih materi esensi dengan pemetaan KD yang akan diajarkan pada masa darurat
2) Guru membuat perencanaan berupa RPP yang simple/sederhana
3) RPP dapat dibagikan kepada orang tua siswa agar orang tua mengetahui kegiatan pembelajaran, target pencapaian kompetensi yang harus dicapai siswa
Pelaksanaan
1) Pembelajaran dapat dilakukan secara daring. semi daring, dan non digital
2) Madrasah menyiapkan fasilitas lingkungan sehat dengan mengikuti protocol kesehatan antara lain menyediakan tempat cusi tangan, jaga jarak, menggunakan masker dan yang lainnya.
Penilaian
1) Penilaian dapat meliputi Penilaian Harian (PH) Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir tahun (PAT)
2) Penilaian hasil belajar mencakup aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan
3) Penilaian dapat berbentuk portopolio, proyek, penugasan, prantek, tulis dan bentuk lainnya yang memungkinkan.
II. Struktur dan Muatan Kurikulum Darurat MTs Ma`arif 1
a. Struktur Kulikulum Normal
Komponen |
Kelas dan Alokasi Waktu |
||
K. 13 |
|||
VII |
VIII |
IX |
|
KELOMPOK A |
|
|
|
Pendidikan Agama Islam |
|
|
|
Al-Qur’an-Hadits |
2 |
2 |
2 |
Aqidah Akhlak |
2 |
2 |
2 |
Fikih |
2 |
2 |
2 |
Sejarah Kebudayaan Islam |
2 |
2 |
2 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
3 |
3 |
3 |
Bahasa Indonesia |
6 |
6 |
6 |
Bahasa Arab |
3 |
3 |
3 |
Bahasa Inggris |
4 |
4 |
4 |
Matematika |
5 |
5 |
5 |
Ilmu Pengetahuan Alam |
5 |
5 |
5 |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
4 |
4 |
4 |
KELOMPOK B |
|
|
|
Seni Budaya |
2 |
2 |
2 |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
Prakarya |
2 |
2 |
2 |
KELOMPOK C |
|
|
|
Bahasa Sunda |
2 |
2 |
2 |
ASWAJA |
2 |
2 |
2 |
Jumlah |
48 |
48 |
48 |
b. Struktur Kulikulum Darurat
Komponen |
Kelas dan Alokasi Waktu |
||
K. 13 |
|||
VII |
VIII |
IX |
|
KELOMPOK A |
|
|
|
Pendidikan Agama Islam |
|
|
|
Al-Qur’an-Hadits |
2 |
2 |
2 |
Aqidah Akhlak |
2 |
2 |
2 |
Fikih |
2 |
2 |
2 |
Sejarah Kebudayaan Islam |
2 |
2 |
2 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
Bahasa Indonesia |
2 |
2 |
2 |
Bahasa Arab |
2 |
2 |
2 |
Bahasa Inggris |
2 |
2 |
2 |
Matematika |
2 |
2 |
2 |
Ilmu Pengetahuan Alam |
2 |
2 |
2 |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
2 |
2 |
2 |
KELOMPOK B |
|
|
|
Seni Budaya |
2 |
2 |
2 |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
Prakarya |
2 |
2 |
2 |
KELOMPOK C |
|
|
|
Bahasa Sunda |
2 |
2 |
2 |
ASWAJA |
2 |
2 |
2 |
Jumlah |
32 |
32 |
32 |
Rambu-Rambu Pelaksanaan
1. Struktur kurikulum darurat adalah struktur pembelajaran tatap muka di kelas;
2. Pemenuhan beban jam belajar normal dipenuhi dalam bentuk tugas-tugas belajar siswa di rumah
3. Pemenuhan mata pelajaran keterampilan seperti Khat, SBK dan yang lainnya diberikan dalam bentuk tugas-tugas belajar di rumah secara daring atau luring
4. Durasi jam belajar di kelas/tatap muka adalah 30 menit/mapel dengan jumlah beban belajar perminggu adalah sebagai berikut:
Kelas |
7 |
8 |
9 |
Jumlah Total per minggu |
32 |
32 |
32 |
5. Jadwal kegiatan belajar di kelas/tatap muka adalah sebagai berikut:
Senin-Selasa |
Rabu-Kamis |
Jumlat -Sabtu |
Kelas 7-8-9 |
Kelas 7-8-9 |
Kelas 7-8-9 |
07.00 – 10.30 |
07.00 – 12.00 |
07.00 – 12.30 |
III. Penutup
Rumusan kurikulum darurat ini bersifat sementara, sambil menunggu protocol pembelajaran dari Kementeraian Agama Kabupaten Garut
Garut, 09 Juli 2021
Kepala MTs Ma`arif 1
....................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar