PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN 13.175 – 13.176
PANGKALAN SMP NEGERI 3 MALANGBONG
TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023
GERAKAN
PRAMUKA GUDEP 13.175 – 13.176
PANGKALAN
SMP NEGERI 3 MALANGBONG
KWARTIR
CABANG KABUPATEN GARUT
2022
Team
Penyusun
Atep Arasid. S.Pd
Nurul Intan. S.Pd
Kata
Pengantar
Puji syukur kami ucapkan ke hadirat Allah SWT, atas segala rahmad dan
hidayah- Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan progran kerja Gugus
Depan 13.175 – 13.176 Pangkalan SMP Negeri 3 Malangbong pada tahun ajaran 2022
/ 2023
Program kerja ini merupakan acuan bagi Dewan Kerja Penggalang dan Pembina
Penggalang pada Gudep 13.175 – 13.176 Pengkalan SMP Negeri 3 Malangbong untuk
menjalankan aktivitas atau kegiatan kepramukaan di lingkungan SMP Negeri 3
Malangbong. Diharapkan dengan selesainya penyusunan program kerja ini maka
pelaksanaan kegiatan kepramukaan pada Gudep 13.175 – 13.176 Pangkalan SMP
Negeri 3 Malangbong dapat terarah, terencana dan berhasil dengan baik. Sehingga
peningkatan mutu pendidikan kepramukaan yang merupakan tujuan pendidikan
kepramukaan di Gudep 13.175 – 13.176 Pangkalan SMP Negeri 3 Malangbong dapat
tercapai dengan baik.
Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada :
1.
Bapak
Kepala SMP Negeri 3 Malangbong beserta kepala Urusan yang ada di SMP Negeri 3
Malangbong
2.
Unsur
Pembina dan Pembantu Pembina pada Gudep 13.175 – 13.176 Pangkalan SMP Negeri 3
Malangbong
3.
Semua
anggota pramuka penggalan pada Gudep 13.175 – 13.176 Pangkalan SMP Negeri 3
Malangbong
Kami menyadari bahwa dalam penyusuan program kerja ini masih jauh dari
sempurna. Oleh sebab itu saran dan kritik yang membangun akan kami harapkan
demi kesempurnaan program kerja Gudep 13.175 – 13.176 Pangkalan SMP Negeri 3
Malangbong. Akhirnya semoga program kerja ini bermanfaat bagi kita semua.
Malangbong, Juli 2022
Team Penyusuan
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Dasar Kegiatan
C. Tujuan
D. Sasaran
BAB II : PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN
A. Program Umum Gugus Depan 13.175 – 13.176
1.
Seksi
Kegiatan Operasional dan Tekspram
2.
Seksi
Penelitian dan Pengembangan
3.
Seksi
Sarana dan Administrasi
B. Penjabaran Program dalam Semester
C. Penjabaran Masing-Masing Program
D. Matrik Kegiatan Dewan Kerja Penggalang
BAB III : ORGANISASI
A. Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
B. Susunan Pengurus Dewan Penggalang
C. Dewan Kehormatan Penggalang
D. Struktur Organisasi Gudep 13.175 –
13.176
E. BAB IV : PENUTUP
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah
merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh
kegembiraaan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun
jam-jam keluarga. Sebagai satu-satunya kegiatan kepanduan, pramuka diharapkan
dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan
mental peserta didik pada sikap yang baik. Sikap baik dalam arti berakhlaq
mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala
pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain.
Pendek kata diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri
Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.
Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka
perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka yang tergabung
dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antara siswa didik sebagai
anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus depan.
Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin pramuka
berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik.
Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah, perlu disusun
suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala sesuatu yang dapat
mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut. Program kerja sebagai
rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah merupakan acuan yang
wajib dilaksa- nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.
B. Dasar Kegiatan
Yang menjadi dasar penyusunan program kerja gugus depan pramuka adalah:
1.
Undang-undang
Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka
2.
Keputusan
Munas No. 11/Munas/2013 Tahun 2013 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah
Tangga Gerakan Pramuka
3.
SK
Gerakan Pramuka No. 220 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pokok-pokok
Organisasi Gerakan Pramuka
4.
SK
Gerakan Pramuka No. 231 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugesdepan
Gerakan Pramuka
5.
SK
Gerakan Pramuka No. 202 Tahun 2011 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Sistem
Pendidikan dan Latihan Gerakan Pramuka
6.
Program
kerja sekolah yang dijabarkan dalam program kerja Gerakan Pramuka Gugus Depan
13.175 – 13.176 Pangkalan SMP Negeri 3 Malangbong tahun pelajaran 2022 / 2023
C. Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai dengan disusunnya program kerja ini:
1.
Untuk
memberikan arahan kepada Pelaksana Gugus Depan 13.175 – 13.176 dalam
melaksanakan kegiatan selama satu periode.
2.
Sebagai
sarana untuk peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di SMP Negeri 3 Malangbong.
D. Sasaran
Sasaran pelaksanaan program kerja ini adalah unsur-unsur yang terdapat
dalam suatu gugus depan yang meliputi:
1.
Unsur
Majelis Pembimbing Gugus Depan 13.175 – 13.176 (Mabigus) yang diketuai oleh
Kepala Sekolah sebagai penguasa tertinggi di SMP Negeri 3 Malangbong yang
dibantu oleh Wakil Kepala, Urusan Kurikulum, Urusan Kesiswaan,Urusan Humas dan
Urusan Sarana Prasarana.
2.
Unsur
Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana kegiatan secara teknis dalam
suatu Gugus Depan yang meliputi Instruktur Pramuka, pelatih atau anggota pramuka yang minimal mempunyai sertifikat
Kursus Mahir Dasar (KMD)
3.
Para
pembantu pembina yang meliputi anggota penegak, pandega dan unsur lain yang
mempunyai keinginan untuk menjadi anggota pramuka dengan baik.
4.
Peserta
didik (Penggalang) yang menjadi obyek pendidikan kepramukaan di sekolah.
BAB II
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN
Program kerja gugus depan 13.175 – 13.176 pangkalan SMP Negeri 3
Malangbong dapat dijelaskan dan dirinci sebagai berikut didasarkan pada waktu
pelaksanaan program. Masing-masing kelompok program terbagi dalam beberapa
bidang kegiatan. Adapun pembagian kelompok program tersebut adalah sebagai
berikut:
A. Program
Umum Gugus Depan 13.175 – 13.176
1.
Seksi Kegiatan Operasional dan Tekspram
a.
Pencapaian SKU
b.
Pencapaian SKK
·
1)
2 macam SKK Agama
·
2)
2 macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya
·
3)
2 macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan
·
4)
2 macam SKK Ketrampilan dan Teknik Pembangunan
·
5)
2 macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban Masyarakat,
Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup
c.
Peningkatan
mutu latihan pramuka penggalang meliputi jenjang:
·
1) Ramu
·
2) Rakit
·
3) terap
d.
Gladian
Pemimpin Regu ( 1 kali )
e.
Perkemahan
Sabtu Minggu ( 2 kali )
f.
Penjelajahan
dan Survival Game (OUT BOUND)
g.
Perkemahan
Jauh dan Pengembaraan ( 1 kali )
h.
Lomba
Tingkat I ( 1 kali )
i.
Bakti
Masyarakat ( 2 kali )
j.
Pengiriman
regu penggalang ke tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun
Kwartir Nasional
k.
Kegiatan
dengan gugus depan lain ( latihan gabungan )
l.
Musyawarah
Gugus Depan
2.
Seksi Penelitian dan Pengembangan
·
Pengiriman
pembina untuk kegiatan Kursus Pembina yang diadakan Kwartir Ranting maupun
Kwartir Cabang
·
Pengiriman
pembina untuk pertemuan-pertemuan yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
·
Pertemuan-pertemuan
Gugus Depan yang dihadiri oleh MABIGUS
3.
Seksi Sarana dan Administrasi
Mengusahakan tersedianya kelengkapan administrasi dan sarana penunjang
kegiatan Gugus Depan yang meliputi :
1.
Buku
Induk Gugus Depan
2.
Stempel
Gugus Depan
3.
Buku
Jurnal Kegiatan Harian / Mingguan
4.
Buku
Administrasi Keuangan
5.
Daftar
Inventaris Gugus Depan
6.
Buku
Tamu Gugus Depan
7.
Laporan
Semester Gugus Depan
8.
Catatan
Peristiwa Penting Gugus Depan (Log Book)
9.
Pengadaan
Tenda Pramuka
10.
Pengadaan
alat pionering yang meliputi tali dan tongkat
pramuka
11.
Bendera
Gugus Depan yang meliputi:Bendera Tunas Kelapa, Bendera Pramuka Sedunia dan
Bendera Semaphore dan Morse
12.
Papan
Nama Gugus Depan.
13.
Sanggar
Bakti Pramuka
4.
Bidang Keuangan
Penggalian dana kegiatan yang meliputi:
·
a.
Iuran peserta didik
·
b.
Sumbangan dari MABIGUS
·
c.
Sumbangan lain yang tidak mengikat
B. Penjabaran
Program dalam Semester
Penjabaran program dalam semester gugus depan 13.175 – 13.176 pangkalan
SMP Negeri 3 Malangbong dapat dijabarkan sebagai berikut:
PROGRAM
KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GANJIL
Bulan : Juli 2022 sampai dengan Desember 2022
No |
KEGIATAN |
BULAN KE |
KET. |
|||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|||
1. |
Penerimaan anggota
pasukan |
X |
|
|
|
|
|
|
2. |
Latihan SKU Penggalang |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
|
3. |
Ujian SKU Penggalang
Ramu |
|
X |
X |
X |
|
|
|
4. |
Ujian SKU Penggalang
Rakit |
|
|
X |
X |
X |
|
|
5. |
Ujian SKU Penggalang
Terap |
|
|
|
X |
X |
X |
|
6. |
Ujian SKK |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
|
7. |
Gladian Pemimpin Regu |
|
|
X |
|
|
|
|
8. |
Perkemahan Dekat (
Persami ) |
|
X |
|
|
X |
|
|
9. |
Penjelajahan
dan Halang Rintang |
|
|
X |
|
|
|
|
10. |
Bakti Masyarakat |
|
|
|
|
X |
|
|
11. |
Latihan gabungan |
|
X |
|
|
X |
|
|
12. |
Lomba Tingkat I |
|
|
|
|
|
X |
|
13. |
Laporan Semester ke
Kwartir Ranting |
|
|
|
|
|
X |
|
14. |
Iuran anggota |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
|
15 |
Mengikuti kegiatan di
Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional |
|
|
|
|
|
|
menyesuaikan |
PROGRAM
KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GENAP
Bulan : Januari 2023 sampai dengan JUNI 2023
No |
KEGIATAN |
BULAN
KE |
KET. |
|||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|||
1. |
Latihan SKU Penggalang |
X |
X |
X |
X |
X |
|
|
2. |
Ujian SKU Penggalang
Ramu |
X |
X |
X |
X |
|
|
|
3. |
Ujian SKU Penggalang
Rakit |
|
|
X |
X |
X |
|
|
4. |
Ujian SKU Penggalang
Terap |
|
|
|
X |
X |
|
|
5. |
Ujian SKK |
|
X |
X |
X |
X |
X |
|
6. |
Gladian Pemimpin Regu |
|
|
|
|
|
X |
|
7. |
Perkemahan Dekat (
Persami ) |
|
|
|
X |
|
|
|
8. |
Penjelajahan
dan Halang Rintang |
|
X |
|
|
X |
|
|
9. |
Bakti Masyarakat |
|
|
|
|
|
X |
|
10. |
Latihan gabungan |
|
|
|
|
X |
|
|
11. |
Laporan
Semester ke Kwartir Ranting |
|
|
|
|
|
X |
|
12. |
Iuran anggota |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
|
13. |
Pemilihan pramuka
terbaik |
|
|
|
|
X |
|
|
14. |
Musyawarah Gugus Depan |
|
|
|
|
|
X |
|
15. |
Perkemahan
jauh dan Pengembaraan |
|
|
|
|
|
X |
|
16. |
Mengikuti kegiatan di
Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional |
|
|
|
|
|
|
menyesuaikan |
C. Penjabaran
Masing-Masing Program
1.
Latihan Rutin
Pramuka
Dalam melakukan kegiatan latihan rutin dapat dirinci sebagai berikut :
·
Latihan
rutin dilakukan setiap hari Rabu dan Kamis (menyesuaikan dengan Jadwal
Pelajaran), untuk Pasukan Khusus dilaksanakan ketika istirahat (+ 30 menit).
·
Latihan
rutin dilakukan dengan pemberian materi SKU dan SKK beserta praktek lapangan
·
Pemberi
materi adalah Pembantu Pembina (penegak) dan Pembina Pramuka.
·
Rincian
materi latihan rutin adalah :
1.
PBB
dan Formasi Barisan (FBB Pramuka)
2.
Pionering,
tali temali, macam-macam ikatan
3.
Sandi
pramuka (huruf rahasia)
4.
Pemahaman
Dasa Dharma dan Tri Satya
5.
Sejarah
Pramuka. Syarat Kecakapan Umum (SKU) Penggalang Ramu, Rakit dan Terap
6.
Syarat
Kecakapan Khusus (SKK)
7.
PDMPK
(Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan)
8.
Perkemahan
Pramuka dan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan)
9.
Tanda
Jejak, Survival Game dan Penjelajahan
10.
Permainan Pramuka
11.
Kegiatan
lain yang berupa kegiatan insidental dan spontan
2.
Penggalian Dana melalui Iuran Anggota
Dalam menunjang setiap kegiatan diperlukan dana. Untuk penggalian dana
dilakukan dengan mengadakan penarikan iuran pada tiap anggota setiap latihan
rutin. Besarnya iuran tiap anggota adalah Rp. 1000,- sampai dengan Rp. 2.000,-
(tergantung hasil keputusan Rapat Anggota dengan Dewan Kerja Penggalang).
3.
Musyawarah Gugus Depan
1)
Musyawarah
Gugus Depan (Mugus) adalah bentuk kegiatan musyawarah yang dilakukan anggota gugus depan untuk menentukan
kelangsungan hidup gugus depan.
2)
Dalam
kegiatan ini dirumuskan :
1)
Susunan
Majelis Pembimbing Gugus Depan
2)
Susunan
Pembina Gugus Depan
3)
Susunan
Pengurus Gugus Depan (Dewan Kerja Penggalang)
3)
Peserta
dalam kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS)
adalah:
1)
Perwakilan
Anggota yang meliputi Pinru dan Wapinru setiap
regu
2)
Pemimpin
Regu Utama (Pratama) putra dan putri
3)
Pembina pramuka
4)
Pembantu
pembina yang terdiri para pramuka penegak
5)
Unsur
Mejelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang meliputi Kepala Sekolah, Wakil
Kepala Sekolah, Kaur
6)
Unsur
Komite Sekolah
7)
Unsur
Tokoh Masyarakat sekitar Gugus Depan
8)
Unsur
Kwartir Ranting diantaranya Andalan Ranting Urusan Penggalang
4)
Kegiatan
ini bisa dilakukan bersamaan dalam bentuk kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu di sekolahan.
4.
Kegiatan Perkemahan
a.
Perkemahan
Sehari (Persari)
Kegiatan Persari dilaksanakan pada bulan kedua dan kelima pada
masing-masing semester
Kegiatan ini biasanya dimulai pukul 07.00 WIB dan diakhiri pada pukul
15.00 WIB (dalam satu hari)
Kegiatan ini meliputi :
• Penjelajahan dan halang rintang
• Kegiatan latihan gabungan
• Kegiatan kunjungan ke tempat rekreasi
• Latihan Dasar Kepemimpinan
• Lomba Tingkat I
b.
Perkemahan
Dekat (di Sekolah)
1.
Kegiatan
Perkajum dilaksanakan pada bulan ke empat tiap-tiap semester
2.
Bentuk
kegiatan adalah kegiatan Perkemahan kamis jum’at yang dimulai pada pukul 14.30
WIB (Sabtu) dan diakhiri pada pukul 09.00 WIB (Minggu)
3.
Macam-macam
kegiatan yang dapat dimasukkan dalam kegiatan Perkajum adalah :
o Penerimaan tamu pasukan (anggota baru)
o Kegiatan Pelantikan Kenaikan Tingkat
o Kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS)
o Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
c.
Perkemahan
Jauh (di luar sekolah/diluar kabupaten)
1.
Kegiatan
ini dilakukan pada Akhir Semester
2.
Pada
semester ganjil (pertama) kegiatan ini ditempatkan di wisata dalam kecamatan
Malangbong, sedang pada semester genap (kedua) ditempatkan pada lokasi
perkemahan yang berada di luar Kecamatan Malangbong.
3.
Waktu
melakukan kegiatan ini adalah minimal 2 hari maksimal 3 hari
4.
Kegiatan
yang dapat dimasukkan pada kegiatan ini adalah:
o Kegiatan Bakti Masyarakat
o Kegiatan Kemah Wisata (Jambore)
o Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
o Kegiatan Lomba Tingkat I
o Kegiatan Pengembaraan atau Kemah Beranting
o Gladian Pemimpin Regu
5.
Laporan
Rutin Ke Kwartir Ranting
o Kegiatan ini dilakukan pada tiap bulan
o Hal-hal yang dilaporkan adalah
keadaan gugus depan yang meliputi keanggota gugus depan dan kegiatan yang telah
dilakukan gugus depan pada kurun waktu tertentu.
6.
Kegiatan Insidental
o Kegiatan ini dilakukan diluar program
yang tidak mengikat
o Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan
situasi, kondisi dan kebutuhan
o Macam kegiatan dalam kegiatan ini adalah
1.
Kegiatan
kunjungan ke anggota gugus depan karena sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain
(berdasar undangan)
2.
Mengikuti
kegiatan yang berasal dari luar gugus depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas
dan gudep lain)
D. Matrik
Kegiatan Dewan Kerja Penggalang
Program kerja Dewan Kerja Penggalang gudep 13.175 – 13.176 SMP Negeri 3 Malangbong
dapat dijabarkan dalam matrik kegiatan. Adapun matrik kegiatan Dewan Kerja
Penggalang Gudep 13.175 – 13.176 adalah sebagai berikut: (TERLAMPIR)
BAB III
ORGANISASI
A.
Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) disusun berdasarkan jabatan
dinas di suatu gugus depan. Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) terdiri
dari unsur pejabat di sekolah tempat gugus depan tersebut berada. Adapun
susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan dapat dijabarkan sebagai berikut :
1.
Ketua
: Nining Sariningsih, S.Pd (Kepala Sekolah)
2.
Anggota
: (Kaur Kurikulum)
3.
Anggota
: (Kaur Kesiswaan)
4.
Anggota
: (Kaur
Sarana Prasarana)
5.
Anggota
: (Kaur Humas)
6.
Anggota
: Atep Arasid. S.Pd (Pembina
Harian Putra)
7.
Anggota
: Nurul Intan S.Pd (Pembina Harian Putri)
B. Susunan
Pengurus Dewan Penggalang
Dewan Kerja Penggalang pada prinsipnya adalah dewan kerja gugus depan
yang bertugas melaksanakan kegiatan kepramukaan di lingkungan gugus depan.
Dewan kerja bertugas membantu pembina pramuka dalam menjalankan aktivitas kepramukaan.
Disamping itu Dewan Kerja Penggalang juga berfungsi panitia kegiatan untuk
kegiatan-kegiatan kepramukaan yang bersifat kecil, mendadak, atau rutin. Sedang
untuk kegiatan yang bersifat besar atau insidental dibentuk panitia kegiatan
tersendiri.
Unsur yang membentuk Dewan Kerja Penggalang terdiri dari pemimpin regu
utama (pratama), pemimpin regu (pinru) dan wakil pemimpin regu (wapinru), serta
anggota pramuka yang dianggap cakap. Adapun susunan pengurus Dewan Kerja
Penggalang Gudep 13.175 – 13.176 SMP Negeri
3 Malangbong sebagai berikut:
1.
Ketua
: ...................................(kelas........) (Putra / Putri )
2.
Wakil
Ketua : ................................... (kelas........)
3.
Sekretaris
I : ...................................
(kelas........)
4.
Sekretaris
II : ...................................
(kelas........)
5.
Bendahara
I ...................................
(kelas........)
6.
Bendahara
II : ...................................
(kelas........)
7.
Seksi-Seksi :
a. Bidang Kegiatan dan Operasional Teknik Kepramukaan (Giatoptekpram):
1.
.............................................
(kelas.........)
2.
.............................................
(kelas.........)
3.
.............................................
(kelas.........)
4.
.............................................
(kelas.........)
b. Bidang Adminsitrasi dan Organisasi
1.
.............................................
(kelas.........)
2.
.............................................
(kelas.........)
3.
.............................................
(kelas.........)
4.
.............................................
(kelas.........)
c. Bidang Hubungan Masyarakat
1.
.............................................
(kelas.........)
2.
.............................................
(kelas.........)
3.
.............................................
(kelas.........)
4.
.............................................
(kelas.........)
d. Bidang Peralatan
1.
.............................................
(kelas.........)
2.
.............................................
(kelas.........)
3.
.............................................
(kelas.........)
4.
.............................................
(kelas.........)
C. Dewan
Kehormatan Penggalang
Dewan Kehormatan Penggalang terdiri atas anggota pramuka yang sudah
mencapai Terap dan sudah kelas III. Dewan Kehormatan bekerja jika diperlukan
dalam kegiatan insidental. Dewan Kehormatan Penggalang mempunyai tugas
memberikan masukan, saran atau nasehat serta membantu pembina dalam memberikan
penilaian terhadap kinerja Dewan Kerja Penggalang. Adapun susunan Dewan
Kehormatan Penggalang adalah :
1.
Ketua : ............................................
2.
Anggota : ............................................
3.
Anggota : ............................................
4.
Anggota : ............................................
5.
Anggota : ............................................
6.
Anggota : ............................................
7.
Anggota : ............................................
8.
Anggota : ............................................
9.
Anggota : ............................................
10. Anggota : ............................................
11. Anggota ............................................
D. Struktur
Organisasi Gudep 13.175 – 13.176
Mabigus
Pembina
Mabigus |
Pembina |
Dewan Penggalang Dewan Kehormatan
Pramuka Penggalang
BAB IV
PENUTUP
Demikian program kerja Gugus Depan 13.175 – 13.176 Pangkalan SMP Negeri 3
Malangbong tersusun, dengan harapan dapat menjadi acuan bagi gerak dan kerja
pramuka di gugus depan. Disamping itu program kerja ini diharapkan dapat
menjadi pedoman bagi sekolah dalam menentukan kebijakan yang berhubungan dengan
kegiatan kepramukaan pada SMP Negeri 3 Malangbong.
Perlu disadari bahwa dalam penyusunan program kerja ini masih jauh dari
kesempurnaan. Oleh sebab itu saran dan kritik sangat diharapkan demi perbaikan
dan penyempurnaan program kerja ini. Akhirnya semoga program kerja ini dapat
bermanfaat bagi semua.
Pembina Gugus depan
Atep Arasid. S.Pd
NTA. B-090501341
Tidak ada komentar:
Posting Komentar