Senin, 07 November 2022

PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN 13.175 – 13.176 PANGKALAN SMP NEGERI 3 MALANGBONG

 

 

PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN 13.175 – 13.176

PANGKALAN SMP NEGERI 3 MALANGBONG

TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

GERAKAN PRAMUKA GUDEP 13.175 – 13.176

PANGKALAN SMP NEGERI 3 MALANGBONG

KWARTIR CABANG KABUPATEN GARUT

2022


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Team Penyusun

 

Atep Arasid. S.Pd

Nurul Intan. S.Pd


 

Kata Pengantar

Puji syukur kami ucapkan ke hadirat Allah SWT, atas segala rahmad dan hidayah- Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan progran kerja Gugus Depan 13.175 – 13.176 Pangkalan SMP Negeri 3 Malangbong pada tahun ajaran 2022 / 2023

Program kerja ini merupakan acuan bagi Dewan Kerja Penggalang dan Pembina Penggalang pada Gudep 13.175 – 13.176 Pengkalan SMP Negeri 3 Malangbong untuk menjalankan aktivitas atau kegiatan kepramukaan di lingkungan SMP Negeri 3 Malangbong. Diharapkan dengan selesainya penyusunan program kerja ini maka pelaksanaan kegiatan kepramukaan pada Gudep 13.175 – 13.176 Pangkalan SMP Negeri 3 Malangbong dapat terarah, terencana dan berhasil dengan baik. Sehingga peningkatan mutu pendidikan kepramukaan yang merupakan tujuan pendidikan kepramukaan di Gudep 13.175 – 13.176 Pangkalan SMP Negeri 3 Malangbong dapat tercapai dengan baik.

 

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada :

 

1.      Bapak Kepala SMP Negeri 3 Malangbong beserta kepala Urusan yang ada di SMP Negeri 3 Malangbong

2.      Unsur Pembina dan Pembantu Pembina pada Gudep 13.175 – 13.176 Pangkalan SMP Negeri 3 Malangbong

3.      Semua anggota pramuka penggalan pada Gudep 13.175 – 13.176 Pangkalan SMP Negeri 3 Malangbong

 

Kami menyadari bahwa dalam penyusuan program kerja ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu saran dan kritik yang membangun akan kami harapkan demi kesempurnaan program kerja Gudep 13.175 – 13.176 Pangkalan SMP Negeri 3 Malangbong. Akhirnya semoga program kerja ini bermanfaat bagi kita semua.

 

Malangbong, Juli 2022

Team Penyusuan


 

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL

HALAMAN PENGESAHAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I : PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

B.  Dasar Kegiatan

C.  Tujuan

D.  Sasaran

 

BAB II : PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN

A.  Program Umum Gugus Depan 13.175 – 13.176

1.   Seksi Kegiatan Operasional dan Tekspram

2.   Seksi Penelitian dan Pengembangan

3.   Seksi Sarana dan Administrasi

B.  Penjabaran Program dalam Semester

C. Penjabaran Masing-Masing Program

D. Matrik Kegiatan Dewan Kerja Penggalang

 

BAB III : ORGANISASI

A.  Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan

B.  Susunan Pengurus Dewan Penggalang

C.  Dewan Kehormatan Penggalang

D. Struktur Organisasi Gudep 13.175 – 13.176

E.  BAB IV : PENUTUP


 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.   Latar Belakang

Gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga. Sebagai satu-satunya kegiatan kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik pada sikap yang baik. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain. Pendek kata diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.

 

Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka yang tergabung dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antara siswa didik sebagai anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus depan. Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik.

 

Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah, perlu disusun suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala sesuatu yang dapat mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut. Program kerja sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah merupakan acuan yang wajib dilaksa- nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.


 

 

B.   Dasar Kegiatan

Yang menjadi dasar penyusunan program kerja gugus depan pramuka adalah:

 

1.      Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka

2.      Keputusan Munas No. 11/Munas/2013 Tahun 2013 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka

3.      SK Gerakan Pramuka No. 220 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pokok-pokok Organisasi Gerakan Pramuka

4.      SK Gerakan Pramuka No. 231 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugesdepan Gerakan Pramuka

5.      SK Gerakan Pramuka No. 202 Tahun 2011 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Sistem Pendidikan dan Latihan Gerakan Pramuka

6.      Program kerja sekolah yang dijabarkan dalam program kerja Gerakan Pramuka Gugus Depan 13.175 – 13.176 Pangkalan SMP Negeri 3 Malangbong tahun pelajaran 2022 / 2023

 

C.   Tujuan

Tujuan yang hendak dicapai dengan disusunnya program kerja ini:

 

1.      Untuk memberikan arahan kepada Pelaksana Gugus Depan 13.175 – 13.176 dalam melaksanakan kegiatan selama satu periode.

2.      Sebagai sarana untuk peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di SMP Negeri 3 Malangbong.

 

D.   Sasaran

Sasaran pelaksanaan program kerja ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam suatu gugus depan yang meliputi:

 

1.      Unsur Majelis Pembimbing Gugus Depan 13.175 – 13.176 (Mabigus) yang diketuai oleh Kepala Sekolah sebagai penguasa tertinggi di SMP Negeri 3 Malangbong yang dibantu oleh Wakil Kepala, Urusan Kurikulum, Urusan Kesiswaan,Urusan Humas dan Urusan Sarana Prasarana.

2.      Unsur Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana kegiatan secara teknis dalam suatu Gugus Depan yang meliputi Instruktur Pramuka, pelatih atau anggota pramuka yang minimal mempunyai sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD)

3.      Para pembantu pembina yang meliputi anggota penegak, pandega dan unsur lain yang mempunyai keinginan untuk menjadi anggota pramuka dengan baik.

4.      Peserta didik (Penggalang) yang menjadi obyek pendidikan kepramukaan di sekolah.


 

 

BAB II

PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN

 

 

Program kerja gugus depan 13.175 – 13.176 pangkalan SMP Negeri 3 Malangbong dapat dijelaskan dan dirinci sebagai berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan program. Masing-masing kelompok program terbagi dalam beberapa bidang kegiatan. Adapun pembagian kelompok program tersebut adalah sebagai berikut:

 

A.   Program Umum Gugus Depan 13.175 – 13.176

 

1.   Seksi Kegiatan Operasional dan Tekspram

a.   Pencapaian SKU

b.   Pencapaian SKK

·          1) 2 macam SKK Agama

·          2) 2 macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya

·          3) 2 macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan

·          4) 2 macam SKK Ketrampilan dan Teknik Pembangunan

·          5) 2 macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup

 

c.   Peningkatan mutu latihan pramuka penggalang meliputi jenjang:

·          1) Ramu

·          2) Rakit

·          3) terap

d.   Gladian Pemimpin Regu ( 1 kali )

e.   Perkemahan Sabtu Minggu ( 2 kali )

f.   Penjelajahan dan Survival Game (OUT BOUND)

g.   Perkemahan Jauh dan Pengembaraan ( 1 kali )

h.   Lomba Tingkat I ( 1 kali )

i.   Bakti Masyarakat ( 2 kali )

j.   Pengiriman regu penggalang ke tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun

Kwartir Nasional

k.   Kegiatan dengan gugus depan lain ( latihan gabungan )

l.   Musyawarah Gugus Depan

 

 

2.   Seksi Penelitian dan Pengembangan

 

·          Pengiriman pembina untuk kegiatan Kursus Pembina yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang

·          Pengiriman pembina untuk pertemuan-pertemuan yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang

·          Pertemuan-pertemuan Gugus Depan yang dihadiri oleh MABIGUS

 

3.   Seksi Sarana dan Administrasi

Mengusahakan tersedianya kelengkapan administrasi dan sarana penunjang kegiatan Gugus Depan yang meliputi :

 

1.      Buku Induk Gugus Depan

2.      Stempel Gugus Depan

3.      Buku Jurnal Kegiatan Harian / Mingguan

4.      Buku Administrasi Keuangan

5.      Daftar Inventaris Gugus Depan

6.      Buku Tamu Gugus Depan

7.      Laporan Semester Gugus Depan

8.      Catatan Peristiwa Penting Gugus Depan (Log Book)

9.      Pengadaan Tenda Pramuka

10.      Pengadaan alat pionering yang meliputi tali dan tongkat pramuka

11.      Bendera Gugus Depan yang meliputi:Bendera Tunas Kelapa, Bendera Pramuka Sedunia dan Bendera Semaphore dan Morse

12.      Papan Nama Gugus Depan.

13.      Sanggar Bakti Pramuka

 

4.   Bidang Keuangan

Penggalian dana kegiatan yang meliputi:

 

·          a. Iuran peserta didik

·          b. Sumbangan dari MABIGUS

·          c. Sumbangan lain yang tidak mengikat

 

B.   Penjabaran Program dalam Semester

Penjabaran program dalam semester gugus depan 13.175 – 13.176 pangkalan SMP Negeri 3 Malangbong dapat dijabarkan sebagai berikut:

PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GANJIL

Bulan : Juli 2022 sampai dengan Desember 2022

 

No

KEGIATAN

BULAN KE

KET.

1

2

3

4

5

6

1.

Penerimaan anggota pasukan

X

 

 

 

 

 

 

2.

Latihan SKU Penggalang

X

X

X

X

X

X

 

3.

Ujian SKU Penggalang Ramu

 

X

X

X

 

 

 

4.

Ujian SKU Penggalang Rakit

 

 

X

X

X

 

 

5.

Ujian SKU Penggalang Terap

 

 

 

X

X

X

 

6.

Ujian SKK

X

X

X

X

X

X

 

7.

Gladian Pemimpin Regu

 

 

X

 

 

 

 

8.

Perkemahan Dekat ( Persami )

 

X

 

 

X

 

 

9.

Penjelajahan dan Halang Rintang

 

 

X

 

 

 

 

10.

Bakti Masyarakat

 

 

 

 

X

 

 

11.

Latihan gabungan

 

X

 

 

X

 

 

12.

Lomba Tingkat I

 

 

 

 

 

X

 

13.

Laporan Semester ke Kwartir Ranting

 

 

 

 

 

X

 

14.

Iuran anggota

X

X

X

X

X

X

 

 

15

Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional

 

 

 

 

 

 

 

menyesuaikan

 

PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GENAP

Bulan : Januari 2023 sampai dengan JUNI 2023

 

No

KEGIATAN

BULAN KE

KET.

1

2

3

4

5

6

1.

Latihan SKU Penggalang

X

X

X

X

X

 

 

2.

Ujian SKU Penggalang Ramu

X

X

X

X

 

 

 

3.

Ujian SKU Penggalang Rakit

 

 

X

X

X

 

 

4.

Ujian SKU Penggalang Terap

 

 

 

X

X

 

 

5.

Ujian SKK

 

X

X

X

X

X

 

6.

Gladian Pemimpin Regu

 

 

 

 

 

X

 

7.

Perkemahan Dekat ( Persami )

 

 

 

X

 

 

 

8.

Penjelajahan dan Halang Rintang

 

X

 

 

X

 

 

9.

Bakti Masyarakat

 

 

 

 

 

X

 

10.

Latihan gabungan

 

 

 

 

X

 

 

11.

Laporan Semester ke Kwartir Ranting

 

 

 

 

 

X

 

12.

Iuran anggota

X

X

X

X

X

X

 

13.

Pemilihan pramuka terbaik

 

 

 

 

X

 

 

14.

Musyawarah Gugus Depan

 

 

 

 

 

X

 

15.

Perkemahan jauh dan Pengembaraan

 

 

 

 

 

X

 

 

16.

Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional

 

 

 

 

 

 

 

menyesuaikan

 

C.   Penjabaran Masing-Masing Program

1.   Latihan Rutin Pramuka

Dalam melakukan kegiatan latihan rutin dapat dirinci sebagai berikut :

 

·          Latihan rutin dilakukan setiap hari Rabu dan Kamis (menyesuaikan dengan Jadwal Pelajaran), untuk Pasukan Khusus dilaksanakan ketika istirahat (+ 30 menit).

·          Latihan rutin dilakukan dengan pemberian materi SKU dan SKK beserta praktek lapangan

·          Pemberi materi adalah Pembantu Pembina (penegak) dan Pembina Pramuka.

·          Rincian materi latihan rutin adalah :

1.      PBB dan Formasi Barisan (FBB Pramuka)

2.      Pionering, tali temali, macam-macam ikatan

3.      Sandi pramuka (huruf rahasia)

4.      Pemahaman Dasa Dharma dan Tri Satya

5.      Sejarah Pramuka. Syarat Kecakapan Umum (SKU) Penggalang Ramu, Rakit dan Terap

6.      Syarat Kecakapan Khusus (SKK)

7.      PDMPK (Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan)

8.      Perkemahan Pramuka dan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan)

9.      Tanda Jejak, Survival Game dan Penjelajahan

10.  Permainan Pramuka

11.  Kegiatan lain yang berupa kegiatan insidental dan spontan

 

2.   Penggalian Dana melalui Iuran Anggota

Dalam menunjang setiap kegiatan diperlukan dana. Untuk penggalian dana dilakukan dengan mengadakan penarikan iuran pada tiap anggota setiap latihan rutin. Besarnya iuran tiap anggota adalah Rp. 1000,- sampai dengan Rp. 2.000,- (tergantung hasil keputusan Rapat Anggota dengan Dewan Kerja Penggalang).

 

3.   Musyawarah Gugus Depan

1)   Musyawarah Gugus Depan (Mugus) adalah bentuk kegiatan musyawarah yang dilakukan anggota gugus depan untuk menentukan kelangsungan hidup gugus depan.

2)   Dalam kegiatan ini dirumuskan :

1)       Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan

2)       Susunan Pembina Gugus Depan

3)       Susunan Pengurus Gugus Depan (Dewan Kerja Penggalang)

3)   Peserta dalam kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS) adalah:

 

1)       Perwakilan Anggota yang meliputi Pinru dan Wapinru setiap regu

2)       Pemimpin Regu Utama (Pratama) putra dan putri

3)       Pembina pramuka

4)       Pembantu pembina yang terdiri para pramuka penegak

5)       Unsur Mejelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kaur

6)       Unsur Komite Sekolah

7)       Unsur Tokoh Masyarakat sekitar Gugus Depan

8)       Unsur Kwartir Ranting diantaranya Andalan Ranting Urusan Penggalang

 

4)   Kegiatan ini bisa dilakukan bersamaan dalam bentuk kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu di sekolahan.

 

4.   Kegiatan Perkemahan

a.   Perkemahan Sehari (Persari)

Kegiatan Persari dilaksanakan pada bulan kedua dan kelima pada masing-masing semester

Kegiatan ini biasanya dimulai pukul 07.00 WIB dan diakhiri pada pukul 15.00 WIB (dalam satu hari)

Kegiatan ini meliputi :

  Penjelajahan dan halang rintang

  Kegiatan latihan gabungan

  Kegiatan kunjungan ke tempat rekreasi

  Latihan Dasar Kepemimpinan

  Lomba Tingkat I

 

b.   Perkemahan Dekat (di Sekolah)

 

1.      Kegiatan Perkajum dilaksanakan pada bulan ke empat tiap-tiap semester

2.      Bentuk kegiatan adalah kegiatan Perkemahan kamis jum’at yang dimulai pada pukul 14.30 WIB (Sabtu) dan diakhiri pada pukul 09.00 WIB (Minggu)

3.      Macam-macam kegiatan yang dapat dimasukkan dalam kegiatan Perkajum adalah :

o     Penerimaan tamu pasukan (anggota baru)

o     Kegiatan Pelantikan Kenaikan Tingkat

o     Kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS)

o     Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)

c.    Perkemahan Jauh (di luar sekolah/diluar kabupaten)

1.      Kegiatan ini dilakukan pada Akhir Semester

2.      Pada semester ganjil (pertama) kegiatan ini ditempatkan di wisata dalam kecamatan Malangbong, sedang pada semester genap (kedua) ditempatkan pada lokasi perkemahan yang berada di luar Kecamatan Malangbong.

3.      Waktu melakukan kegiatan ini adalah minimal 2 hari maksimal 3 hari

4.      Kegiatan yang dapat dimasukkan pada kegiatan ini adalah:

o     Kegiatan Bakti Masyarakat

o     Kegiatan Kemah Wisata (Jambore)

o     Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)

o     Kegiatan Lomba Tingkat I

o     Kegiatan Pengembaraan atau Kemah Beranting

o     Gladian Pemimpin Regu

5.      Laporan Rutin Ke Kwartir Ranting

o     Kegiatan ini dilakukan pada tiap bulan

o     Hal-hal yang dilaporkan adalah keadaan gugus depan yang meliputi keanggota gugus depan dan kegiatan yang telah dilakukan gugus depan pada kurun waktu tertentu.

6.      Kegiatan Insidental

o     Kegiatan ini dilakukan diluar program yang tidak mengikat

o     Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan

o     Macam kegiatan dalam kegiatan ini adalah

1.      Kegiatan kunjungan ke anggota gugus depan karena sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain (berdasar undangan)

2.      Mengikuti kegiatan yang berasal dari luar gugus depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas dan gudep lain)

 

D.   Matrik Kegiatan Dewan Kerja Penggalang

Program kerja Dewan Kerja Penggalang gudep 13.175 – 13.176 SMP Negeri 3 Malangbong dapat dijabarkan dalam matrik kegiatan. Adapun matrik kegiatan Dewan Kerja Penggalang Gudep 13.175 – 13.176 adalah sebagai berikut: (TERLAMPIR)


 

BAB III

ORGANISASI

 

A.   Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan

Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) disusun berdasarkan jabatan dinas di suatu gugus depan. Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) terdiri dari unsur pejabat di sekolah tempat gugus depan tersebut berada. Adapun susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan dapat dijabarkan sebagai berikut :

 

1.              Ketua : Nining Sariningsih, S.Pd  (Kepala Sekolah)

2.              Anggota :                                                    (Kaur Kurikulum)

3.              Anggota :                                                    (Kaur Kesiswaan)

4.              Anggota :                                                    (Kaur Sarana Prasarana)

5.              Anggota :                                                     (Kaur Humas)

6.              Anggota : Atep Arasid. S.Pd                   (Pembina Harian Putra)

7.              Anggota : Nurul Intan S.Pd                       (Pembina Harian Putri)

 

B.   Susunan Pengurus Dewan Penggalang

Dewan Kerja Penggalang pada prinsipnya adalah dewan kerja gugus depan yang bertugas melaksanakan kegiatan kepramukaan di lingkungan gugus depan. Dewan kerja bertugas membantu pembina pramuka dalam menjalankan aktivitas kepramukaan. Disamping itu Dewan Kerja Penggalang juga berfungsi panitia kegiatan untuk kegiatan-kegiatan kepramukaan yang bersifat kecil, mendadak, atau rutin. Sedang untuk kegiatan yang bersifat besar atau insidental dibentuk panitia kegiatan tersendiri.

 

Unsur yang membentuk Dewan Kerja Penggalang terdiri dari pemimpin regu utama (pratama), pemimpin regu (pinru) dan wakil pemimpin regu (wapinru), serta anggota pramuka yang dianggap cakap. Adapun susunan pengurus Dewan Kerja Penggalang Gudep 13.175 – 13.176  SMP Negeri 3 Malangbong sebagai berikut:

 

 

1.              Ketua : ...................................(kelas........)       (Putra / Putri )

2.              Wakil Ketua :  ................................... (kelas........)

3.              Sekretaris I :  ................................... (kelas........)

4.              Sekretaris II : ................................... (kelas........)

5.              Bendahara I ................................... (kelas........)

6.              Bendahara II : ................................... (kelas........)

7.              Seksi-Seksi :

 

a.   Bidang Kegiatan dan Operasional Teknik Kepramukaan (Giatoptekpram):

 

1.      ............................................. (kelas.........)

2.      ............................................. (kelas.........)

3.      ............................................. (kelas.........)

4.      ............................................. (kelas.........)

 

b.   Bidang Adminsitrasi dan Organisasi

 

1.      ............................................. (kelas.........)

2.      ............................................. (kelas.........)

3.      ............................................. (kelas.........)

4.      ............................................. (kelas.........)

 

c.   Bidang Hubungan Masyarakat

 

1.      ............................................. (kelas.........)

2.      ............................................. (kelas.........)

3.      ............................................. (kelas.........)

4.      ............................................. (kelas.........)

 

d.   Bidang Peralatan

 

1.      ............................................. (kelas.........)

2.      ............................................. (kelas.........)

3.      ............................................. (kelas.........)

4.      ............................................. (kelas.........)

 

C.   Dewan Kehormatan Penggalang

Dewan Kehormatan Penggalang terdiri atas anggota pramuka yang sudah mencapai Terap dan sudah kelas III. Dewan Kehormatan bekerja jika diperlukan dalam kegiatan insidental. Dewan Kehormatan Penggalang mempunyai tugas memberikan masukan, saran atau nasehat serta membantu pembina dalam memberikan

 

 

penilaian terhadap kinerja Dewan Kerja Penggalang. Adapun susunan Dewan Kehormatan Penggalang adalah :

 

1.              Ketua : ............................................

2.              Anggota :  ............................................

3.              Anggota :  ............................................

4.              Anggota :  ............................................

5.              Anggota :  ............................................

6.              Anggota :  ............................................

7.              Anggota :  ............................................

8.              Anggota :  ............................................

9.              Anggota :  ............................................

10.       Anggota :  ............................................

11.       Anggota ............................................

 

 

 

 

D.   Struktur Organisasi Gudep 13.175 – 13.176

 

Mabigus

Pembina

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dewan Penggalang

Dewan Kehormatan

 

 


                                   

 

 

 

 

Pramuka Penggalang

 

 

 

 

 

 

 


 

 


BAB IV

PENUTUP

 

Demikian program kerja Gugus Depan 13.175 – 13.176 Pangkalan SMP Negeri 3 Malangbong tersusun, dengan harapan dapat menjadi acuan bagi gerak dan kerja pramuka di gugus depan. Disamping itu program kerja ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi sekolah dalam menentukan kebijakan yang berhubungan dengan kegiatan kepramukaan pada SMP Negeri 3 Malangbong.

 

Perlu disadari bahwa dalam penyusunan program kerja ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu saran dan kritik sangat diharapkan demi perbaikan dan penyempurnaan program kerja ini. Akhirnya semoga program kerja ini dapat bermanfaat bagi semua.

 

 

Pembina Gugus depan

 

 

 

Atep Arasid. S.Pd

NTA. B-090501341

Tidak ada komentar:

Dokumen Kurikulum MTs ma`arif 4 Malangbong tahun 2024 - 2025

  BAB I PENDAHULUAN   1.1.   LATAR BELAKANG (DASAR PEMIKIRAN PENYUSUNAN KTSP) Perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, ...