Jumat, 11 September 2009

RPP Bahasa Sunda MTs

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : MTs Maarif I Malangbong
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra
Kelas / semester : VIII/I
AlokasiWaktu : 4x 40 menit

A. Setandar Kompetensi
8.3. Mampu membaca,memahami dan menanggapi berbagai wacana puisi cerita wawacan,sajak dan karangan argumentasi

B. Kompetensi Dasar
8.3.2. membaca pengalaman cerita wawacan

C. Indikator Penilaian
· Siswa dapat membaca wawacan dengan lapal,Volume suara dan intonasi yang baik
· Siswa dapat menyanyikan cerita wawacan dengan lagu lagu pupuh yang sudah lajim
· Siswa dapat menanggapui berbagai aspek cerita wawacan
· Siswa dapat menceritakan kembali isi cerita wawacan

D. Materi Pembelajaran :
Wawacan

E. Metode Pembelajaran :
1. model pembelajaran : Komunikatif
2. metoda pembelajaran : Demontrasi dan Experimen

F. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal :
Menulis tujuan pembelajaran
Apresiasi
2. Kegiatan Inti :
Pengelompokan siswa menjadi beberapa kelompok
Wakil tiap kelompok bergilir kedepan untuk menyayikan/menbacakan beberapa peragraf wacana wawacan dengan lapal volume suara dan intonasiu yang baik
Mendiskusikan cirri cirri wawacan

3. Kegiatan Akhir
Promentase
Pos Test

G. Sumber Belajar :
Buku maher basa
Majalah,Koran,beku teks disesuaikan

H. Penilaian Hasi;l Belajar :
1.Metoda : Tugas individu dan kelompok
2.Bentuk : Pengamatan ,Pragaan dan laporan
3.Intrumen :
§ Pek baca wawacan kalawan make lentong jang sora anu hade
§ Pek tembangken wawacan make lagu anu hade
§ Pek titenan unsure unsure carita naon bae anu aya dina wawacan teh
§ Caritaken dei isi carita wawacan make bahasa sorangan

Mengetahui
Kepala MTs Maarif I Malangbong



ATEP ARASID S.Pd
Malangbong Juli 2009
Guru mata pelajaran



ASEP NURZAMAN S.Pd.I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : MTs Maarif I Malangbong
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra
Kelas / semester : VIII/I
AlokasiWaktu : 4x 40 menit

A. Standar Kompetensi
8.4. Mampu mengungkapkan pikiran dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis sisindiran,surat,esey,laporan dan guguritan.

B. Kompetensi Dasar
8.4.2. Nulis surat.

C. Indikator Penilaian
· Siswa dapat mengidentipikasi surat peribadi
· Siswa dapat menulis salam pembukaan surat yang baik.
· Siswa dapat menulis pembukaan suran yang baik dan santun
· Siswa dapat menjelaskan atau memberitaukan sesuatu dengan jelas
· Dapat memperbaiki dan menyempurnakan surat Pribadi

D. Materi Pembelajaran :
Surat Pribadi

E. Metode Pembelajaran :
1. model pembelajaran : Komunikatif
2. metoda pembelajaran : Diskusi,Tanyajawab,Tugas

F. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal :
Menulis tujuan pembelajaran
Mengkondisikan siswa
2. Kegiatan Inti :
Membaca contoh surat Pribadi
Menerangkan bagian bagian surat Pribadi
Menyusun surat Pribadi
Membaca surat Pribadi yang sudah disusun

3. Kegiatan Akhir
Pos Test
G. Sumber Belajar :
Buku maher basa VIII
Majalah,Koran,buku teks disesuaikan

H. Penilaian Hasi;l Belajar :
1.Metoda : Test,non Test
2.Bentuk : Lisan,Tulisan, Pragaan dan Pengamatan
3.Intrumen :
§ Sebetken naon naon bae surat Pribadi
§ Pek jieun conto Surat Pribadi
§ Gunakeun Bahasa nu sopan dina nulis bubuka surat
§ Pek jieun surat pribadi keur ka babaturan anu eusina netelakeun yen mun libur rek dating ka dinya

Mengetahui
Kepala MTs Maarif I Malangbong




ATEP ARASID S.Pd
Malangbong Juli 2009
Guru mata pelajaran




ASEP NURZAMAN S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah :MTs Maarif I Malangbong
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra
Kelas / semester : VIII/I
AlokasiWaktu : 4x 40 menit

A. Setandar Kompetensi
8.2. Mampu mengungkapkan pikiran perasaan dan pikiran secara lisan dalam berwawancara,berdiskusi

B. Kompetensi Dasar
8.2.3. Menyampaikan inpormasi

C. Indikator Penilaian
· Siswa dapat menyusun pokok pokok inpormasi yang diperoleh dari sumber inpormasi
· Siswa dapat meyampaikan Inpormasi yang jelas dan utuh
· Siswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan
· Siswa dapat memperbaiki atau menyempurnakan penyampaian inpormasi

D. Materi Pembelajaran :
Inpormasi

E. Metode Pembelajaran :
1. model pembelajaran : Komunikatif
2. metoda pembelajaran : Tugas Individu,Tanya Jaab dan laporan

F. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal :
Menulis tujuan pembelajaran
Mengkondisikan siswa
2. Kegiatan Inti :
Memberi contoh In[pormasi yang baik
Membagikan guntingan Koran yang isinya mengandung Inpormasi
Menyusun pokok pokok Inpormasi dan guntingan Koran dan majalah

3. Kegiatan Akhir
Pos Test
Prosentasi
G. Sumber Belajar :
Buku maher basa VIII
Majalah,Koran,

H. Penilaian Hasi;l Belajar :
1.Metoda : Test,non Test
2.Bentuk : Pragaan, Pengamatan dan laporan
3.Intrumen :
§ Teangan deui Inpormasi tina Koran atawa berita,radio jeung televisi
tulis pokok pokokna
§ Pek bagilir tepikeun Inpormasi diharepen kelas kulisan anu merenah
§ Hal hal naon bae anu kudu aya upama urang rek nepikeun inpormasi

Mengetahui
Kepala MTs Maarif I Malangbong




ATEP ARASID S.Pd
Malangbong Juli 2009
Guru mata pelajaran




ASEP NURZAMAN S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Dokumen Kurikulum MTs ma`arif 4 Malangbong tahun 2024 - 2025

  BAB I PENDAHULUAN   1.1.   LATAR BELAKANG (DASAR PEMIKIRAN PENYUSUNAN KTSP) Perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, ...