RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MTs Maarif I Malangbong
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra
Kelas / semester : VIII/I
AlokasiWaktu : 4x 40 menit
A. Setandar Kompetensi
8.3. Mampu membaca,memahami dan menanggapi berbagai wacana puisi cerita wawacan,sajak dan karangan argumentasi
B. Kompetensi Dasar
8.3.2. membaca pengalaman cerita wawacan
C. Indikator Penilaian
· Siswa dapat membaca wawacan dengan lapal,Volume suara dan intonasi yang baik
· Siswa dapat menyanyikan cerita wawacan dengan lagu lagu pupuh yang sudah lajim
· Siswa dapat menanggapui berbagai aspek cerita wawacan
· Siswa dapat menceritakan kembali isi cerita wawacan
D. Materi Pembelajaran :
Wawacan
E. Metode Pembelajaran :
1. model pembelajaran : Komunikatif
2. metoda pembelajaran : Demontrasi dan Experimen
F. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal :
Menulis tujuan pembelajaran
Apresiasi
2. Kegiatan Inti :
Pengelompokan siswa menjadi beberapa kelompok
Wakil tiap kelompok bergilir kedepan untuk menyayikan/menbacakan beberapa peragraf wacana wawacan dengan lapal volume suara dan intonasiu yang baik
Mendiskusikan cirri cirri wawacan
3. Kegiatan Akhir
Promentase
Pos Test
G. Sumber Belajar :
Buku maher basa
Majalah,Koran,beku teks disesuaikan
H. Penilaian Hasi;l Belajar :
1.Metoda : Tugas individu dan kelompok
2.Bentuk : Pengamatan ,Pragaan dan laporan
3.Intrumen :
§ Pek baca wawacan kalawan make lentong jang sora anu hade
§ Pek tembangken wawacan make lagu anu hade
§ Pek titenan unsure unsure carita naon bae anu aya dina wawacan teh
§ Caritaken dei isi carita wawacan make bahasa sorangan
Mengetahui
Kepala MTs Maarif I Malangbong
ATEP ARASID S.Pd
Malangbong Juli 2009
Guru mata pelajaran
ASEP NURZAMAN S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MTs Maarif I Malangbong
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra
Kelas / semester : VIII/I
AlokasiWaktu : 4x 40 menit
A. Standar Kompetensi
8.4. Mampu mengungkapkan pikiran dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis sisindiran,surat,esey,laporan dan guguritan.
B. Kompetensi Dasar
8.4.2. Nulis surat.
C. Indikator Penilaian
· Siswa dapat mengidentipikasi surat peribadi
· Siswa dapat menulis salam pembukaan surat yang baik.
· Siswa dapat menulis pembukaan suran yang baik dan santun
· Siswa dapat menjelaskan atau memberitaukan sesuatu dengan jelas
· Dapat memperbaiki dan menyempurnakan surat Pribadi
D. Materi Pembelajaran :
Surat Pribadi
E. Metode Pembelajaran :
1. model pembelajaran : Komunikatif
2. metoda pembelajaran : Diskusi,Tanyajawab,Tugas
F. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal :
Menulis tujuan pembelajaran
Mengkondisikan siswa
2. Kegiatan Inti :
Membaca contoh surat Pribadi
Menerangkan bagian bagian surat Pribadi
Menyusun surat Pribadi
Membaca surat Pribadi yang sudah disusun
3. Kegiatan Akhir
Pos Test
G. Sumber Belajar :
Buku maher basa VIII
Majalah,Koran,buku teks disesuaikan
H. Penilaian Hasi;l Belajar :
1.Metoda : Test,non Test
2.Bentuk : Lisan,Tulisan, Pragaan dan Pengamatan
3.Intrumen :
§ Sebetken naon naon bae surat Pribadi
§ Pek jieun conto Surat Pribadi
§ Gunakeun Bahasa nu sopan dina nulis bubuka surat
§ Pek jieun surat pribadi keur ka babaturan anu eusina netelakeun yen mun libur rek dating ka dinya
Mengetahui
Kepala MTs Maarif I Malangbong
ATEP ARASID S.Pd
Malangbong Juli 2009
Guru mata pelajaran
ASEP NURZAMAN S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :MTs Maarif I Malangbong
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra
Kelas / semester : VIII/I
AlokasiWaktu : 4x 40 menit
A. Setandar Kompetensi
8.2. Mampu mengungkapkan pikiran perasaan dan pikiran secara lisan dalam berwawancara,berdiskusi
B. Kompetensi Dasar
8.2.3. Menyampaikan inpormasi
C. Indikator Penilaian
· Siswa dapat menyusun pokok pokok inpormasi yang diperoleh dari sumber inpormasi
· Siswa dapat meyampaikan Inpormasi yang jelas dan utuh
· Siswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan
· Siswa dapat memperbaiki atau menyempurnakan penyampaian inpormasi
D. Materi Pembelajaran :
Inpormasi
E. Metode Pembelajaran :
1. model pembelajaran : Komunikatif
2. metoda pembelajaran : Tugas Individu,Tanya Jaab dan laporan
F. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal :
Menulis tujuan pembelajaran
Mengkondisikan siswa
2. Kegiatan Inti :
Memberi contoh In[pormasi yang baik
Membagikan guntingan Koran yang isinya mengandung Inpormasi
Menyusun pokok pokok Inpormasi dan guntingan Koran dan majalah
3. Kegiatan Akhir
Pos Test
Prosentasi
G. Sumber Belajar :
Buku maher basa VIII
Majalah,Koran,
H. Penilaian Hasi;l Belajar :
1.Metoda : Test,non Test
2.Bentuk : Pragaan, Pengamatan dan laporan
3.Intrumen :
§ Teangan deui Inpormasi tina Koran atawa berita,radio jeung televisi
tulis pokok pokokna
§ Pek bagilir tepikeun Inpormasi diharepen kelas kulisan anu merenah
§ Hal hal naon bae anu kudu aya upama urang rek nepikeun inpormasi
Mengetahui
Kepala MTs Maarif I Malangbong
ATEP ARASID S.Pd
Malangbong Juli 2009
Guru mata pelajaran
ASEP NURZAMAN S.Pd.I
Jumat, 11 September 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Dokumen Kurikulum MTs ma`arif 4 Malangbong tahun 2024 - 2025
BAB I PENDAHULUAN 1.1. LATAR BELAKANG (DASAR PEMIKIRAN PENYUSUNAN KTSP) Perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, ...
-
Kalender Pendidikan tahun 1992 Kalender Pendidikan tahun 1993 Kalender Pendidikan tahun 1994 Kalender Pendidikan tahun 1995 Kale...
-
PROLOG API UNGGUN YAA ALLAH YAA TUHAN KAMI AMPUNILAH SEGALA DOSA-DOSA KAMI DAN SEGALA KEHILAFAN KAMI. YAA ALLAH YA GHOFUR, YAA RAHMAANU...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar