Pengenalan
Terhadap EDS/M dan Instrumen EDS/M
Tujuan Sesi
Setelah
mengikuti sesi ini, peserta diharapkan mampu :
Menjelaskan Konsep EDS/M.
Menggunakan Instrumen EDS/M.
Memahami Strategi Implementasi EDS/M.
Pokok Bahasan
1.Konsep
EDS/M.
2.Instrumen
EDS/M.
3.Strategi
Implementasi EDS/M.
Latihan
1.2.1
1.Baca cepat Bacaan Latihan 1.2.1 – Panduan EDS/M (7’).
2.Gunakan Lembar Kerja Latihan 1 untuk memandu dan merekam hasil bacaan Anda (4’).
3.Ceritakan jawaban Anda kepada peserta lain (3’).
Pengertian EDS/M
Evaluasi diri
sekolah/madrasah atau
EDS/M adalah proses evaluasi diri sekolah/madrasah yang bersifat internal yang
melibatkan pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah/madrasah
berdasarkan SPM dan SNP yang hasilnya dipakai sebagai dasar penyusunan RKS/M
dan sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat
kabupaten/kota
Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah
Evaluasi:
•Penerapan standar mutu.
•Identifikasi dan pengumpulan data mutu.
•Pengolahan dan analisis data mutu.
•Penyimpulan hasil EDS/M.
Diri: àInternal sekolah/madrasah.
Sekolah/Madrasah: à Tim pengembang sekolah/madrasah.
Tujuan EDS/M
Sekolah/madrasah menilai kinerjanya berdasarkan SPM dan SNP.
Sekolah/madrasah mengetahui tahapan pengembangan dalam pencapaian SPM dan SNP sebagai dasar peningkatan mutu pendidikan yang bermuara pada peningkatan mutu peserta didik.
Sekolah/madrasah dapat menyusun Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah (RPS/M) atau Rencana Kegiatan Sekolah/Madrasah (RKS/M) sesuai kebutuhan nyata menuju ketercapaian implementasi SPM dan SNP.
Manfaat EDS/M bagi Sekolah/Madrasah
üMengidentifikasikan kelebihan serta kekurangannya sendiri dan
merencanakan pengembangan ke depan.
üMemiliki data dasar yang akurat untuk pengembangan dan
peningkatan di masa mendatang.
üMengidentifikasikan peluang untuk meningkatkan mutu pendidikan
yang disediakan, mengkaji apakah inisiatif peningkatan tersebut berjalan dengan
baik dan menyesuaikan program sesuai dengan hasilnya.
üMemberikan laporan formal kepada pemangku kepentingan demi
meningkatkan akuntabilitas sekolah/madrasah.
Kapan EDS/M Sebaiknya Dilaksanakan?
ØSekolah/madrasah melakukan EDS/M setiap tahun.
ØSekolah/madrasah melakukan EDS/M pada waktu pergantian tahun ajaran.
ØSekolah/madrasah mencatat dan melaporkan setiap ada perubahan (penurunan atau perbaikan) indikator standar.
ØSekolah/madrasah meng-update data ketika menyusun program dan anggaran sekolah/ madrasah.
Ø
Ø
Ø
Rujukan EDS/M
Keterkaitan EDS/M dengan Penjaminan Mutu
Siklus Pengembangan Berkelanjutan
Jenis dan Sumber Data EDS/M
Jenis data:
1.Kuantitatif
2.Kualitatif
Sumber data:
1.Statistik sekolah/ madrasah
2.Laporan tahunan
3.Laporan semester
4.Dokumen lain
Pelaksana EDS/M
Kepala sekolah/madrasah.
Wakil guru.
Wakil orang
tua murid.
Komite sekolah/madrasah.
Pengawas sekolah/madrasah (sebagai pembimbing).
Instrumen EDS/M
1. Bukti-Bukti Fisik
Digunakan
sebagai bahan dasar untuk menggambarkan kondisi sekolah/madrasah terkait
indikator yang dinilai.
Sumber
informasi misalnya catatan kajian, hasil observasi, dan hasil
wawancara/konsultasi dengan komite, orangtua, guru-guru, siswa, dll.
Berbagai
jenis bukti fisik dapat digunakan sebagai bukti tahapan pengembangan
tertentu.
Informasi
yang dikumpulkan berdasarkan bukti fisik tersebut dipastikan keakuratannya
melalui proses triangulasi.
2. Deskripsi Indikator
Kolom ini berisi uraian singkat yang menjelaskan situasi
nyata yang terjadi di sekolah/madrasah sesuai dengan indikator pada setiap
komponen.
Deskripsi indikator yang menggambarkan kondisi nyata dan
spesifik akan memudahkan sekolah/ madrasah dalam menyusun rekomendasi untuk
perbaikan maupun peningkatan, sekaligus menentukan rencana pengembangan
berdasarkan rekomendasi dan prioritas sekolah/madrasah.
3. Tahapan Pengembangan
Tahap
ke-1; belum memenuhi SPM.
Kinerja sekolah/madrasah mempunyai banyak kelemahan dan membutuhkan banyak perbaikan.
Tahap
ke-2; memenuhi SPM.
Terdapat beberapa kekuatan dan
kelemahan tetapi masih sangat butuh perbaikan.
Tahap
ke-3; memenuhi SNP.
Kinerja sekolah/madrasah baik, namun masih perlu peningkatan.
Tahap
ke-4; melampaui SNP.
Kinerja sekolah/madrasah sangat baik, melampaui standar
yang telah ditetapkan.
4. Rekomendasi
Rekomendasi
ditulis berdasarkan bukti fisik, deskripsi, dan tahapan pengembangan untuk
setiap indikator.
Rekomendasi
tidak hanya difokuskan pada indikator yang dianggap lemah namun juga disusun
untuk setiap indikator yang telah mencapai SNP.
Rekomendasi
ini kemudian direkap sebagai dasar masukan dalam penyusunan RKS/M.
Sekolah/madrasah
perlu memastikan bahwa rekomendasi ini sungguh-sungguh berbasis hasil evaluasi
diri.
Latihan
1.2.2.
1.Baca cepat Bacaan Latihan 1.2.2 - Instrumen EDS/M (10’)
2.Lakukan EDS/M dengan mengerjakan 3 indikator
(15’).
3.Ceritakan jawaban Anda kepada peserta lain (5’).
Penutup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar