FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN HARIAN 2 SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Jenis sekolah : MTs Ma`arif 1 Malangbong Jumlah soal : 10
Mata pelajaran :IPS Bentuk soal/tes : Essay
Kurikulum : KTSP
Kelas/Smt. : 9/1 Penyusun : Atep Arasid,S.Pd.
Alokasi waktu : 80 menit
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Bobot
Soal
|
1
|
Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan
|
Mengidentifikasi usaha
perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
|
Faktor
–faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda
|
·
Peserta didik dapat menyebutkan faktor
penyebab utama terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda
|
1
|
Essay
|
Mudah /C1
|
|
|
|
|
· Peserta
didik dapat mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya peristiwa Bandung
Lautan Api
|
2
|
PG
|
Sedang / C2
|
|
|
|
·
Peran dunia
internasional dalam konflik Indonesia- Belanda membantu penyelesaian konflik
|
·
Peserta didik dapat mengidentifikasi tiga
negara yang tergabung dalam Komite Tiga Negara bentukan DK PBB
|
3
|
PG
|
Sedang / C1
|
|
|
|
|
·
Peserta didik dapat menjelaskan arti
penting Konferensi Asia di New Delhi tanggal 20-25 Januari 1949 bagi
perjuangan bangsa Indonesia
|
4
|
PG
|
Sedang / C2
|
|
|
|
Pengaruh
konflik Indonesia –Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan Republik
Indonesia
|
·
Disajikan peta wilayah Republik
IndonesiaPeserta didik dapat
menunjukkan wilayah Indonesia berdasarkan hasil perundingan
Linggarjati
|
5
|
PG
|
Sukar / C3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Memahami usaha
mempertahankan kemerdekaan
|
Mendeskripsikan perisiwa-peristiwa politik dan ekonomi
Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
|
·
Proses kembalinya Republik Indonesia sebagai
negara kesatuan
·
Kehidupan
ekonomi masyarakat Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
·
Berbagai peristiwa yang berhubungan dengan
Pemilihan Umum 1955 di tingkat pusat dan daerah
·
Dekrit Presiden 5 Juli 1955 dan pengaruh yang
ditimbulkannya
·
Dampak persoalan hubungan pusat daerah
persaingan ideologis ,dan pergolakan sosial politik lainnya terhadap
kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960 an
|
·
Peserta didik dapat menyebutkan tiga faktor yang mempengaruhi proses
kembalinya RIS menjadi NKRI
·
Peserta didik dapat menjelaskan tujuan dari kebijakan Indonesianisasi
·
Peserta didik dapat menyebutkan lembaga yang dipilih dalam Pemilu tahap II
tanggal 15 Desember 1955
·
Peserta didik dapat menyebutkan isi
Dekrit Presiden 5 Juli 1959
·
Peserta didik dapat menjelaskan faktor yang
menyebabkan kurang harmonisnya hubungan antara pemerintah pusat dengan
pemerintah daerah pasca pengakuan kedaulatan
|
6
7
8
9
10
|
Essay
Essay
Essay
Essay
Essay
|
|
Mengetahui,
Kepala MTs Ma’arif 1 Malangbong
N. Robi’ah. S.Pd
NIP. . 197010182007012021
|
Malangbong,
..................................
2013
Guru Mapel IPS.
Atep Arasid
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar