RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MTs Ma`arif 4
Malangbong
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester : VII (Satu) / 1
Topik : Objek
IPA dan Pengamatannya
Sub Topik : Objek IPA dan Pengamatan
Pertemuan : Ke 1
Alokasi Waktu : 3 X 40
menit ( 1 kali pertemuan )
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya..
KI
3: Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan
peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam memilih penggunaan alat dan bahan untuk menjaga kesehatan diri dan
lingkungan
2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang lain
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi perilaku menjaga
kebersihan dan kelestarian lingkungan
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai
besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai
bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku)
dalam pengukuran
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap
besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan
menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
C. INDIKATOR
þ Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab,
saling menghargai dalam kegiatan belajar
dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
þ Memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan
peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukan praktikum
pengukuran besaran pokok.
þ Menyebut kan objek yang dipelajari dalam
IPA.
þ Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.
þ Menyajikan hasil pengamatan, inferensi dan
mengkomunikasikan hasil.
þ Terampil dalam melakukan suatu kegiatan
dalam proses belajar mengajar.
þ Menjelaskan 3 komponen ketrampilan proses
meliputi: pengamatan, inferensi dan komunikasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui observasi dan diskusi
þ Siswa dapat mengembangkan perilaku
tanggung jawab,ketekunan, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja
baik secara individu maupun berkelompok.
þ Siswa dapat mengembangkan rasa ingin
tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok.
þ Siswa dapat menyebutkan objek yang
dipelajari dalam IPA.
þ Siswa dapat menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.
þ Siswa dapat menyajikan hasil pengamatan,
inferensi dan mengkomunikasikan hasil.
þ Siswa terampil dalam melakukan suatu
kegiatan dalam proses belajar mengajar.
þ Siswa dapat menjelaskan tiga komponen
ketrampilan proses meliputi: pengamatan, inferensi dan komunikasi
E. MATERI PEMBELAJARAN
þ Objek yang dipelajari dalam IPA meliputi seluruh benda di alam dengan segala
interaksinya untuk dipelajari pola-pola krteraturannya.
þ Kegunaan belajar IPA, agar kita dapat
meningkatkan kwalitas hidup, memahami berbagai
hal di sekitar kita, menyelesaikan masalah, berfikir logis dan
sistematis.
þ Pengamatan : melibatkan panca indra,
termasuk melakukan pengukuran dengan alat
ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data dan
informasi.
þ Inferensi : merumuskan penjelasan
berdasarkan pengamatan. Penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola-pola atau
hubungan- hubungan antar aspek yang diamati serta membuat prediksi.
þ Komunikasi : mengkomunikasikan hasil
penyelidikan baik lisan maupun tulisan. Hal yang dikomunikasikan termasuk data
yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan dan gambar yang relefan.
F. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Observasi
dan diskusi
Model : Problem
Based Learning
G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
þ Media : Alam sekiter kita
þ Alat dan bahan : Alat indra dan lingkungan
þ Sumber Belajar : Buku Siswa IPA Kelas VII, Puskurbuk 2013
Buku Guru
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Tahapan pokok
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
siswa pada masalah
|
þ
Siswa menyimak masalah yang disampaikan guru tentang
pengamatan dalam pembelajaran IPA.
þ
Siswa diminta memberikan tanggapan dan pendapat terhadap masalah
tersebut.
þ
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan cara
pambelajaran yang akan dilaksanakan.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengorganisasi siswa dalam
belajar
|
þ
Siswa membentuk kelompok belajar sesuai arahan guru.
þ
Siswa menerima LKS untuk pengamatan
|
20 Menit
|
|
Membimbing pengamatan siswa
secara mandiri maupun kelompok
|
þ
Siswa melakukan pengamatan sesuai petunjuk LKS dan
berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang telah
diidentifikasi.
þ
Guru memfasilitasi dan membimbing kelompok, belajar
berdiskusi untuk menjawab permasalahan aktual yang ada di lingkungan.
|
20 Menit
|
|
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
þ
Siswa menjawab pertanyaan pada LKSdan menyajikan dalam
laporan tertulis.
þ
Siswa menyajikan laporan pembahasan hasil temuan, penarikan
kesimpulan didepan kelas
|
20 Menit
|
Penutup
|
Menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah
|
þ
Siswa dibimbing guru melakukan analisis terhadap pemecahan-
pemecahan masalah yang telah ditemukan siswa.
þ
Kelompok siswa yang berhasil memecahkan permasalahan diberi
penghargaan.
þ
Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang
telah dipelajari siswa.
|
20 Menit
|
I. PENILAIAN
Metode
|
Bentuk intrumen
|
1.
Sikap
|
Lembar pengamatan sikap
|
2.
Tes unjuk kerja
|
Tes penilaian kinerja dalam
pengamatan
|
Lampiran 1 : Instrumen penilaian non tes
1. PENILAIAN SIKAP
Mata pelajaran : IPA Semester :
1 ( satu )
Kelompok :
Kelas :
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
|||||
Komitmen tugas
|
Kerja sama
|
ketelitian
|
minat
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
SKOR NILAI = 0 - 100
2. FORMAT PENILAIAN
KINERJA
NAMA SISWA: .................... TANGGAL:
...................... KELAS:
.........................
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
TINGKAT KEMAMPUAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menyiapkan alat dan bahan pengamatan
|
|
|
|
|
2
|
Menggunakan alat sesuai fungsinya
|
|
|
|
|
3
|
Melakukan pengamatan dengan teliti
|
|
|
|
|
4
|
Menyusun data hasil pengamatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Kriteria penskoran
1.Baik sekali 4
2.Baik 3
3.Cukup 2
4.Kurang 1
LEMBAR KERJA SISWA
CIRI-CIRI FISIK
A.
TUJUAN :
Mengamati ciri teman satu kelompok
B.
ALAT DAN BAHAN :
1.
Siswa
2.
buku
3.
alat tulis
C. PETUNJUK KERJA:
1. Amati ciri fisik teman sekolompok
dengan teliti!
2. Tulis hasil pengamatan dalam tabel!
D. TABEL PENGAMATAN:
No.
|
Nama
|
CIRI YANG DIAMATI
|
||
Bentuk rambut
|
Bentuk hidung
|
Bentuk mata
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E. PERTANYAAN
1. Bandingkan hasil pengamatanmu dengan
temanmu
2. Apa kesimpulan dari hasil pengamatan
KETELITIAN DALAM PENGAMATAN
ALAT DAN BAHAN :
1. Kertas tisu
2. Sepidol
3. Baker glass
4. Air
5. Penggaris
CARA KERJA :
1. Potong kertas tisu dengan ukuran 4 x 12 cm
2. Beri garis denga sepidol hitam 2 cm dari
pinggir kertas
3. Ambil baker glass isi dengan air setinggi
1 cm
4. Buat prediksi apa yang akan terjadi
pada garis hitam tersebut, setelah kertas dicelupkan beberapa saat ke dalam air
5. Celupkan kertas tisu di air, dengan posisi
garis berada sedikit dimatas permukaan air
DATA HASIL PENGAMATAN
Keadaan garis pada kertas tisu
|
|
Sebelum dicelupkan
|
Sesudah dicelupkan
|
|
|
DISKUSI :
Jika prediksimu bebeda dengan
kenyataannya apakah akan diubah sesuai dengan hasil pengamatanmu? Mengapa?
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MTs Ma`arif 4
Malangbong
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII (Satu) / 1
Materi
Pokok : Himpunan
Alokasi Waktu : 4 x 5 JP
A. KOMPETENSI INTI
KI 2 : Menghargai,
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI
3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang
tampak mata).
KI
4: Mencoba,mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret(
menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori).
B. KOMPETENSI DASAR
v
Menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
resposnsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
v
Memiliki
rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan diri pada matematika serta
memiliki rasa percaya pada daya serta kegunaan matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar.
v
Menunjukkan
perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat
sebagai wujud implementasi penyelidikan himpunan.
v
Memahami
pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan
menunjukkan contoh dan bukan contoh.
C. INDIKATOR
þ
Membangun
persepsi positif dengan menunjukkan proses penemuan konsep dan aturan himpunan
menggunakan objek-objek nyata pengamatan
þ
Siswa
diajak berpikir dan mengajukan ide-ide secara bebas dan terbuka baik secara
individu maupun kelompok dalam menanggapi pemecahan masalah dan bekerjasama
memecahkannya
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui proses pembelajaran himpunan, siswa memiliki
pengalaman belajar:
þ
terlatih
berpikir kritis dan berpikir kreatif;
þ
menemukan
ilmu pengetahuan dari pemecahan masalah nyata;
þ
mengajak
untuk melakukan penelitian dasar dalam membangun konsep;
þ
dilatih
bekerjasama dalam tim untuk menemukan solusi permasalahan.
þ
dilatih
mengajukan ide-ide secara bebas dan terbuka;
þ
merasakan
manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari.
E. MATERI PEMBELAJARAN
þ MENEMUKAN KONSEP HIMPUNAN
F. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
H. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
þ Buku Guru Kelas VII SMP/MTs
I. INSTRUMEN PENILAIAN
Tugas
þ Guru menyuruh siswa mengamati Gambar 1.4.
untuk menemukan hal-hal berikut
Himpunan A memuat unsur x maka dikatakan bahwa x adalah
anggota himpunan A atau sering disebut x adalah elemen himpunan A, dilambangkan
dengan x e A.
Himpunan B memuat unsur 2 maka dikatakan 2 adalah anggota
himpunan B atau sering disebut 2 adalah elemen himpunan B dilambangkan dengan 2
e B.
Observasi
Selama
KBM:
§
ketelitian
§
rasa ingin tahu
Portofolio
þ Menilai kemajuan belajar dalam memecahkan
masalah himpunan:
§ pemahaman
§ pemodelan atau penyusunan kalimat matematika
§ memilih strategi dan menyelesaikan model
§ masuk akalnya penyelesaian
Tes
þ Mengerjakan lembar kerja berkaitan dengan
himpunan:
§ himpunan bagian
§ komplemen
§ operasi himpunan
§ diagram Venn
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar