Selasa, 17 September 2019

SILABUS TIK revisi 2018


SILABUS
Sekolah                       :  SMPN 3 Malangbong
Kelas                           :  IX (sembilan)
Mata Pelajaran            :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester                      :  1 (satu)          
Kopetensi Inti             :  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
       seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
   4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan   
        ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
        lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
Teknologi Informasi dan Komunikasi

3.1   Mengenal fitur lanjut browser.

Browser
-          Menjelaskan Pengertian Internet Explorer
-          Menjelaskan Kelebihan Internet Explorer
-          Menjelaskan menu-menu pada browser akses internet

Mengamati:
Menanya:
Mengasosiasi:
Mencoba
Mengomunikasikan

Tes tertulis





Uraian







Jelaskan pengertian internet Explorer!

Jelaskan kelebihan intranet explorer!

4 jam
Buku, Perangkat Lainnya

4.1  Membuat laporan tugas dengan paket
office (terpadu).
Browser
-          Membuat deskripsikan bagian-bagian utama browser filetype: docx
-          Dapat Membuka menu-menu pada browser akses internet
-           
Membuat bagian-bagian utama browser filetype: docx office
Tes
Praktik (kinerja)

Tes Uji Kerja
Lakukan membuat laopran tentang bagian bagian utama broser filetype docx office
4 jam
Buku, Perangkat Lainnya

3.2  Mengenal fitur aplikasi CMS (Content Management System, pengelola
konten web, sedapat mungkin yang
berupa freeware), dan memakai
untuk membuat blog.
Content Management System (blogger.com)
-          Menjelaskan apa itu CMS
-          Mendeskripsikan manfaat CMS
-          Mengamati bagian-bagian CMS
-          Menanya fungsi masing-masing bagian
Tes tertulis





Uraian









Buku, Perangkat Lainnya

4.2  Membuat blog untuk menunjang
aktivitas siswa, contohnya membuat
logbook kegiatan terkait sekolah.
Content Management System (blogger.com)
-          Dapat Membuat postingan blog dengan blogger.com terkait kegiatan sekolah
-          Membuat postingan blog dengan blogger.com terkait kegiatan sekolah
Tes
Praktik (kinerja)

Tes Uji Kerja


Buku, Perangkat Lainnya

Teknik Komputer
3.3  Memahami fungsi sistem computer (hardware dan OS) yang
memungkinkannya untuk menerima
input, menyimpan, memroses dan
mengoutputkan data sesuai dengan
spesifikasinya
Perangkat  Keras
Sistem Operasi
-          Mengasosiasikan bagian-bagian perangkat keras sesuai dengan fungsinya (I/O)
-          Mengamati tampilan Sistem Operasi
-          Mengasosiasikan bagian-bagian perangkat keras sesuai dengan fungsinya (I/O)
-          Mengamati tampilan Sistem Operasi
Tes tertulis





Uraian









Buku, Perangkat Lainnya

4.3.1  Menjelaskan mekanisme di system komputer
Perangkat  Keras
Sistem Operasi
-          Dapat Mencoba mekanisme pengoperasian komputer
-          Mencoba mekanisme pengoperasian komputer
Tes
Praktik (kinerja)

Tes Uji Kerja


Buku, Perangkat Lainnya

4.3.2  Menjelaskan bagaimana data
disimpan dan diproses (unit
pengolahan logika dan aritmatika)
1.      I/O
2.      ALU
3.      CU
4.      Memory

-          Mampu Mengkomunikasikan alur bagian utama computer (skema)
-          Mengkomunikasikan alur bagian utama computer (skema)
Tes
Praktik (kinerja)

Tes Uji Kerja


Buku, Perangkat Lainnya

Analisis Data
3.4  Memahami bahwa setiap aplikasi
menyimpan data sesuai
representasinya (word-doc, exceltabel, ppt- slides).
File Extention
-          Mengamati bentuk-bentuk File Extention 
-          Mengamati bentuk-bentuk File Extention 
Tes tertulis





Uraian









Buku, Perangkat Lainnya

4.4  Mengolah data dengan pengolah
angka untuk menghilangkan error,
menyatakan hubungan, atau
memudahkan untuk diproses
komputer.
Data Validation
-          Membuat file dengan berbagai tipe
-          Membuat validasi data sederhana
-          Mencoba membuat file dengan berbagai tipe
-          Membuat validasi data sederhana
Tes
Praktik (kinerja)

Tes Uji Kerja


Buku, Perangkat Lainnya

3.5.1  Memahami pengolahan data
menggunakan fitur lanjut aplikasi
office.
3.5.2  Mengenal model komputasi umum.
1. Data Validation
2. Fungsi dan Operator
-          Mendeskripsikan Prinsip-prinsip pengolahan data
-          Mendeskripsikan berbagai fungsi dan operator
-          Menanya tentang prinsip-prinsip pengolahan data (data validation)
-          Mencoba berbagai fungsi dan operator
Tes tertulis





Uraian









Buku, Perangkat Lainnya

4.5  Merancang algoritma unjuk
mengotomasi pengumpulan data dan
pengolahan data.
1. Data Validation
2. Fungsi dan Operator
-           
-          Membuat algoritma sederhana
Tes
Praktik (kinerja)

Tes Uji Kerja


Buku, Perangkat Lainnya

Algoritma dan Pemrograman
3.6  Memahami bahwa sebuah program
dapat didekomposisi menjadi subprogram.
Function dan Procedure
-          Dapat menjelaskan perbedaaan Function dan Procedure
-          Memahami bahwa sebuah program dapat didekomposisi menjadi subprogram
-          Mengamati
-          Mengklasifikasi
Tes tertulis





Uraian









Buku, situs source code
4.6  Mengimplementasi sebuah program
yang memakai atau mengandung
sub-program (prosedur, fungsi)
Function dan Procedure
-          Mendemontrasikan  sebuah program yang memakai atau mengandung sub-program (prosedur, fungsi)
-          Mencoba
-          Mendemonstrasikan
Tes
Praktik (kinerja)

Tes Uji Kerja


Buku, situs source code
3.7  Memahami persoalan komputasi dan
mengusulkan solusinya
Algoritma sederhana
-          Mendeskripsikan pengertian algoritma
-          Menjelaskan bentuk dasar Algoritman
-           
-          Mengamati
-          Menjelaskan
Tes tertulis





Uraian









Buku, Modul Algoritma
4.7.1  Merancang solusi untuk suatu
persoalan dengan
mempertimbangkan beberapa
keinginan, dan mengetes program
untuk memenuhi kepentingan.
4.7.2  Jika dimungkinkan, membuat
“robot” yang mampu mengerjakan
tugas sederhana dari kit yang
disediakan. Catatan : "robot"
berupa sistem komputer atau
hanya perangkat lunak baik visual
ataupun tak ketinggalan.
Algoritma sederhana





Algortima Robotika
-          Mampu merancang Algoritma
-          Dapat membuat contoh Algoritma
-          Mencoba
-          Mendemonstrasikan





-          Mengklasifikasi
-          Mendemonstrasikan

Tes
Praktik (kinerja)

Tes Uji Kerja


Buku, Modul Algoritma




Buku, Modul Algoritma





-           
-           








Mengetahui,
Kepala SMPN 3 Malangbong
Malangbong 15 Juli 2019
Guru Mata Pelajaran





Jajang Sopiandi. S.Pd





Atep Arasid, S. Pd
NIP.196809161997021002

SILABUS
Sekolah                       :  SMPN 3 Malangbong
Kelas                           :  IX (sembilan)
Mata Pelajaran            :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester                      :  2 (dua)           
Kopetensi Inti             :  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
       seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
   4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
       ranah  abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
       lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
Dampak Sosial Informatika

3.8  Memahami untung/rugi serta
dampak positif/negatif membiarkan
informasi menjadi publik, atau
private.
Dampak positif dan negatif penggunaan internet dalam berbagai bidang
-          Menjelaskan dampak positif dan negatif penggunaan internet
Memahami dampak positif dan negatif di bidang Pendidikan, ekonomi, social, pemerintahan, dll
Tes tertulis





Uraian







Jelaskan dampak positip dan negatip penggunaan internet

2 x 40 menit
Buku dan e-book
Perangkat lainnya: internet, komputer
4.8  Memilah informasi.

-          Mampu Memahami informasi yang positif dan negatif.
Memahami informasi yang positif dan negatif.
Tes
Praktik (kinerja)

Tes Uji Kerja
Akseslah situs komersial, pemerintah, organisasi, dan pendidikan yang ada di internet!


Buku, Perangkat Lainnya

3.9  Memahami dampak jika data
dibiarkan dapat diakses publik
Keamanan data
-          Mendeskripsikan dan Memahami cara menjaga keamanan data
Memahami cara menjaga keamanan data
Tes tertulis



Uraian








2 x 40 menit

Buku dan e-book
Perangkat lainnya: internet, komputer
4.9  Mempublikasi informasi publik yang
patut.
Mengunggah informasi
-          Dapat mengunggah informasi
-          Memahami tata cara mengunggah informasi yang patut
Tes
Praktik (kinerja)

Tes Uji Kerja


2 x 40 menit

Berpikir Komputasional (Tematis)
3.10  Computational Thinking untuk
persoalan komputasi dan otomasi
yang lebih kompleks dari sebelumnya


·      Logika
·      algoritma

-          Dapat Mengamati berbagai persoalan yang berkaitan dengan teknik Computational Thinking
-          Mengasosiasikan persoalan yang bisa di selesaikan dengan menggunakan teknik Computational Thinking

·      Mengamati berbagai persoalan yang berkaitan dengan teknik Computational Thinking
·      Mengasosiasikan persoalan yang bisa di selesaikan dengan menggunakan teknik Computational Thinking

Tes tertulis





Uraian









Buku, Perangkat Lainnya

4.10  Menyelesaikan persoalan-persoalan
komputasi dan otomasi yang
mengandung jejaring, pola, dan algoritmik yang lebih kompleks.
·      Logika
·      algoritma

·      mampu menjalankan Logida dan algoritma
·      Mencoba menyelesaikan berbagai persoalan dengan teknik Computational Thinking
·      Mengkomunikasikan berbagai persoalan yang mampu diselesaikan dengan teknik Computational Thinking
Tes
Praktik (kinerja)

Tes Uji Kerja


Buku, Perangkat Lainnya

Praktik Lintas Bidang (Tematis)
3.11  Cross-Cut Component, Capstone
(Integrasi pengetahuan dan
keterampilan), Praktek
·         Produk IT
·      Mendeskripsikan produk IT
·      Mengamati berbagai persoalan yang berkaitan dengan teknik Computational Thinking
·      Mengasosiasikan persoalan yang bisa di selesaikan dengan menggunakan teknik Computational Thinking
·      Mencoba menciptakan suatu produk IT yang mampu menyelesaikan  permasalahan-permasalahan yang telah di asosiasikan sebelumnya
Tes tertulis





Uraian









Buku, Perangkat Lainnya

4.11.1  Fostering computing
culture menumbuhkan budaya
komputasi lewat berpikir
komputasional.
4.11.2  Kolaborasi lewat tematik.
4.11.3  Recognizing and defining
computational problems (mengenali
dan mendefinisikan roblema problema lebih kompleks dari sebelumnya yang dapat
diselesaikan dengan model
komputasi.
4.11.4  Developing and using
abstractions (mengembangkan dan
menggunakan abstraksi
4.11.5  Creating computational
artefacts: Mengembangkan atau
bahkan jika mampu menciptakan
artefak/produk TIK atau model
komputasi misalnya program
komputer.
4.11.6  Testing and refining computational artefacts : menguji dan memperbaiki/menyempurnakan
artefak/produk TIK atau model
komputasi.
4.11.7  Communicating about
computing (mengkomunikasikan
informatika) lewat pengungkapan
secara lisan maupun tulisan
tentang produk TIK yang
dihasilkan.
·         Produk IT




·      Mencoba menciptakan suatu produk IT yang mampu menyelesaikan  permasalahan-permasalahan yang telah di asosiasikan sebelumnya
·      Mencoba menciptakan suatu produk IT yang mampu menyelesaikan  permasalahan-permasalahan yang telah di asosiasikan sebelumnya
Tes
Praktik (kinerja)

Tes Uji Kerja


Buku, Perangkat Lainnya

                                                                              

Mengetahui,
Kepala SMPN 3 Malangbong
Malangbong 15 Juli 2019
Guru Mata Pelajaran





Jajang Sopiandi. S.Pd





Atep Arasid, S. Pd



Tidak ada komentar:

Dokumen Kurikulum MTs ma`arif 4 Malangbong tahun 2024 - 2025

  BAB I PENDAHULUAN   1.1.   LATAR BELAKANG (DASAR PEMIKIRAN PENYUSUNAN KTSP) Perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, ...