SILABUS
Sekolah : SMPN 3 Malangbong
Kelas : IX (sembilan)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester : 1 (satu)
Kopetensi
Inti : 3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
Pencapaian kompetensi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
Teknologi Informasi dan Komunikasi
3.1
Mengenal
fitur lanjut browser.
|
Browser
|
-
Menjelaskan Pengertian Internet Explorer
-
Menjelaskan Kelebihan Internet Explorer
-
Menjelaskan menu-menu pada browser
akses internet
|
Mengamati:
Menanya:
Mengasosiasi:
Mencoba
Mengomunikasikan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan pengertian internet Explorer!
Jelaskan kelebihan intranet explorer!
|
4
jam
|
Buku, Perangkat Lainnya
|
4.1 Membuat laporan tugas dengan paket
office
(terpadu).
|
Browser
|
-
Membuat deskripsikan bagian-bagian utama browser
filetype: docx
-
Dapat Membuka menu-menu pada browser akses
internet
-
|
Membuat
bagian-bagian utama browser filetype: docx office
|
Tes
Praktik (kinerja)
|
Tes
Uji Kerja
|
Lakukan
membuat laopran tentang bagian bagian utama broser filetype docx office
|
4
jam
|
Buku, Perangkat Lainnya
|
3.2 Mengenal fitur aplikasi CMS (Content
Management System, pengelola
konten
web, sedapat mungkin yang
berupa
freeware), dan memakai
untuk
membuat blog.
|
Content
Management System (blogger.com)
|
-
Menjelaskan apa itu CMS
-
Mendeskripsikan manfaat CMS
|
-
Mengamati bagian-bagian CMS
-
Menanya fungsi masing-masing bagian
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
|
|
Buku, Perangkat Lainnya
|
4.2 Membuat blog untuk menunjang
aktivitas
siswa, contohnya membuat
logbook
kegiatan terkait sekolah.
|
Content
Management System (blogger.com)
|
-
Dapat Membuat postingan blog dengan blogger.com
terkait kegiatan sekolah
|
-
Membuat postingan blog dengan blogger.com terkait
kegiatan sekolah
|
Tes
Praktik (kinerja)
|
Tes
Uji Kerja
|
|
|
Buku, Perangkat Lainnya
|
Teknik Komputer
3.3 Memahami fungsi sistem computer (hardware
dan OS) yang
memungkinkannya
untuk menerima
input,
menyimpan, memroses dan
mengoutputkan
data sesuai dengan
spesifikasinya
|
Perangkat Keras
Sistem
Operasi
|
-
Mengasosiasikan bagian-bagian perangkat keras
sesuai dengan fungsinya (I/O)
-
Mengamati tampilan Sistem Operasi
|
-
Mengasosiasikan bagian-bagian perangkat keras
sesuai dengan fungsinya (I/O)
-
Mengamati tampilan Sistem Operasi
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
|
|
Buku, Perangkat Lainnya
|
4.3.1 Menjelaskan mekanisme di system komputer
|
Perangkat Keras
Sistem
Operasi
|
-
Dapat Mencoba mekanisme pengoperasian komputer
|
-
Mencoba mekanisme pengoperasian komputer
|
Tes
Praktik (kinerja)
|
Tes
Uji Kerja
|
|
|
Buku, Perangkat Lainnya
|
4.3.2 Menjelaskan bagaimana data
disimpan
dan diproses (unit
pengolahan
logika dan aritmatika)
|
1.
I/O
2.
ALU
3.
CU
4.
Memory
|
-
Mampu Mengkomunikasikan alur bagian utama computer
(skema)
|
-
Mengkomunikasikan alur bagian utama computer
(skema)
|
Tes
Praktik (kinerja)
|
Tes
Uji Kerja
|
|
|
Buku, Perangkat Lainnya
|
Analisis Data
3.4 Memahami bahwa setiap aplikasi
menyimpan
data sesuai
representasinya
(word-doc, exceltabel, ppt- slides).
|
File
Extention
|
-
Mengamati bentuk-bentuk File Extention
|
-
Mengamati bentuk-bentuk File Extention
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
|
|
Buku, Perangkat Lainnya
|
4.4 Mengolah data dengan pengolah
angka
untuk menghilangkan error,
menyatakan
hubungan, atau
memudahkan
untuk diproses
komputer.
|
Data
Validation
|
-
Membuat file dengan berbagai tipe
-
Membuat validasi data sederhana
|
-
Mencoba membuat file dengan berbagai tipe
-
Membuat validasi data sederhana
|
Tes
Praktik (kinerja)
|
Tes
Uji Kerja
|
|
|
Buku, Perangkat Lainnya
|
3.5.1 Memahami pengolahan data
menggunakan
fitur lanjut aplikasi
office.
3.5.2 Mengenal model komputasi umum.
|
1.
Data Validation
2.
Fungsi dan Operator
|
-
Mendeskripsikan Prinsip-prinsip pengolahan data
-
Mendeskripsikan berbagai fungsi dan operator
|
-
Menanya tentang prinsip-prinsip pengolahan data
(data validation)
-
Mencoba berbagai fungsi dan operator
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
|
|
Buku, Perangkat Lainnya
|
4.5 Merancang algoritma unjuk
mengotomasi
pengumpulan data dan
pengolahan
data.
|
1.
Data Validation
2.
Fungsi dan Operator
|
-
|
-
Membuat algoritma sederhana
|
Tes
Praktik (kinerja)
|
Tes
Uji Kerja
|
|
|
Buku, Perangkat Lainnya
|
Algoritma dan Pemrograman
3.6 Memahami bahwa sebuah program
dapat
didekomposisi menjadi subprogram.
|
Function
dan Procedure
|
-
Dapat menjelaskan perbedaaan Function dan
Procedure
-
Memahami bahwa sebuah program dapat didekomposisi
menjadi subprogram
|
-
Mengamati
-
Mengklasifikasi
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
|
|
Buku,
situs source code
|
4.6 Mengimplementasi sebuah program
yang
memakai atau mengandung
sub-program
(prosedur, fungsi)
|
Function
dan Procedure
|
-
Mendemontrasikan
sebuah program yang memakai atau mengandung sub-program (prosedur,
fungsi)
|
-
Mencoba
-
Mendemonstrasikan
|
Tes
Praktik (kinerja)
|
Tes
Uji Kerja
|
|
|
Buku,
situs source code
|
3.7 Memahami persoalan komputasi dan
mengusulkan
solusinya
|
Algoritma
sederhana
|
-
Mendeskripsikan pengertian algoritma
-
Menjelaskan bentuk dasar Algoritman
-
|
-
Mengamati
-
Menjelaskan
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
|
|
Buku, Modul
Algoritma
|
4.7.1 Merancang solusi untuk suatu
persoalan
dengan
mempertimbangkan
beberapa
keinginan,
dan mengetes program
untuk
memenuhi kepentingan.
4.7.2 Jika dimungkinkan, membuat
“robot”
yang mampu mengerjakan
tugas
sederhana dari kit yang
disediakan.
Catatan : "robot"
berupa
sistem komputer atau
hanya
perangkat lunak baik visual
ataupun
tak ketinggalan.
|
Algoritma
sederhana
Algortima
Robotika
|
-
Mampu merancang Algoritma
-
Dapat membuat contoh Algoritma
|
-
Mencoba
-
Mendemonstrasikan
-
Mengklasifikasi
-
Mendemonstrasikan
|
Tes
Praktik (kinerja)
|
Tes
Uji Kerja
|
|
|
Buku, Modul
Algoritma
Buku, Modul
Algoritma
|
|
|
-
|
-
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SMPN 3 Malangbong
|
Malangbong 15 Juli 2019
Guru Mata Pelajaran
|
Jajang
Sopiandi. S.Pd
|
Atep
Arasid, S. Pd
|
NIP.196809161997021002
|
SILABUS
Sekolah : SMPN 3 Malangbong
Kelas : IX (sembilan)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Semester : 2 (dua)
Kopetensi
Inti : 3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
Pencapaian kompetensi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
Dampak Sosial Informatika
3.8 Memahami untung/rugi serta
dampak
positif/negatif membiarkan
informasi
menjadi publik, atau
private.
|
Dampak positif dan negatif penggunaan internet dalam
berbagai bidang
|
-
Menjelaskan
dampak positif dan negatif penggunaan internet
|
Memahami dampak positif dan negatif di bidang
Pendidikan, ekonomi, social, pemerintahan, dll
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan dampak positip dan negatip penggunaan internet
|
2 x 40 menit
|
Buku dan e-book
Perangkat lainnya: internet, komputer
|
4.8 Memilah informasi.
|
|
-
Mampu Memahami
informasi yang positif dan negatif.
|
Memahami informasi yang positif dan negatif.
|
Tes
Praktik (kinerja)
|
Tes
Uji Kerja
|
Akseslah situs komersial, pemerintah, organisasi, dan
pendidikan yang ada di internet!
|
|
Buku, Perangkat Lainnya
|
3.9 Memahami dampak jika data
dibiarkan
dapat diakses publik
|
Keamanan data
|
-
Mendeskripsikan
dan Memahami cara menjaga keamanan data
|
Memahami cara menjaga keamanan data
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
|
2 x 40 menit
|
Buku dan e-book
Perangkat lainnya: internet, komputer
|
4.9 Mempublikasi informasi publik yang
patut.
|
Mengunggah informasi
|
-
Dapat
mengunggah informasi
|
-
Memahami tata
cara mengunggah informasi yang patut
|
Tes
Praktik (kinerja)
|
Tes
Uji Kerja
|
|
|
2 x 40 menit
|
Berpikir Komputasional (Tematis)
3.10 Computational Thinking untuk
persoalan
komputasi dan otomasi
yang
lebih kompleks dari sebelumnya
|
· Logika
· algoritma
|
-
Dapat Mengamati berbagai persoalan yang berkaitan
dengan teknik Computational Thinking
-
Mengasosiasikan persoalan yang bisa di selesaikan
dengan menggunakan teknik Computational
Thinking
|
· Mengamati
berbagai persoalan yang berkaitan dengan teknik Computational Thinking
· Mengasosiasikan
persoalan yang bisa di selesaikan dengan menggunakan teknik Computational Thinking
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
|
|
Buku, Perangkat Lainnya
|
4.10 Menyelesaikan persoalan-persoalan
komputasi
dan otomasi yang
mengandung
jejaring, pola, dan algoritmik yang lebih kompleks.
|
· Logika
· algoritma
|
· mampu
menjalankan Logida dan algoritma
|
· Mencoba
menyelesaikan berbagai persoalan dengan teknik Computational Thinking
· Mengkomunikasikan
berbagai persoalan yang mampu diselesaikan dengan teknik Computational Thinking
|
Tes
Praktik (kinerja)
|
Tes
Uji Kerja
|
|
|
Buku, Perangkat Lainnya
|
Praktik Lintas Bidang (Tematis)
3.11 Cross-Cut Component, Capstone
(Integrasi
pengetahuan dan
keterampilan),
Praktek
|
·
Produk IT
|
· Mendeskripsikan
produk IT
|
· Mengamati
berbagai persoalan yang berkaitan dengan teknik Computational Thinking
· Mengasosiasikan
persoalan yang bisa di selesaikan dengan menggunakan teknik Computational Thinking
· Mencoba
menciptakan suatu produk IT yang mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang telah di
asosiasikan sebelumnya
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
|
|
Buku, Perangkat Lainnya
|
4.11.1 Fostering computing
culture
menumbuhkan budaya
komputasi
lewat berpikir
komputasional.
4.11.2 Kolaborasi lewat tematik.
4.11.3 Recognizing and defining
computational
problems (mengenali
dan
mendefinisikan roblema problema lebih kompleks dari sebelumnya yang dapat
diselesaikan
dengan model
komputasi.
4.11.4 Developing and using
abstractions
(mengembangkan dan
menggunakan
abstraksi
4.11.5 Creating computational
artefacts:
Mengembangkan atau
bahkan
jika mampu menciptakan
artefak/produk
TIK atau model
komputasi
misalnya program
komputer.
4.11.6 Testing and refining computational
artefacts : menguji dan memperbaiki/menyempurnakan
artefak/produk
TIK atau model
komputasi.
4.11.7 Communicating about
computing
(mengkomunikasikan
informatika)
lewat pengungkapan
secara
lisan maupun tulisan
tentang
produk TIK yang
dihasilkan.
|
·
Produk IT
|
· Mencoba
menciptakan suatu produk IT yang mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang telah di
asosiasikan sebelumnya
|
· Mencoba
menciptakan suatu produk IT yang mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang telah di
asosiasikan sebelumnya
|
Tes
Praktik (kinerja)
|
Tes
Uji Kerja
|
|
|
Buku, Perangkat Lainnya
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 3 Malangbong
|
Malangbong 15 Juli 2019
Guru Mata Pelajaran
|
Jajang Sopiandi. S.Pd
|
Atep Arasid, S. Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar