RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MTs Ma`arif 1 Malangbong
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX / I
Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi perkembangan Negara di dunia.
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi ciri-ciri Negara berkembang dan Negara maju.
Indikator :
· Definisi Negara maju dan Negara berkembang.( pertemuan 1)
· Klasifikasi pembagian Negara-negara di dunia berdasarkan politik dan ekonomi.(pertemuan 1 dan pertemuan 2)
· Klasifikasi Negara-negara di dunia berdasarkan GNP.
· Ciri-ciri Negara berkembang
· Ciri-ciri negara maju.
· Membuat peta wilayah negara maju dan negara berkembang.
· Contoh-contoh negara yang tergolong kedalam negara maju.
Alokasi : 8 jam pelajaran ( 4 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1. Mendeskripsikan negara maju dan negara berkembang .
2. Mengidentifikasi negara-negara di dunia berdasarkan politik dan ekonomi.
3. Mengidentifikasi negara-negara di dunia berdasarkan GNP.
4. Mengidentifikasi ciri-ciri negara maju.
5. Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang.
6. Mengidentifikasi persebaran wilayah negara maju dan berkembang.
7. Memberikan contoh negara maju.
8. Memberikan contoh negara berkembang.
B. Materi Pembelajaran :
1. Definisi negara maju dan berkembang.
2. Klasifikasi negara-negara di dunia berdasarkan politik, ekonomi dan GNP.
3. Ciri-ciri negara maju dan berkembang.
4. Persebaran wilayah negara maju dan berkembang.
5. Contoh-contoh negara maju dan berkembang.
C. Metode Pengajaran :
1. Diskusi
2. Inquiry
3. Tanya Jawab
4. Pengamatan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan I
( Diskripsi, klasifikasi dan ciri-ciri negara maju dan berkembang )
a. Pendahuluan :
1. Menyiapkan kondisi kelas.
2. Motivasi :
Menunjukkan gambar-gambar kemajuan negara ( AS, Eropa, Asia ) atau CD negara-negara maju dan berkembang.
3. Apersepsi ;
Dengan melihat gambar-gambar tersebut siswa diminta mendefinisikan keadaan negara maju dan negara berkembang.
b. Kegiatan Inti.
1. Guru membagi siswa dalam 10 kelompok (masing-masing 4 )
2. Guru membagi soal pada masing-masing kelompok
Kelompok 1 – 6 definisi negara maju dan berkembang.
Kelompok 2 – 7 mengelompokkan negara di dunia berdasarkan politik
dan ekonomi.
Kelompok 3 – 8 mengelompokkan negara di dunia berdasarkan GNP
Kelompok 4 – 9 ciri-ciri negara maju
Kelompok 5 – 10 ciri-ciri negara berkembang
3. Siswa/tiap kelompok mambacakan hasil diskusi untuk di tanggapi kelompok pasangan ( kelompok 1 presentasi ditanggapi kelompok 6 dan sebaliknya).
4. Guru mengarahkan selama diskusi.
c. Penutup
- Guru membuat kesimpulan.
- Guru meminta siswa untuk menuliskan cirri negara maju & berkembang pada
lembar kertas dn dikumpulkan.
- Guru memberi tugas untuk menyiapkan peta dunia.
2. Pertemuan II
( persebaran negara maju dan berkembang )
a. Pendahuluan :
1. Menyiapkan kondisi kelas.
2. Motivasi : menunjukkan peta dunia.
3. Apersepsi ( pengetahuan persyarat ) :
Dengan melihat persebaran negara-negara maju dan berkembang guru menanyakan mengapa posisi negara-negara maju pada umumnya di daerah sub tropis dan negara berkembang umunya di daerah tropisnya.
b. Kegiatan Inti.
1. Guru membagi siswa dalam 10 kelompok.
2. Guru membagikan peta dasar dunia yang sudah diberi kode huruf.
3. Guru meminta siswa untuk mewarnai negara-negara maju dengan arsir merah dan negara berkembang dengan warna biru.
4. Siswa mengisi tabel klasifikasi negara maju & berkembang.
No.
Kode
Negara Maju
Negara Berkembang
c. Penutup
- Siswa mengumpulkan hasil kerjanya.
- Guru mengoreksi
3. Pertemuan III
( contoh – contoh negara maju )
a. Pendahuluan :
1. Guru mempersiapkan kondisi kelas.
2. Motivasi :
3. Apersepsi :
b. Kegiatan Inti.
1. Guru membagi siswa dalam 10 kelompok.
2. Guru membagikan teka-teki silang tentang kondisi & keadaan negara Amerika Serikat, Jepang dan Inggris
3. Siswa secara berkelompok mengisi teka-teki silang yang sudah dibagikan.
c. Penutup
- Guru meminta siswa secara bergiliran untuk menjawab teka-teki silang.
- Guru memberi tugas pada siswa untuk membuat soal dan jawaban secara
terpisah untuk kajian negara-negara berkembang ( India, Mesir, Brazil )
- Soal dibuat difolio dan jawaban pada kertas kecil.
4. Pertemuan IV
( contoh – contoh negara berkembang )
a. Pendahuluan :
1. Guru mempersiapkan kondisi kelas.
2. Motivasi :
3. Apersepsi :
b. Kegiatan Inti.
1. Guru membagi siswa dalam 10 kelompok.
2. Guru meminta siswa untuk mengumpulkan tugas tentang negara berkembang.
3. Guru membagikan soal dengan menyilang antar kelompok.
4. Guru membagikan lem untuk menempelkan jawaban siswa pad kertas soal yang sudah dibuat.
5. Siswa mengerjakan secara berkelompok.
c. Penutup
- Guru menyuruh mengumpulkan tugas yang sudah selesai dan mengembalikan
pada kelompok pembuat.
- Guru melakukan penilaian.
Malangbong, Juli 2009
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Mata pelajaran
ATEP ARASID, S.Pd ATEP ARASID, S.Pd.
Jumat, 11 September 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Dokumen Kurikulum MTs ma`arif 4 Malangbong tahun 2024 - 2025
BAB I PENDAHULUAN 1.1. LATAR BELAKANG (DASAR PEMIKIRAN PENYUSUNAN KTSP) Perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, ...
-
Kalender Pendidikan tahun 1992 Kalender Pendidikan tahun 1993 Kalender Pendidikan tahun 1994 Kalender Pendidikan tahun 1995 Kale...
-
PROLOG API UNGGUN YAA ALLAH YAA TUHAN KAMI AMPUNILAH SEGALA DOSA-DOSA KAMI DAN SEGALA KEHILAFAN KAMI. YAA ALLAH YA GHOFUR, YAA RAHMAANU...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar