KISI-KISI UJIAN AKHIR MADRASAH TSANAWIYAH
MATA PELAJARAN : IPS
KELAS
/ SEMESTER : IX / II
TAHUN
PELAJARAN : 2011/2012
JUMLAH
SOAL : Pilihan Ganda : 50
soal
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
KLS/ SMTR
|
INDIKATOR
|
NO. SOAL
|
JENIS SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
|
Memahami lingkungan kehidupan manusia
Memahami usaha
manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.
Memahaami perkembangan masyarakat sejak
masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa.
Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah
penduduk.
Memahami kegiatan
pelaku ekonomi di masyarakat.
Memahami usaha persiapan kemerdekaan.
Memahami pranata dan penyimpangan sosial.
Memahami kegiatan perekonomian Indonesia.
Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.
Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan.
Memahami lembaga keuangan dan
perdagangan Internasional
Memahami hubungan manusia dengan bumi.
Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia.
Memahami perubahan pemerintahan dan kerja sama internasional.
|
Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara
di Indonesia
Menggunakan peta, atlas,dan
globe untuk mendapatkan informasi keruangan
Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggam
barkan objek geografi
Mendeskripsikan gejala-gejala yang
terjadi di atmosfer dan hidrosfer, serta dampaknya terhadap kehidupan
Mendeskripsikan
perkembangan masyara-kat, kebudayaan,
dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha serta peninggalan-pening-galannya
Mendeskripsikan perkembangan masyara-kat, kebudayaan, dan pemerintahan
pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya.
Mendeskripsikan perkembangan masyarakat,kebudayaan, dan pemerintahan pada
masa Kolonial Eropa
.Mendeskripsikan peran bada
usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku
ekonomi.
Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya
dalam pembangunan berkelanjutan.
Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan
dampaknya terhadap pembangunan
Mengidentifikasi
bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi
masyarakat
Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa
sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik
Indonesia.
Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan
sosial.
Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan
masyarakat.
Mendeskripsikan upaya pengendalian penyimpangan
sosial.
Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan
tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi,
Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia.
Mendeskripsikan
fungsi pajak dalam perekonomian nasional.
Mendeskripsikan
permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar.
Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta
pengaruh-nya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia.
Mengidentifikasi usaha perjuangan
mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Mendeskripsikan peristiwa -peristiwa politik dan
ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan.
Mendeskripsikan uang dan lembaga
keuangan
Mendeskripsikan perdagangan
internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.
Menginterpretasi peta tentang bentuk dan pola
muka bumi.
Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan
Asia Tenggara
Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas
benua dan samudera.
Mendeskripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Bara
Mendeskripsikan peristiwa tragedi nasional Peristiwa Madiun/ PKI, DI/TII,
G 30 S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya
Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan
lahirnya Reformasi
Menguraikan perkembangan lembaga internasional
dan peran Indonesia dalam kerja sama internasional.
Mengidentifikasi dampak kerja sama antarnegara
|
Perkembangan kehidupan pada masa pra-aksara
Penggunaan indeks, daftar isi, garis lintang dan bujur, serta keterangan
tepi pada peta, atlas, dan globe untuk mencari informasi geografis pada peta.
Memahami symbol-simbol pada peta.
Kondisi geografis suatu wilayah pada peta.
Sifat fisik atmosfer.
Perkembangan kerajaan Hindu Buddha (Kutai, Taruma Negara, Mataram kuno,
Sriwijaya,Kedi-ri,Singasari, dan Majapahit).
Cara-cara Islamisasi di Indonesia.
Cara-cara yang
digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuan
penjelajahan
samudera
Macam- macam badan usaha. (menurut pemilik modal, lapangan
usaha banyaknya pekerja dan menurut badan hukum)
Pembangunan
berwawasan lingkungan
Permasalahan penduduk di Indonesia
Pasar
Hasil-hasil sidang
PPKI pertama, kedua dan ketiga.
Bentuk-bentuk
hubungan sosial
Fungsi pranata sosial.
Jenis pengendalian
penyimpangan sosial.
Peran lembaga-lembaga
pengendalian sosial.
Pengertian tenaga kerja, angkatan kerja
dan kesempatan kerja.
Ciri-ciri utama sistem perekonomian
Indonesia.
Pengertian pajak dan retribusi.
Perbedaan pajak pusat dengan pajak daerah.
.
Jenis-jenis
pajak daerah
Hubungan antara permintaan dengan penawaran yang digambarkan dalam bentuk
kurva harga keseimbangan
Pengaruh kebijakan pemerintah
pendudukan Jepang.
Aktifitas diplomasi Indonesia
didunia Internasional untuk mempetahankan kemerdekaan.
Masa
Demokrasil Liberal
Nilai Mata
Uang.
Lembaga Keuangan Bukan Bank
Kebijakan pemerintah dalam
perdagangan internasional.
Peta tentang
pola dan bentuk-bentuk muka bumi.
Interpretasi
peta topografi
Diagram bentuk
muka bumi daratan dan dasar laut.
Penampang
melintang dasar laut.
Iklim di kawasan
Asia Tenggara
Negara-negara
di kawasan Asia Tenggara
Negara-negara
di kawasan Asia Tenggara
Negara-negara
di kawasan Asia Tenggara
Negara-negara
di kawasan Asia Tenggara
Proses terbentuknya benua
Posisi Benua
dan Samudra
Posisi Benua
dan Samudra
Contoh Negara di
masing-masing benua
Usaha-usaha RI
dalam rangka pembebasan Irian Barat.
Konfrontasi
ekonomi dalam rangka pembebasan Irian Barat.
Trikora
RMS
Peristiwa G 30 S/ PKI dan cara penanggulangannya
Berakhirnya orde Baru; krisis ekonomi dan
gerakan Reformasi.
Gerakan
Nonblok.
Dampak kerjasama antar Negara.
|
VII/I
VII/II
VII/II
VII/II
VII/II
VII/II
VII/II
VII/II
VII/II
VIII/I
VIII/I
VIII/I
VIII/II
VIII/II
VIII/II
VIII/II
VIII/II
VIII/II
VIII/II
VIII/II
VIII/II
VIII/II
VIII/II
IX/I
IX/I
IX/I
IX/I
IX/I
IX/I
IX/II
IX/II
IX/II
IX/II
IX/II
IX/II
IX/II
IX/II
IX/II
IX/II
IX/II
IX/II
IX/II
IX/II
IX/II
IX/II
IX/II
IX/II
IX/II
IX/II
IX/II
|
·
Siswa dapat menyebutkan dua jenis manusia pra
aksara yang ditemukan di Indonesia.
· Siswa dapat menyebutkan simbol untuk
skala numerik.
· Siswa dapat menyebutkan tujuan
pembuatan inset pada peta.
· Disajikan Peta Indonesia, siswa
dapat menunjukkan daerah Indonesia yang dilalui oleh garis bujur 1300BT
– 1410BT.
· Disajikan gambar lapisan
atmosfer, siswa dapat menunjukkan lapisan stratosfer.
· Siswadapat menyebutkan pengaruh
tersebarnya berita I-tsing bagi kerajaan Sriwijaya.
· Disajikan beberapa pernyataan
mengenai cara-cara penyebaran agama Islam, Siswa dapat menyebutkan cara-cara
penyebaran agama Islam di Indonesia.
· Siswa dapat menyebutkan
perubahan penting di bidang politik yang terjadi di Nusantara pada jaman
Gubernur Jendral T.S. Raffles (1811 – 1816).
· Disajikan beberapa pernyataan
mengenai faktor-faktor pendorong perindustrian, Siswa dapat menunjukkan
faktor pendorong perindustrian di Indonesia.
·
Siswa dapat menyebutkan salah satu ciri pembangunan berwawasan
lingkungan.
·
Siswa dapat menyebutkan permasalahan
penduduk Indonesia yang utama.
·
Siswa dapat menyebutkan perbedaan pasar grosir dan pasar eceran
· Siswa dapat menyebutkan latar
belakang pertimbangan pemerintah untuk tidak membentuk organisasi ketentaraan
(TKR) dan hanya membentuk BKR saja.
· Siswa dapat menyebutkan konsep
dasar hubungan sosial.
· Siswa dapat menyebutkan unsur yang harus ada dalam pranata sosial.
· Disajikan sebuah ilustrasi mengenai bentuk pengendalian
sosial, Siswa dapat menyebutkan istilahnyadalam ilmu sosial.
· Disajikan sebuah ilustrasi mengenai pengendalian sosial oleh
aparat kepada pelajar, Siswa dapat menyebutkan istilahnyadalam ilmu sosial.
· Disajikan sebuah tabel mengenai
jenis tenaga kerja, Siswa dapat menunjukkan pembagian jenis tenaga kerja yang
ditinjau dari lapangan pekerjaannya.
·
Siswa dapat menyebutkan alasan Indonesia tidak
menganut sistem perekonomian Negara lain.
·
Siswa dapat menyebutkan cirri-ciri pajak
berdasarkan rumusan pengertiannya.
·
Disajikan beberapa pernyataan mengenai
cirri-ciri pajak dan retribusi, Siswa dapat menunjukkan ciri-ciri retribusi.
·
Disajikan sebuah tabel mengenai jenis-jenis pajak, siswa
dapat menunjukkan jenis-jenis pajak daerah.
·
Disajikan gambar bentuk kurva , Siswa dapat menyebutkan
bentuk kurva penawaran yang benar.
· Siswa
dapat menyebutkan kebijakan pemerintah pendudukan Jepang yang dimanfaatkan
oleh Indonesia untuk memperkuat rasa persatuan bangsa.
·
Siswa dapat menyebutkan tindakan yang dilakukan PBB terhadap Belanda
sehubungan dengan agresi militernya di Indonesia.
·
Siswa dapat menyebutkan penyebab munculnya
ketidak stabilan politik pada masa Demokrasi Liberal.
·
Siswa dapat menyebutkan beberapa hal yang mempengaruhi stabilitas
nilai uang.
·
Disajikan sebuah tabel mengenai lembaga keuangan, siswa
dapat menyebutkan lembaga keuangan bukan bank.
·
Siswa dapat menyebutkan pengertian kuota dalam
perdagangan internasional.
·
Siswa dapat menyebutkan arti simbol area berwarna hijau dengan
garis putus-putus didalamnya.
·
Disajikan sebuah peta kontur, Siswa dapat
menyebutkan arti dari peta tersebut.
·
Siswa dapat menyebutkan tanah yang permukaannya
lebih rendah dari air laut.
·
Disajikan sebuah gambar penampang melintang
dasar laut, Siswa dapat menunjukkan wilayah yang disebut guyot.
·
Siswa dapat menyebutkan iklim
di sebagian besar kawasan Asia Tenggara.
·
Siswa dapat menyebutkan Negara di kawasan Asia
Tenggara yang penduduknya sebagian besar bekerja di sektor jasa dan
perdagangan.
·
Siswa dapat menyebutkan hasil tambang yang
paling utama di Negara Brunai Darussalam.
·
Siswa dapat menyebutkan Negara dikawasan Asia
Tenggara yang tidak memiliki laut.
·
Siswa dapat menyebutkan nama pegunungan di
Asia Tenggara yang merangkai dengan pegunungan di Sumatera, Jawa dan Nusa
Tenggara.
·
Siswa dapat menyebutkan nama sebuah daratan
yang sangat luas yang tercipta 300 juta tahun yang lalu dan merupakan Gabungan
Dari benua-benua
·
Siswa dapat menyebutkan nama benua yang
dilewati oleh garis khatulistiwa, garis bali utara, dan garis balik selatan.
·
Disajikan sebuah tabel, Siswa dapat
menyebutkan nama-nama benua yang dilalui jalur pegunungan sirkum pasifik.
·
Disajikan beberapa pernyataan mengenai factor-faktor
alam, siswa dapat menunjukan faktor
alam yang merupakan pendukung utama kemajuan industri Negara Jepang.
·
Siswa dapat menyebutkan usaha yang dilakukan oleh pemerintah RI
dalam rangka pembebasan Irian Barat.
·
Siswa dapat menyebutkan kebijakan RI yang
termasuk bentuk konfrontasi ekonomi terhadap Belanda dalam rangka pembebasan
Irian Barat.
·
Siswa dapat menyebutkan tujuan dari fase
konsolidasi dalam operasi pembebasan Irian Barat oleh komando Mandala.
·
Siswa dapat menyebutkan Latar belakang
munculnya pemberontakan RMS di Maluku tahun 1950.
·
Siswa dapat menyebutkan salah satu tindakan yang dilakukan PKI
sebelum melaksanakan Gerakan 30 September.
·
Siswa dapat menyebutkan tujuan utama Presiden
Soekarno memberikan Surat Perintah
Sebelas Maret tahun 1966 kepada Jenderal Soeharto.
·
Disajikan sebuah tabel mengenai tokoh-tokoh
dunia, Siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh pemrakarsa gerakan Nonblok.
·
Siswa dapat menyebutkan bukti jika kerjasama ekonomi Internasional membantu
mengatasi masalah perbedaan antar Negara secara adil dan transparan.
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar