EDM

Sesi 2
Pengenalan
Terhadap EDS/M dan Instrumen EDS/M
Tujuan Sesi
Setelah mengikuti sesi ini, peserta diharapkan mampu :
Menjelaskan Konsep EDS/M.
Menggunakan Instrumen EDS/M.
Memahami Strategi Implementasi EDS/M.
Pokok Bahasan
1.Konsep EDS/M.
2.Instrumen EDS/M.
3.Strategi Implementasi EDS/M.
Latihan 1.2.1
1.Baca cepat Bacaan Latihan 1.2.1Panduan EDS/M (7’).
2.Gunakan Lembar Kerja Latihan 1 untuk memandu dan merekam hasil bacaan Anda (4’).
3.Ceritakan jawaban Anda kepada peserta lain (3’).
Pengertian EDS/M
Evaluasi diri sekolah/madrasah atau EDS/M adalah proses evaluasi diri sekolah/madrasah yang bersifat internal yang melibatkan pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah/madrasah berdasarkan SPM dan SNP yang hasilnya dipakai sebagai dasar penyusunan RKS/M dan sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat kabupaten/kota
Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah
Evaluasi:
Penerapan standar mutu
Identifikasi dan pengumpulan data mutu.
Pengolahan dan analisis data mutu.
Penyimpulan hasil EDS/M.
Diri: àInternal sekolah/madrasah.
Sekolah/Madrasah: à Tim pengembang sekolah/madrasah.
Tujuan EDS/M
Sekolah/madrasah menilai kinerjanya berdasarkan SPM dan SNP.
Sekolah/madrasah mengetahui tahapan pengembangan dalam pencapaian SPM dan SNP sebagai dasar peningkatan mutu pendidikan yang bermuara pada peningkatan mutu peserta didik.
Sekolah/madrasah dapat menyusun Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah (RPS/M) atau Rencana Kegiatan Sekolah/Madrasah (RKS/M) sesuai kebutuhan nyata menuju ketercapaian implementasi SPM dan SNP.
Manfaat EDS/M bagi Sekolah/Madrasah
üMengidentifikasikan kelebihan serta kekurangannya sendiri dan merencanakan pengembangan ke depan.
üMemiliki data dasar yang akurat untuk pengembangan dan peningkatan di masa mendatang.
üMengidentifikasikan peluang untuk meningkatkan mutu pendidikan yang disediakan, mengkaji apakah inisiatif peningkatan tersebut berjalan dengan baik dan menyesuaikan program sesuai dengan hasilnya.
üMemberikan laporan formal kepada pemangku kepentingan demi meningkatkan akuntabilitas sekolah/madrasah.
Kapan EDS/M Sebaiknya Dilaksanakan?
ØSekolah/madrasah melakukan EDS/M setiap tahun.
ØSekolah/madrasah melakukan EDS/M pada waktu pergantian tahun ajaran.
ØSekolah/madrasah mencatat dan melaporkan setiap ada perubahan (penurunan atau perbaikan) indikator standar.
ØSekolah/madrasah meng-update data ketika menyusun program dan anggaran sekolah/ madrasah.
Ø
Ø
Ø
Rujukan EDS/M
Keterkaitan EDS/M dengan Penjaminan Mutu
Siklus Pengembangan Berkelanjutan
Jenis dan Sumber Data EDS/M
Jenis data:
1.Kuantitatif 
2.Kualitatif
Sumber data:
1.Statistik sekolah/ madrasah
2.Laporan tahunan
3.Laporan semester
4.Dokumen lain
Pelaksana EDS/M
Kepala sekolah/madrasah.
Wakil guru.
Wakil orang tua murid.
Komite sekolah/madrasah.
Pengawas sekolah/madrasah (sebagai pembimbing).
Instrumen EDS/M
1. Bukti-Bukti Fisik
Digunakan sebagai bahan dasar untuk menggambarkan kondisi sekolah/madrasah terkait indikator yang dinilai.
Sumber informasi misalnya catatan kajian, hasil observasi, dan hasil wawancara/konsultasi dengan komite, orangtua, guru-guru, siswa, dll.
Berbagai jenis bukti fisik dapat digunakan sebagai bukti tahapan pengembangan tertentu. 
Informasi yang dikumpulkan berdasarkan bukti fisik tersebut dipastikan keakuratannya melalui proses triangulasi.
2. Deskripsi Indikator
Kolom ini berisi uraian singkat yang menjelaskan situasi nyata yang terjadi di sekolah/madrasah sesuai dengan indikator pada setiap komponen.
Deskripsi indikator yang menggambarkan kondisi nyata dan spesifik akan memudahkan sekolah/ madrasah dalam menyusun rekomendasi untuk perbaikan maupun peningkatan, sekaligus menentukan rencana pengembangan berdasarkan rekomendasi dan prioritas sekolah/madrasah.
3. Tahapan Pengembangan
Tahap ke-1; belum memenuhi SPM.
  Kinerja sekolah/madrasah mempunyai banyak kelemahan dan membutuhkan banyak perbaikan.
Tahap ke-2; memenuhi SPM.
  Terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan tetapi masih sangat butuh perbaikan.
Tahap ke-3; memenuhi SNP.
  Kinerja sekolah/madrasah baik, namun masih perlu peningkatan.
Tahap ke-4; melampaui SNP.
  Kinerja sekolah/madrasah sangat baik, melampaui standar yang telah ditetapkan.
4. Rekomendasi
Rekomendasi ditulis berdasarkan bukti fisik, deskripsi, dan tahapan pengembangan untuk setiap indikator.
Rekomendasi tidak hanya difokuskan pada indikator yang dianggap lemah namun juga disusun untuk setiap indikator yang telah mencapai SNP. 
Rekomendasi ini kemudian direkap sebagai dasar masukan dalam penyusunan RKS/M.
Sekolah/madrasah perlu memastikan bahwa rekomendasi ini sungguh-sungguh berbasis hasil evaluasi diri.
Latihan 1.2.2.
1.Baca cepat Bacaan Latihan 1.2.2 - Instrumen EDS/M (10’)
2.Lakukan EDS/M dengan mengerjakan 3 indikator (15’).
3.Ceritakan jawaban Anda kepada peserta lain (5’).
Penutup

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KALENDER PENDIDIKAN

PROLOG API UNGGUN