KISI KISI SOAL UAMBN IPS TERPADU

KISI-KISI UJIAN AKHIR MADRASAH TSANAWIYAH

                                                                                                                   MATA PELAJARAN          : IPS

                                                                                                                   KELAS / SEMESTER         : IX / II

                                                                                                                   TAHUN PELAJARAN       : 2011/2012

                                                                                                                   JUMLAH SOAL                   : Pilihan Ganda : 50 soal


NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR

MATERI
KLS/ SMTR
INDIKATOR
NO. SOAL
JENIS SOAL
1
2
3
4
5
6
7
8
1





2





















3































4














5




6







7















8


























9








10














11














12

























































13
























14
Memahami lingkungan kehidupan manusia

Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.
















         
Memahaami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa.

























Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.







Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat.

Memahami usaha persiapan kemerdekaan.





Memahami pranata dan penyimpangan sosial.












Memahami kegiatan perekonomian Indonesia.




















Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.




Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan.










Memahami lembaga keuangan dan perdagangan Internasional








Memahami hubungan manusia dengan bumi.















































Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia.


















Memahami perubahan pemerintahan dan kerja sama internasional.

Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia


Menggunakan peta, atlas,dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan



Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggam barkan objek geografi

Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer, serta dampaknya terhadap kehidupan






Mendeskripsikan
perkembangan masyara-kat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha serta peninggalan-pening-galannya

Mendeskripsikan perkembangan masyara-kat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya.

Mendeskripsikan perkembangan masyarakat,kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa

.Mendeskripsikan peran bada usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses  produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi.



Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan.

Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan

Mengidentifikasi bentuk pasar dalam  kegiatan ekonomi masyarakat


Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia.


Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial.

Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat.

Mendeskripsikan upaya pengendalian penyimpangan sosial.






Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi,
Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam  sistem  perekonomian Indonesia.
           
Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional.
           







Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar.


Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruh-nya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia.

Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.



Mendeskripsikan peristiwa -peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan.

Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan





Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.

Menginterpretasi peta tentang bentuk dan pola muka bumi.













Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara













Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera.













Mendeskripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Bara










Mendeskripsikan peristiwa tragedi nasional Peristiwa Madiun/ PKI, DI/TII, G 30 S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya


Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi

Menguraikan perkembangan lembaga internasional dan peran Indonesia dalam kerja sama internasional.

Mengidentifikasi dampak kerja sama antarnegara
Perkembangan kehidupan pada masa  pra-aksara



Penggunaan indeks, daftar isi, garis lintang dan bujur, serta keterangan tepi pada peta, atlas, dan globe untuk mencari informasi geografis pada peta.

Memahami symbol-simbol pada peta.


Kondisi geografis suatu wilayah pada peta.



Sifat fisik atmosfer.





Perkembangan kerajaan Hindu Buddha (Kutai, Taruma Negara, Mataram kuno, Sriwijaya,Kedi-ri,Singasari, dan Majapahit).


Cara-cara Islamisasi di Indonesia.






Cara-cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuan
penjelajahan samudera


Macam- macam badan  usaha. (menurut pemilik modal, lapangan usaha banyaknya pekerja dan menurut badan hukum)





Pembangunan berwawasan lingkungan





Permasalahan penduduk di Indonesia




Pasar




Hasil-hasil  sidang PPKI pertama, kedua dan ketiga.






Bentuk-bentuk hubungan sosial

Fungsi pranata sosial.



Jenis pengendalian penyimpangan sosial.


Peran lembaga-lembaga pengendalian sosial.



Pengertian tenaga kerja, angkatan kerja dan kesempatan kerja.


Ciri-ciri utama sistem perekonomian Indonesia.



Pengertian pajak dan retribusi.

Perbedaan pajak  pusat dengan  pajak daerah.
.  

Jenis-jenis pajak daerah



Hubungan antara permintaan dengan penawaran yang digambarkan dalam bentuk kurva harga keseimbangan

Pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang.






Aktifitas diplomasi Indonesia didunia Internasional untuk mempetahankan kemerdekaan.


Masa Demokrasil Liberal






Nilai Mata Uang.


Lembaga Keuangan Bukan Bank


Kebijakan pemerintah dalam perdagangan internasional.




Peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi.


Interpretasi peta topografi


Diagram bentuk  muka bumi daratan dan dasar laut.

Penampang melintang dasar laut.



Iklim di kawasan Asia Tenggara

Negara-negara di kawasan Asia Tenggara


Negara-negara di kawasan Asia Tenggara

Negara-negara di kawasan Asia Tenggara

Negara-negara di kawasan Asia Tenggara




Proses terbentuknya  benua


Posisi Benua dan Samudra



Posisi Benua dan Samudra



Contoh Negara di masing-masing benua


Usaha-usaha RI dalam rangka pembebasan Irian Barat.

Konfrontasi ekonomi dalam rangka pembebasan Irian Barat.


Trikora




RMS


Peristiwa G 30 S/ PKI dan cara penanggulangannya



Berakhirnya orde Baru; krisis ekonomi dan gerakan Reformasi.

Gerakan Nonblok.





Dampak kerjasama antar Negara.
VII/I





VII/II





VII/II



VII/II




VII/II





VII/II







VII/II






VII/II





VII/II









VIII/I






VIII/I






VIII/I




VIII/II






VIII/II


VIII/II



VIII/II



VIII/II



VIII/II



VIII/II




VIII/II


VIII/II



VIII/II



VIII/II





IX/I








IX/I






IX/I






IX/I


IX/I




IX/I





IX/II




IX/II


IX/II



IX/II




IX/II


IX/II



IX/II


IX/II


IX/II





IX/II



IX/II



IX/II



IX/II



IX/II




IX/II




IX/II




IX/II



IX/II




IX/II



IX/II




IX/II
·     Siswa dapat menyebutkan dua jenis manusia pra aksara yang ditemukan di Indonesia.



·   Siswa dapat menyebutkan simbol untuk skala numerik.





·   Siswa dapat menyebutkan tujuan pembuatan inset pada peta.


·   Disajikan Peta Indonesia, siswa dapat menunjukkan daerah Indonesia yang dilalui oleh garis bujur 1300BT – 1410BT.


·   Disajikan gambar lapisan atmosfer, siswa dapat menunjukkan lapisan stratosfer.




·   Siswadapat menyebutkan pengaruh tersebarnya berita I-tsing bagi kerajaan Sriwijaya.






·   Disajikan beberapa pernyataan mengenai cara-cara penyebaran agama Islam, Siswa dapat menyebutkan cara-cara penyebaran agama  Islam di Indonesia.




·   Siswa dapat menyebutkan perubahan penting di bidang politik yang terjadi di Nusantara pada jaman Gubernur Jendral T.S. Raffles (1811 – 1816).



·   Disajikan beberapa pernyataan mengenai faktor-faktor pendorong perindustrian, Siswa dapat menunjukkan faktor pendorong perindustrian di Indonesia.






·   Siswa dapat menyebutkan salah satu ciri pembangunan berwawasan lingkungan.






·   Siswa dapat menyebutkan  permasalahan penduduk Indonesia yang utama.





·   Siswa dapat menyebutkan perbedaan pasar grosir dan pasar eceran



·   Siswa dapat menyebutkan latar belakang pertimbangan pemerintah untuk tidak membentuk organisasi ketentaraan (TKR) dan hanya membentuk BKR saja.




·   Siswa dapat menyebutkan konsep dasar hubungan sosial.

·   Siswa dapat menyebutkan  unsur yang harus ada dalam pranata sosial.


·   Disajikan sebuah  ilustrasi mengenai bentuk pengendalian sosial, Siswa dapat menyebutkan istilahnyadalam ilmu sosial.

·   Disajikan sebuah  ilustrasi mengenai pengendalian sosial oleh aparat kepada pelajar, Siswa dapat menyebutkan istilahnyadalam ilmu sosial.

·   Disajikan sebuah tabel mengenai jenis tenaga kerja, Siswa dapat menunjukkan pembagian jenis tenaga kerja yang ditinjau dari lapangan pekerjaannya.


·     Siswa dapat menyebutkan alasan Indonesia tidak menganut sistem perekonomian Negara lain.


·     Siswa dapat menyebutkan cirri-ciri pajak berdasarkan rumusan pengertiannya.

·     Disajikan beberapa pernyataan mengenai cirri-ciri pajak dan retribusi, Siswa dapat menunjukkan ciri-ciri retribusi.

·     Disajikan sebuah  tabel mengenai jenis-jenis pajak, siswa dapat menunjukkan jenis-jenis pajak daerah.

·     Disajikan gambar bentuk kurva , Siswa dapat menyebutkan bentuk kurva penawaran yang benar.




·     Siswa dapat menyebutkan kebijakan pemerintah pendudukan Jepang yang dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memperkuat rasa persatuan bangsa.




·     Siswa dapat menyebutkan  tindakan yang dilakukan PBB terhadap Belanda sehubungan dengan agresi militernya di Indonesia.




·     Siswa dapat menyebutkan penyebab munculnya ketidak stabilan politik pada masa Demokrasi Liberal.



·     Siswa dapat menyebutkan  beberapa hal yang mempengaruhi stabilitas nilai uang.

·     Disajikan sebuah  tabel mengenai lembaga keuangan, siswa dapat menyebutkan lembaga keuangan bukan bank.

·     Siswa dapat menyebutkan pengertian kuota dalam perdagangan internasional.




·     Siswa dapat menyebutkan arti   simbol area berwarna hijau dengan garis  putus-putus didalamnya.

·     Disajikan sebuah peta kontur, Siswa dapat menyebutkan arti dari peta tersebut.

·     Siswa dapat menyebutkan tanah yang permukaannya lebih rendah dari air laut.


·     Disajikan sebuah gambar penampang melintang dasar laut, Siswa dapat menunjukkan wilayah yang disebut guyot.


·     Siswa dapat menyebutkan  iklim  di sebagian besar kawasan Asia Tenggara.

·     Siswa dapat menyebutkan Negara di kawasan Asia Tenggara yang penduduknya sebagian besar bekerja di sektor jasa dan perdagangan.

·     Siswa dapat menyebutkan hasil tambang yang paling utama di Negara Brunai Darussalam.

·     Siswa dapat menyebutkan Negara dikawasan Asia Tenggara yang tidak memiliki laut.

·     Siswa dapat menyebutkan nama pegunungan di Asia Tenggara yang merangkai dengan pegunungan di Sumatera, Jawa dan Nusa Tenggara.

·     Siswa dapat menyebutkan nama sebuah daratan yang sangat luas yang tercipta 300 juta tahun yang lalu dan merupakan Gabungan Dari benua-benua

·     Siswa dapat menyebutkan nama benua yang dilewati oleh garis khatulistiwa, garis bali utara, dan garis balik selatan.

·     Disajikan sebuah tabel, Siswa dapat menyebutkan nama-nama benua yang dilalui jalur pegunungan sirkum pasifik.

·     Disajikan beberapa pernyataan mengenai factor-faktor alam,  siswa dapat menunjukan faktor alam yang merupakan pendukung utama kemajuan industri Negara Jepang.

·     Siswa dapat menyebutkan  usaha yang dilakukan oleh pemerintah RI dalam rangka pembebasan Irian Barat.

·     Siswa dapat menyebutkan kebijakan RI yang termasuk bentuk konfrontasi ekonomi terhadap Belanda dalam rangka pembebasan Irian Barat.


·     Siswa dapat menyebutkan tujuan dari fase konsolidasi dalam operasi pembebasan Irian Barat oleh komando Mandala.

·     Siswa dapat menyebutkan Latar belakang munculnya pemberontakan RMS di Maluku tahun 1950.

·     Siswa dapat menyebutkan  salah satu tindakan yang dilakukan PKI sebelum melaksanakan Gerakan 30 September.


·     Siswa dapat menyebutkan tujuan utama Presiden Soekarno memberikan  Surat Perintah Sebelas Maret tahun 1966 kepada Jenderal Soeharto.

·     Disajikan sebuah tabel mengenai tokoh-tokoh dunia, Siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh pemrakarsa gerakan Nonblok.


·     Siswa dapat menyebutkan  bukti jika kerjasama ekonomi Internasional membantu mengatasi masalah perbedaan antar Negara secara adil dan transparan.
1




2





3



4



5




6






7






8





9







10






11





12




13






14


15


16



17


18



19



20



21



22


23





24







25





26






27


28



29





30



31


32



33




34



35


36


37



38





39



40




41



42




43




44





45




46



47





48




49




50
PG




PG





PG



PG



PG




PG






PG






PG





PG







PG







PG






PG




PG






PG


PG



PG



PG



PG



PG




PG



PG



PG


PG






PG








PG






PG






PG



PG



PG






PG



PG


PG




PG




PG




PG


PG


PG




PG




PG



PG




PG



PG





PG




PG





PG




PG



PG




PG




PG




PG










Komentar

Postingan populer dari blog ini

KALENDER PENDIDIKAN

PROLOG API UNGGUN