Kisi-kisi PAS IPS kelas 8

KISI-KISI PAS IPS SMP KELAS VIII 2018/2019
Jenis Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : IPS
Kurikulum : K13
Alokasi Waktu : 120 Menit
Jumlah Soal : 45 Soal
Bentuk Soal Pilihan Ganda dan Uraian
Tahun Ajaran : 2018/2019
No Kompetensi Dasar Bahan Kls/ Konten/Materi Level Indikator Soal Nomor
Semester Kognitif Soal
1 3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik VIII/1  Mengenal Negara-Negara Asean A Peserta didik mampu menjelaskan letak astronomis wilayah ASEAN. 1
2 4.1 Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.  VIII/1  Mengenal Negara-Negara Asean B Disajikan tabel, Peserta didik dapat megidentifikasi batas-batas negara-negara Asia Tenggara berdasarkan garis lintang dan garis bujur 2
3
VIII/1  Mengenal Negara-Negara Asean B Disajikan sebuah tabel, Peserta didik dapat memilih bentuk negara-negara Asean secara Geografis 3
4 VIII/1  Mengenal Negara-Negara Asean B Disajikan peta, Peserta didik dapat menemukan negara Asean yang secara geografis berbentuk elongated. 4
5 VIII/1 Mengenal Negara-Negara Asean B Disajikan tabel,Peserta didik dapat menemukan pulau-pulau di Indonesia yang dilewati rangkaian pegunungan sirkum pasifik 5
6 VIII/1 Mengenal Negara-Negara Asean A Peserta didik dapat menyebutkan negara-negara di Asean yang rawan dengan gempa tektonik 6
7 VIII/1 Mengenal Negara-Negara Asean B Disajikan tabel,Peserta didik dapat menunjukkan identitas salah satu negara  Asean  7
8 VIII/1 Interaksi negara-negara Asean B Peserta didik dapat  mengklasifikasikan faktor pendorong terbentuknya kerjasama negara-negara Asean 8
9 VIII/1 Interaksi negara-negara Asean B Peserta didik dapat  memberikan contoh bentuk kerjasama negara-negara Asean di bidang politik 9
10 VIII/1 Interaksi negara-negara Asean C Disajikan beberapa contoh  dampak negatif interaksi antar negara Asean,Peserta didik dapat  menganalisis dampak negatif dari interaksi antar negara-negara Asean di bidang transportasi. 10
11 VIII/1 Interaksi Negara-negara Asean C Disajikan tabel contoh pernyataan. Peserta didik dapat  menganalisis pengaruh yang terjadi dalam kehidupan masyarat negara-negara Asean sebagai akibat perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi dibindang budaya 11
12 VIII/1 Pengaruh Perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap Kehidupan di Negara-Negara Asean B Peserta didik dapat  memberikan contoh bencana alam yang disebabkan oleh faktor iklim di negara philipina 12
13 VIII/1 Pengaruh Perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap Kehidupan di Negara-Negara Asean A Peserta didik dapat  menjelaskan fenomena alam yang berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi interaksi antar ruang 13
14 VIII/1 Pengaruh Perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap Kehidupan di Negara-Negara Asean B Peserta didik dapat mengklasifikasikan negara-negara Asean penghasil minyak bumi 14
15 VIII/1 Pengaruh Perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap Kehidupan di Negara-Negara Asean B Peserta didik dapat memberikan contoh perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di negara-negara ASEAN sebagai akibat perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi dalam aspek budaya 15
16 VIII/1 Pengaruh Konversi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman terhadap Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang  A  Peserta didik dapat mengidentifikasi perubahan fungsi lahan menjadi fungsi lain 16
17 VIII/1 Pengaruh Konversi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman terhadap Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang  B Peserta didik dapat menjelaskan alasan pemilik perusahaan menjadikan lahan industri dipinggir kota 17
18 VIII/1 Pengaruh Perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap Kehidupan di Negara-Negara Asean C Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyimpulkan masalah akan timbul akibat konversi lahan dari lahan pertanian menjadi industri 18
VIII/1 Pengaruh Konversi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman terhadap Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang  B Peserta didik dapat menjelaskan dampak alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman  19
19 VIII/1 Pengaruh Konversi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman terhadap Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang  A Peserta didik dapat  menidentifikasi dampak negative konversi lahan pertanian menjadi pemukiman 20
20 3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan. VIII/1 Mobilitas Sosial B Peserta didik dapat menjelaskan pengertian mobilitas sosial menurut salah satu ahli 21
21 4.2 Menyajikan hasil analisis tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan VIII/1 Mobilitas Sosial C Disajikan contoh kasus, Peserta didik dapat   menyimpulkan bentuk mobilitas dari kasus tersebut 22
22 VIII/1 Mobilitas Sosial B Disajikan sebuah tabel,Peserta didik  dapat menemukan bentuk bentuk mobilitas sosial 23
23 VIII/1 Mobilitas Sosial B Disajikan pernyataan,Peserta didik dapat   mengidentifikasi faktor pendorong terjadinya mobilitas social  24
24 VIII/1 Mobilitas Sosial B Peserta didik dapat  menunjukkan contoh faktor pendorong terjadinya mobilitas social karena faktor individu 25
25 VIII/1 Mobilitas Sosial A Peserta didik dapat   mengidentifikasi faktor penghambat  terjadinya mobilitas social  26
26 VIII/1 Bentuk-bentuk Mobilitas Sosial B Disajikan beberapa contoh saluran mobilitas sosial, Peserta didik dapat menunjukkan contoh saluran mobilitas sosial 27
27 VIII/1 Bentuk-bentuk Mobilitas Sosial B Peserta didik dapat menjelaskan dampak dari mobilitas sosial 28
28 VIII/1 Fluraritas Masyarakat Indonesia B Disajikan gambar, Peserta didik dapat menunjukkan  salah satu budaya dari Bali 29
29 VIII/1 Fluraritas Masyarakat Indonesia B Disajikan tabel, Peserta didik dapat  menemukan suku bangsa Aceh, Sumatera Barat dan Kalimantan Barat 30
VIII/1 Fluraritas Masyarakat Indonesia B Peserta didik dapat  menentukan  sikap dalam menyikapi pluralitas budaya 31
30 VIII/1 Fluraritas Masyarakat Indonesia A Peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi dan peran keragaman budaya dalam pembangunan nasional 32
31 VIII/1 Konflik dan Integrasi Kehidupan Sosial C Disajikan kasus, Peserta didik dapat menyimpulkan faktor penyebab terjadinya konflik 33
32 VIII/1 Konflik dan Integrasi Kehidupan Sosial C Disajikan kasus, Peserta didik dapat menyimpulkan akibat terjadinya konflik 34
33 VIII/1 Konflik dan Integrasi Kehidupan Sosial B Disajikan contoh kasus,Peserta didik dapat  menemukan cara mengatasi konflik 35
34 VIII/1 Konflik dan Integrasi Kehidupan Sosial A Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya proses intergrasi sosial 36
35 VIII/1 Konflik dan Integrasi Kehidupan Sosial B Peserta didik dapat memberikan contoh bentuk integrasi normatif 37
36 VIII/1 Konflik dan Integrasi Kehidupan Sosial C Disajikan contoh kasus,Peserta didik dapat menyimpulkan  bentuk integrasi sosial dari contoh kasus tersebut 38
37 VIII/1 Konflik dan Integrasi Kehidupan Sosial B Peserta didik dapat  menjelaskan proses integrasi sosial 39
38 VIII/1 Konflik dan Integrasi Kehidupan Sosial B Peserta didik dapat menemukan perbedaan proses integrasi asimilasi dan akulturasi 40
39 3.1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.  VIII/1 Mengenal Negara-Negara Asean C Disajikan gambar peta, peserta didik dapat menganalisis bentuk negara-negara Asean secara geografis 41
40 4.1 Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.  VIII/1  Pengaruh Perkembangan Ilmu dan Teknologi terhadap Perubahan Ruang B Disajikan sebuah tabel,Peserta didik dapat melengkapi jenis sarana,pasarana transportasi,keunggulan dan kelemahannya 42
41 3.2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan. VIII/1 Mobilitas Sosial C Disajikan kasus, Peserta didik mampu menganalisis bentuk mobilitas sosial dari kasus tersebut 43
42 4.2 Menyajikan hasil analisis tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan VIII/1 Pluralitas Masyarakat Indonesia B Peserta didik mampu menjelaskan fungsi dan peran keragaman budaya dalam pembangunan nasional  44
43 VIII/1 Konflik dan Integrasi Kehidupan Sosial B Peserta didik dapat menjelaskan bentuk-bentuk intergrasi sosial 45
Keterangan: Garut, Oktober 2018
Level Kognitif:
A : Pengetahuan dan Pemahaman Tim Penyusun
B : Aplikasi
C: Penalaran dan Logika

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KALENDER PENDIDIKAN

PROLOG API UNGGUN