RPP IPS kelas 9 TAHUN PELAJARAN 2022- 2023

 DONLOAD RPP IPS Kelas 9


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah             : MTS Ma’arif 1 Malangbong

Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester          : IX / 1 (Ganjil)

Alokasi Waktu           : 160 Menit

Materi Pokok         : Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi

 

KD

3.2 Menganalisis perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan

 

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Menyebutkan dampak positip Globalisasi

·         Mengemukakan dampak positip Globalisasi di bidang ekonomi, politik , komunikasi , sosial budaya, dan transportasi

Media Pembelajaran & Sumber Belajar

       

Media

:

Laptop, LCD, power point, gambar dan video yang relevan, fasilitas internet

       

Sumber Belajar

:

Buku IPS Siswa Kelas IX, Kemendikbud.

 

Metode Pembelajaran

:

Ceramah dan Tanya Jawab

Model Pembelajaran

:

Problem Based Learning

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Ke-25

Pendahuluan (15 menit)

1.

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran, memeriksa kesiapan peserta didik sebagai sikap disiplin

2.

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/ tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

3.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Dampak Positip Globalisasi

4.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

 

Kegiatan Inti

(130 Menit)

KEGIATAN LITERASI

        Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Dampak Positip Globalisasi. Peserta didik diberi kesempatan mengamati, membaca dan menuliskannya kembali.

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

        Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual / kenyataan. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Dampak Positip Globalisasi

Guru merumuskan pertanyaan tentang :

·         Apa dampak positip globalisasi di bidang, ekonomi, politik , komunikasi , sosial budaya, dan transportasi

COLLABORATION (KERJASAMA)

        Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai dampak positip Globalisasi, di bidang, ekonomi, politik , komunikasi , sosial budaya, dan transportasi

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

        Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

CREATIVITY (KREATIVITAS)

        Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Globalisasi  . Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup (15 menit)

1.

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

2.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

3

Guru juga memberikan informasi materi pertemuan berikutnya (Dampak Negatip Gelobalisasi)

 

      PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

Jenis Penilaian

Bentuk Penilaian

Keterangan Penilaian

Sikap

Observasi/Jurnal

Tanggung Jawab, Santun, Percaya Diri , Kepedulian

Pengetahuan

Penugasan

Tes Tertulis / Lisan

Tugas pada bahan ajar

Tes Kompetensi / Tes Lisan

Keterampilan

Praktek/Rubrik

Proses dan hasil pengumpulan data

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

 

 

 

Nindin Yusup Rosidin. S.Pd.I

Malangbong, 1 Nopember  2021

Guru mata pelajaran

 

 

 

Atep Arasid. S.Pd

 

 Ringkasan Materi

 

Dampak Positif Globalisasi

1.       Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

2.       Meningkatnya Efektivitas dan Efisiensi

3.       Perekonomian Suatu Negara Semakin Meningkat

4.       Meningkatnya Taraf Hidup Masyarakat

5.       Komunikasi Semakin Cepat dan Mudah

6.       Berkembangnya Dunia Pariwisata

7.       Perkembangan Alat Komunikasi dan Keterbukaan Informasi

 Dampak Positip terjadi di berbagai bidang diantaranya : di bidang ekonomi, politik ,  komunikasi , sosial budaya, , dan transportasi

Dampak positip dibidang Ekonomi

1.       Peluang usaha internasional menjadi terbuka lebar. Sehingga para pengusaha dapat menjangkau pasar di negara lain.

2.       Terbukanya lapangan kerja yang luas, sehingga angka pengangguran di negara menurun.

3.       Pemasukan devisa dari sektor pariwisata akan semakin bertambah karena wisatawan asing yang datang berkunjung.

4.       Terbukanya pasar bebas untuk meningkatkan kegiatan ekspor-impor.

5.       Munculnya pusat perbelanjaan modern Masuknya produk-produk manca negara di pasar domestik.

 

Dampak positip dibidang Politik :

1.       Negara yang mengalami globalisasi akan mendapat nilai demokrasi yang baik.

2.       Hubungan kerja sama internasional terbuka lebar, serta mempermudah hubungan kerja sama antar negara.

3.       Banyak negara yang berpartisipasi untuk menciptakan kedamaian dunia.

4.       Meningkatkan hubungan diplomasi antar negara. Proses pemerintahan akan semakin terbuka dan lebih demokratis.

5.       Negara yang mengalami globalisasi umumnya akan lebih menghormati Hak Asasi Manusia.

 Dampak positip dibidang komunikasi

1.         Mudah memperoleh informasi segala aspek bidang

2.         Mudah melakukan komunikasi

3.         Menumbuhkan sikap toleran

4.         Memacu untuk meningkatkan kualitas diri

5.         Mudah memenuhi kebutuhan

 

Dampak positip di bidang Sosial dan budaya, yaitu:

1.     Masyarakat semakin menjunjung tinggi hak asasi manusia

2.     Semakin tinggi rasa solidaritas antar bangsa di berbagai negara

3.     Meningkatkan taraf pendidikan suatu negara

4.     Munculnya keinginan untuk meningkatkan kualitas diri di kalangan masyarakat.

5.     Ilmu pengetahuan dan teknologi di negara mengalami globalisasi.

 Dampak positip globalisasi di bidang transportasi, yaitu:

1.     Memperlancar mobilitas arus perpindahan penduduk, distribusi barang dan jasa serta informasi ke seluruh pelosok tanah air.

2.     Lebih cepat dalam bepergian

3.     Menumbuhkan sikap toleran

4.     Mempermudah distribusi

 

  

LAMPIRAN INSTRUMEN PENILAIAN

A.  PENILAIAN SIKAP

            Teknik penilaian  : observasi/jurnal

   Instrumen penilaian

JURNAL PENILAIAN SIKAP

Nama Sekolah                                     :   MTs Ma`arif 1 Malangbong

Mata Pelajaran                                    :   IPS

Kelas/Semester                                   :   IX ..../Ganjil

Tahun Pelajaran                                 :   2021/2022

 

Petunjuk:

1.       Kegiatan pengamatan dilakukan selama proses (jam) pembelajaran dan/atau di luar jam pembelajaran

2.       Pencatatan  hanya  pada perilaku ekstrim yang ditunjukkan oleh seorang siswa

No.

Waktu/

Tanggal

Nama

Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Ttd

Tindak

Lanjut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B. PENILAIAN PENGETAHUAN

KISI-KISI SOAL

No.

KD

Materi

Indikator soal

Bentuk Soal

Jlh. Soal

1.

3.2 Menganalisis perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan

Dampak positip Globalisasi

1.       Menyebutkan  dampak positip globalisasi

 

Tes Lisan

1

Jumlah soal

 

 

 

1

 

BUTIR SOAL:

1.       Sebutkan 7 dampak positip globalisasi

 

KUNCI JAWABAN  DAN PEDOMAN PENSKORAN

No.

Kunci Jawaban

Skor

1.

Dampak positip Globalisasi

1.       Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

2.       Meningkatnya Efektivitas dan Efisiensi

3.       Perekonomian Suatu Negara Semakin Meningkat

4.       Meningkatnya Taraf Hidup Masyarakat

5.       Komunikasi Semakin Cepat dan Mudah

6.       Berkembangnya Dunia Pariwisata

7.       Perkembangan Alat Komunikasi dan Keterbukaan Informasi

 

10

 

Jumlah

10

 

             Skor perolehan

Nilai =    ------------------- x Bobot soal

                Skor maksimal

 

C. PENILAIAN KETERAMPILAN

     Berupa Observasi Kegiatan Diskusi dan Presentasi

KISI-KISI

No.

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator

Bentuk Penilaian

1

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan

Dampak Positip Globalisasi

4.2.1  Trampil mendiskusikan di depan kelas

Penilaian Kinerja dan Produk

 

Materi Diskusi :

·         dampak positip Globalisasi di bidang ekonomi, politik , komunikasi , sosial budaya, dan transportasi

 

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - UNJUK KERJA

Penilaian Kinerja Diskusi dan Presentasi

Dilaksanakan pada saat proses pembelajaran, saat siswa menyampaian hasil diskusi tentang Dampak positip Globalisasi di bidang. ekonomi, politik ,  komunikasi , sosial budaya, , dan transportasi

 

LEMBAR OBSERVASI KINERJA DISKUSI DAN PRESENTASI

Mata pelajaran                                                        :     IPS

Kelas/Semester                                                       :     IX …/Ganjil

Sub Pokok Bahasan                                               :     Globalisasi

 

No.

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Rerata

Nilai

Kemampuan presentasi

Kemampuan bertanya

Kemampuan menjawab

4

3

2

1

4

3

2

1

4

3

2

1

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan Skor :                              

Baik sekali = 4

Baik = 3                                

Cukup = 2                            

Kurang = 1

 

             Skor perolehan

Nilai =    ------------------- x 100

                Skor maksimal

 

Kriteria Nilai

A      = 86 – 100     : Baik Sekali

B     = 71– 85        : Baik

C     = 56 – 70       : Cukup

D    = ≤ 55              : Kurang

 

LEMBAR PENILAIAN PRODUK (HASIL DISKUSI)

Mata pelajaran                                                        :     IPS

Kelas/Semester                                                       :     IX …/Ganjil

Sub Pokok Bahasan                                               :     Globalisasi

 

No.

Nama Siswa

Kelayakan Bahasa

(1-4)

Kelayakan Isi

(1-4)

Kelayakan Kreatifitas

(1-4)

Jumlah Skor

1. 

 

 

 

 

 

2. 

 

 

 

 

 

 

Keterangan Tabel:

a.     Kelayakan bahasa adalah kemampuan menyampaikan materi atau presentasi dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.

b.     Kelayakan isi berkaitan dengan kemampuan peserta didik dalam membuat Mind Mapping dan materinya sudah sesuai dengan inti materi tugas.

c.     Kelayakan kreativitas adalah kemampuan peserta didik dalam membuat Mind Mapping dengan kreativitas yang tinggi.

 

Pedoman Penskoran dan Penentuan Nilai

a.     Rumus Penghitungan Skor Akhir

Nilai Akhir = (Skor akhir/perolehan : Jumlah Skor Maksimal) x 4

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KALENDER PENDIDIKAN

PROLOG API UNGGUN